Review Tampilan dan Spesifikasi Vega R Lama 100cc 2003

Motorisblog.com – Om Bro! Sungguh sulit mendapatkan data spesifikasi Vega R lama versi 100cc. Padahal motor tersebut terbilang belum tua-tua amat, tapi informasi detail yang beredar terbilang langka.

Mtb tertarik membahas motor bebek entry level Yamaha ini ketika tadi melihat unit lansiran 2003 yang terparkir di depan bascamp Trojan. Yaitu komunitas Transportasi Online Banjar Patroman yang menjadi salah satu wadah para driver Ojek Online Kota Banjar.

Mulanya Mtb kira unit tersebut adalah New Vega R 110cc. Tapi setelah Mtb dekati, eh ternyata cuma stripingnya doang yang New Vega R. Aslinya itu unit Vega R lama yang bermesin 101.8cc.

Sesaat setelah mengambil beberapa gambar unitnya, bergegas Mtb mencari informasi review dan data spesifikasi Vega R 2002 / 2003 dari berbagai sumber. Namun seperti yang telah Mtb singgung, hanya sedikit sekali sumber detail review Vega R 100cc yang berhasil Mtb ciduk.

Tapi ngga apa-apa. Mtb memang hanya akan fokus pada tampilannya saja.

Nah, sebelum kita bahas detail tampilannya, silahkan Om Bro pantau dulu sedikit data spesifikasi teknis yang berhasil Mtb himpun, berikut ini.

Spesifikasi Vega R Lama 100cc

Dimensi Body187 × 168 × 102.9 cm
Tinggi Tempat Duduk74.8 cm
Jarak Sumbu Roda119 cm
Jarak Terendah ke Tanah13 cm
Sudut Caster26.2⁰
Trail7.4 cm
Kapasitas Silinder101.8cc
Diameter × Langkah49 × 54 mm
Rasio Kompresi9.0:1
Power Maksimum8.3 hp / 8000 rpm
Torsi Maksimum0.87 kgfm / 6500 rpm
Langkah Suspensi Depan8 cm
Langkah Suspensi Belakang6.5 cm
Diameter Kampas Rem Belakang11 cm
Sistem PengapianAC CDI

Sekilas Riwayat Vega R 100cc

Vega R lama mengusung desain bodi sama dengan Yamaha F1ZR. Hampir sama persis, kecuali perbedaan jenis mesinnya, yaitu 2Tak vs 4Tak.

Mesin Vega R mendapat setting irit. Hampir seperti Yamaha Crypton.

Awal Rilis

Yamaha pertama kali merilis Vega pada tahun 1999, dua tahun setelah krisis ekonomi dan moneter yang sangat parah kala itu.

Awalnya PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menempatkan Vega sebagai bebek standar menengah pada masanya. Namun hingga tahun 2003, Vega tidak berhasil mengangkat angka penjualan Yamaha secara signifikan. Bahkan Yamaha masih megap-megap untuk saling kejar dengan Suzuki dalam memperebutkan posisi kedua jumlah penjualan motor Tanah Air.

Yup. Kala itu taring Suzuki Shogun 110 masih cukup kuat.

Tapi Yamaha tidak menyerah.

Pada tahun 2003, Vega mendapat tambahan label ‘R’ dan kelasnya turun menjadi bebek entry level.

Hasilnya?

Manjur Om. Penjualan Vega R moncer hingga akhirnya ia naik ke kelas 110cc pada tahun 2006.

Keputusan Yamaha menurunkan kelas Vega R ke entry-level memang bukan tanpa alasan. Pasalnya, serangan dari motor-motor Cina yang murah meriah pada menjelang hingga awal dekade 2000’an memang memaksa brand-brand Jepang untuk mengubah strategi penjualan, utamanya dalam hal pricing alias penetapan harga jual.

Honda Legenda, Supra Fit, Suzuki Smash dan Kawasaki Blitz

Bukan hanya Yamaha dengan Vega R’nya saja, Honda juga merilis Honda Legenda dan Honda Supra Fit, Suzuki melahirkan Suzuki Smash dan Kawasaki pun punya Blitz sebagai versi hemat dari Kaze R.

Yamaha Vega R cukup fenomenal pada masanya lantaran iklan yang menggelitik dan kocak. Maka tak heran jika jumlah penjualannya cukup sukses kala itu.

Yup. Bagi Om Bro sekalian yang pada era Vega R sudah usia remaja, pasti Om Bro tahu bagaimana kocaknya iklan Vega R oleh Didi Petet dan Deddy Mizwar.

Segmentasi Pasar

Setelah Vega R menempati kelas entry level, Yamaha menempatkan Jupiter Series pada kelas menengah, hingga kemudian ia berevolusi dan terbagi menjadi Jupiter Z1, Yamaha Jupiter MX 135 dan Yamaha MX King.

Review Tampilan Vega R 2003

Lampu-lampu

Pada versi 100cc 2003, Vega R masih mengadopsi lampu sein bermika kuning buram. Bentuk sein depan menyerupai ketupat, sementara sein belakang menyatu dengan stoplamp.

Lampu belakang Vega 2003
Yamaha Vega R 2003
Rem

Mtb tidak begitu ingat saat itu Vega R ada berapa varian. Tapi untuk unit yang Mtb ciduk ini, remnya masih tromol depan-belakang.

Rem depan Vega 2003
Dimensi Body

Bentuk lampu depannya kecil rada mengkotak, sementara itu sayapnya tampak ramping, khas motor bebek millenium. Berbeda dengan sekarang ketika kapasitas tangki bensin dan volume bagasi motor sudah menjadi kebutuhan penting sehingga desain body motor cenderung lebih besar.

Tampak depan Vega 2003
Yamaha Vega R 2003
Mesin

Blok mesinnya juga tampak mungil, sesuai dengan kapasitas silindernya yang memang hanya 101,8cc. Sedangkan saluran gas buang alias knalpotnya bermodel lurus dengan tabung besar dari pertengahan hingga ujung belakang. Belum zamannya knalpot sporty untuk motor-motor bebek kala itu.

Motor (dinamo) starter menempati area bawah blok mesin, khas Yamaha zaman itu.

Panel Indikator

Speedometernya tentu saja masih analog, mengingat saat itu belum umum panelmeter yang serba digital seperti zaman now.

Selain speedometer, indikator lainnya lagi ada Fuelmeter, Indikator Lampu Jauh, Indikator Lampu Sein, Indikator Gigi Netral dan Top Gear. Tidak ada indikator posisi Gigi 1, 2 dan 3.

Speedometer Vega 2003
Panelmeter Yamaha Vega R 2003
Kelistrikan

Saklar-saklar kelistrikannya khas motor non-AHO. Jadi ada saklar ON/OFF Lights dan tombol starter pada stang kanan.

Sedangkan pada area stang kiri, ada saklar lampu jauh-dekat (dim), saklar sein, tombol klakson dan tuas chooke (cuk).

Bener pisan Om. Saat itu masih musim cuk manual.

Sementara untuk saklar ON/OFF Lights pada Vega R 2003, tidak ada pilihan untuk menyalakan lampu senja tanpa lampu besar seperti model saklar Honda Astrea series.

Kunci kontaknya jelas masih konvensional dengan anak kunci bermata pendek.

Lain-lain

Beralih ke footstep boncenger, dudukannya masih model lurus hampir sejajar dengan arm, namun sudah terpisah dari arm. Tidak seperti motor-motor jadul yang masih menempelkan footstep pada arm.

Pamungkasnya, spakbor belakang masih bermodel klasik dengan tudung topi pada bagian ujungnya. Tapi pun begitu, tudung topinya sudah cetakan menyatu. Bukan model sambungan seperti motor-motor yang jadul pisan. (Mtb – Spesifikasi Vega R lama).

2 pemikiran pada “Review Tampilan dan Spesifikasi Vega R Lama 100cc 2003”

Tinggalkan komentar