Yamaha RX King 1997 Original, Benarkah Made in Japan?

Motorisblog.com – Yamaha RX King 1997 original. Om Bro…!! Dunia persilatan motor dihebohkan oleh akun facebook Chris Novalia yang mengunggah foto Yamaha RX-King lansiran 1997 dengan banderol Rp300 juta. Dia mengklaim bahwa motor tersebut adalah made in Japan. Tapi apa iya RX King di tahun itu masih diproduksi di Jepang?

Setelah muncul kontroversi, Chris segera mengklarifikasi bahwa maksud dari kata “Made in Japan” adalah karena mesin dan mayoritas komponen lainnya buatan Jepang. Barulah dari sana kemudian dirakit di Indonesia pada tahun 1997.

Beberapa part yang menurut Chris merupakan produksi Jepang diantaranya shock breaker belakang, blok mesin, selang rem dan beberapa part lainnya.

Tapi… ternyata menurut General Manager Aftersales PT.Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, M.Abidin, faktanya di dekade 1990-an RX King sudah diproduksi di Indonesia. Memang sebaguan suku cadangnya ada yang masih di impor dari Jepang sih… Kecuali kalau RX King lansiran 1980-an ya memang masih benar-benar made in Japan.

rx king dijual
RX King 1997 yang ditawarkan Rp300 juta

Nah, menurut Mtb, disini agak rancu. Chris menyebut kata “rakit”, sedangkan M.Abidin menyebut kata “produksi”.

Menurut Mtb, penggunaan kata “rakit” itu kurang tepat karena menimbulkan kesan bahwa Indonesia hanya “merangkai” komponen yang didatangkan dari Jepang dan tidak diproduksi di Indonesia. Berbeda dengan pernyataan M.Abidin yang menjelaskan bahwa sebagian diproduksi di Jepang, namun secara utuh diproses produksi di Indonesia.

Tapi ya sudah… Chris juga sudah memberikan klarifikasi bahwa komponen Jepangnya hanya sebagian.

Sekarang kita bahas penjelasan dari M.Abidin… Menurutnya, Yamaha RX King 1997 original itu sudah part YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System). Komponennya ada di sebelah kiri motor, dikaitkan dengan CDI untuk mengatur supaya suplai olinya tepat. Tujuannya agar motor tidak terlalu ngebul.

Untuk RX King produksi 1997, menurut Abidin, beberapa part yang made in Jepang di antaranya adalah transmisi. Pasalnya, pabrik part Yamaha di Karawang, yakni Yamaha Part Manufacturing saat itu itu belum ada. Sementara pabrik tersebut khusus memproduksi transmisi, cylinder head dan crank case.

PENILAIAN YAMAHA PADA YAMAHA RX KING 1997 ORIGINAL RP300 JUTA

Masih menurut M.Abidin, soal harga Rp300 juta itu relatif. Sejatinya mungkin saja, apalagi motornya adalah koleksi yang sudah tidak dijual lagi dari pabriknya. Bahkan menurutnya, ada versi yang lebih mahal, yakni versi RX-King Gold. Versi ini hampir tidak ada yang mau menjualnya, karena special hari jadi RX-King ke-20 tahun.

rx king dijual
RX King Gold 2003

Sedangkan menurut Chris, harga Rp300 juta itu sangat pantas untuk Yamaha RX King 1997 original koleksinya tersebut. Alasannya, memang nominal itu lebih mahal dari unit mobil LMPV… Tapi untuk urusan koleksi, nilainya jadi lain.

Seorang yang punya uang dan hendak membeli mobil baru, itu gampang. Dia tinggal datang ke dealer, pilih unit, selesai.

Tapi tidak demikian dengan jika urusannya dengan hobi….

Seorang kolektor yang hobi RX King, meski dia punya banyak uang, belum tentu dia bisa menemukan tahun 1997 dengan kondisi original. Atau jika pun ada, belum tentu pemiliknya mau jual motor tersebut.

Itulah yang menurut Chris menjadi keistimewaan dari RX King miliknya, yakni karena sama sekali belum pernah di pakai sejak tahun 1997. Motor masih dalam keadaan segar, semua komponen masih original. Motor asli keluaran pabrik, bukan hasil restorasi.

Menurut pengakuan Chris pada detikoto, sudah ada penawaran Rp175 juta, tapi tidak dia lepas. Katanya, jika pun nantinya tidak ada yang berani dengan harga Rp300 juta, maka maka dia akan tetap menyimpan motor tersebut menjadi koleksinya.

Chris mendapatkan motor Yamaha RX King 1997 original tersebut pada tahun 2014. di sebuah toko tua di Bogor, Jawa Barat.

Sebenarnya toko tersebut adalah penjual alat-alat pertanian. Tapi ternyata history dari toko tersebut dahulunya adalah sebuah dealer motor Yamaha yang kemudian beralih menjadi toko sparepart motor.

Yamaha RX King 1997 original tersebut adalah benar-benar motor baru. Bahkan semua kode bawaan pun masih nempel, seperti kode shock breaker, selang rem depan, kode blok mesin, kode velg, hingga kode master rem. Semuanya ada kode tahun produksi 1997.

Logikanya, jika itu motor sudah lama dipakai, pasti sebagian part sudah di ganti dan kode-kode pun sudah berubah.

Harga Rp300 juta yang ditawarkan oleh Chris sontak menjadi kontroversi. Pasalnya, nominal tersebut dinilai lebih mahal ketimbang beberapa mobil LMPV, misalnya Avanza, Xenia, dan Mobilio. Bahkan Xpander yang pada awal tahun ini menjuarai penjualan LMPV pun harganya tidak sampai Rp300 juta. Begitu pula mobil-mobil SUV kecil semisal BR-V, HR-V, Rush, Terios dan lain-lain harganya berada di bawah Rp300 juta.

Selain LMPV, banyak pula moge dengan harga di bawah Rp300 juta. Sebut saja Kawasaki Z900 yang harganya Rp225 juta. Atau Kawasaki ZX-6R yang seharga Rp297 juta. Ada juga Honda CB650F yakni Rp235.387.500. Dari pabrikan garpu tala juga ada Yamaha MT-09 yang seharga Rp250 juta dan Yamaha R6 yang Rp270 juta.

Tapi kembali lagi… kalau sudah bicara ke arah koleksi dan hobi, harga Rp300 juta itu memang relatif. Soale untuk para kolektor, ada sebuah kepuasan saat dia bisa memiliki sebuah icon yang orang lain tidak memilikinya. Dan kalau motor tersebut sudah sampai di tangan seorang kolektor, maka hampir mustahil dia akan menjualnya kembali.

Perkara kondisi Yamaha RX King 1997 original miliknya, Chris berani menjamin bahwa motor tersebut masih menyala normal karena dia rawat dengan baik. Yaitu dibersihkan dan di cabut akinya.

Hal ini sesuai dengan yang pernah Mtb baca, bahwa, sebuah motor jika tidak digunakan dalam waktu lama, maka baterainya harus di lepas. Alasannya karena sebuah benda yang bersifat elektrik, jika di aliri listrik tanpa di gunakan, maka aliran listrik itu sendiri justru akan merusak perangkat yang lain. (Mtb – Yamaha RX King 1997 original).

Related Post

Jual Spare Part Motor Honda Terlengkap Jadul, Ada ... Motorisblog.com - Jual spare part motor Honda terlengkap jadul. Om Bro...!! Kalau bicara perkara spare part motor baru, pasti tidak akan terlalu sulit...
Spesifikasi RX King serta Riview Sang Legenda Figh... Motorisweb.com - Spesifikasi RX King. Seperti biasa, setiap Lebaran, salah satu kakak ipar saya selalu mudik menggunakan motor Yamaha RX King kesayang...
Spesifikasi Yamaha RX 125 Twin, RX 100, RX 125 Eng... Motorisweb.com - Yamaha RX 125 Twin. Jika kita bicara perkara RX King, tentunya dengan mudah kita dapat membayangkan motor dengan suara bising yang la...
Harga Astrea Grand 91 Second… Jauh Melampaui... Motorisblog.com - Harga Astrea Grand 91. Om Bro...!! Dulu Mtb pernah bikin artikel tentang RX King dan Yamaha Nouvo yang harganya bisa tembus Rp22 jut...
RX King Dijual Rp300 Juta? Seperti Apa Kondisinya?... Motorisblog.com - RX King dijual Rp300 juta. Om Bro...!! Benar saja rupanya tren motor lawas tengah naik lagi. Setelah beberapa waktu lalu dunia persi...
44 Motor Legendaris Yamaha Indonesia Sejak 1983 Hi... Motorisblog.com - Motor Legendaris Yamaha. Ada yang menarik dari motor Yamaha pertama sampai sekarang di Indonesia, yaitu perjuangannya dalam membangu...

Leave a Reply