lexi vs vario 125

Yamaha Lexi vs Vario 125, Komparasi Fitur dan Spesifikasi

Motorisblog.com – Yamaha Lexi vs Vario 125 – Om Bro…!! Kelas skuter matic 125 cc mulai ramai lagi didunia persilatan motor. Om Bro semua tahu, selama ini skutik punya Yamaha selalu ketinggalan penjuaannya dibanding Vario dan Beat series. Padahal sudah semua produknya telah di upgrade menjadi 125 cc. Tidak lagi bermain di 115 cc.

Tapi…

…Mtb meminjam istilahnya Lek Iwb bahwa Yamaha memang benar-benar petarung sejati. Pabrikan yang tidak pernah lelah dalam membuat terobosan / inovasi di area pasar yang belum tersentuh oleh kompetitor. Sebut saja Yamaha Nouvo dan Mio generasi awal yang mulai digarap pada tahun 2003. Meski sebetulnya merk Tiongkok yang duluan bermain, tapi secara merk Dai Nipon, Yamaha lah yang memulai dan pernah sukses besar di tahun 2010.

Juga ingat generasi pertama Yamaha Vixion pada tahun 2007 dengan mesin injeksinya. Meski kalah cepat dari Supra X FI, tapi secara kelas sport, Vixion lah yang pertama.

Itu hanya sedikit contoh… yang meskipun pada akhirnya kelas matic entry level dikuasai pabrikan sayap… dan Honda CB150R dapat menempel angka penjualan Vixion… Tapi tetap…!! Yamaha tidak surut langkah ke belakang dan tidak pernah lari dari medan perang. Dia terus mencari dan mencari celah, membuat terobosan dan lain-lain untuk tetap dapat menjadi salah satu pilihan kuat bagi konsumen roda dua di tanah air. Seperti yang terbaru dikelas skutik 125 cc, yakni Yamaha Lexi.

Hal paling menarik dari Yamaha Lexi adalah karena dia benar-benar mengusung diferensi yang total. Desain yang sama sekali tidak dimiliki oleh merk Jepang yang lain yang ada dibumi pertiwi ini. Dia mengusung model Maxi Yamaha, namun dengan dek rata dan kapasitas mesin hanya 125 cc. Itu yang tidak dimiliki oleh Honda saat ini.

lexi vs vario 125

Dijaman dulu, Honda memang mengawali kelas ini dengan PCX 125 yang di import dari Thailand. Namun… PCX 125 bukanlah model dek rata.

Sebelumnya, jauh ditahun sebelumnya memang ada Kymco yang agak moge look dan ber-dek rata. Namun lagi-lagi secara brand, Kymco bukanlah tandingan Honda dan Yamaha di Indonesia. So….???

Lalu, dengan model seperti ini, apakah Lexi punya peluang untuk moncer seperti NMax?

Pertama kita lihat dulu harganya…

Ketika Mtb cek langsung ke situs resmi Yamaha Indonesia, ternyata disana belum ada angka pasti perkara harga. Namun begitu sudah ada gambaran bahwa harga Lexi adalah dibawah Rp20 juta untuk versi standar. Sementara untuk Lexi S masih berstatus “coming soon”. Sedangkan dari situs resmi Honda Indonesia, sudah terang harga Vario 125 adalah Rp18.175.000 untuk versi CBS dan Rp18.775.000 untuk CBS-ISS.

Melihat angka-angka tersebut, maka harga Yamaha Lexi vs Vario 125 adalah hampir sama. Tidak ada kesenjangan yang terlalu jauh.

Selanjutnya…

…jika melihat trend pasar yang sekarang tengah hangat di model Maxi, sepertinya peluang Lexi lumayan besar. Diluaran sana pasti banyak calon konsumen yang kesengsem sama NMax atawa PCX namun ingin harga yang lebih terjangkau. Kemudian… Lexi juga punya kelebihan yang mana dia Maxi Look tapi multiguna karena memiliki dek rata. Kalau istilah teman-teman Mtb, “bisa ngangkut dua galon Aqu* didepan”.

Tidak hanya itu, secara fitur pun dia unggul dibanding Honda Vario 125. Tapi… kalau untuk mengambil alih pasar Vario 125 secara penuh, tentu itu bukan perkara mudah. Disini kebesaran brand Honda dan nama Vario masih punya pengaruh yang sangat kuat didalam benak masyarakat Indonesia. So… kita lihat saja nanti apa kata pasar.

Komparasi fitur Yamaha Lexi vs Vario 125

Desain

Bicara perkara desain, jawaban mutlaknya tentu ada pada selera konsumen. Mtb dan Om Bro sekalian tidaklah bisa mengkalim yang mana lebih bagus karena selera tiap-tiap orang dapat berbeda-beda. Namun seperti yang sudah Mtb sebutkan diatas, Lexi memiliki desain ala Maxi Yamaha yang belakangan ini tengah menjadi daya tarik tersendiri.

Sementara itu, Honda Vario 125 masih menganut desain standar skuter matic harian yang simple dan multifungsi.

Suspensi

Yamaha menyematkan Subtank Rear Suspension pada Lexi-S yang secara dasar memiliki kinerja lebih baik dibanding shockbreaker biasa. Namun sayang Mtb belum mendapatkan sumber yang mereview seperti apa kelembutan suspensi Lexi.

Seperti kita ketahui, selama ini keluhan yang sering berdengung dari motor entry level Yamaha adalah pada bagian suspensi yang cenderung keras. Bahkan sampai pada segmen Maxi, yakni Aerox 155 dan NMax 155 pun masalahnya masih pada bagian itu.

Secara pribadi Mtb tidak habis fikir, kenapa Yamaha terap bersikukuh menggunakan suspensi tipe stiff yang notabene tidak nyaman. Bahkan setelah dihajarnya Mio karbu oleh jajaran Vario plus Beat series, pun Yamaha tidak juga berubah. So… kalau misale karakter suspensi Lexi masih tetap juga keras, maka Mtb yakin hal itu pun akan sedikit menjadi hambatan bagi laju penjualan Lexi.

Lampu utama

Keduanya (Lexi vs Vario 125) telah sama-sama menggunakan jenis LED pada lampu-lampunya. Meski sekarang lampu LED sudah menjadi hal yang lumrah, tapi tentu masih memiliki kasta yang lebih tinggi dibanding lampu bohlam biasa.

Yamaha Lexi memiliki penampang lampu yang lebih besar, sesuai karakter Maxi. Sementara lampu Vario 125 berdesain lebih sipit dan agresif.

Panel meter (speedometer)

Dibagian panel meter, Vario 125 menggunakan kombinasi analog dan digital bersistem elektrik, sementara Yamaha Lexi menggunakan full digital.

Keleluasaan dek

Seperti pada umumnya motor skutik Honda entry level, bagian dek cenderung lebih sempit. Hal itu karena Honda mengejar keleluasaan dibagian lain, yakni ukuran jok lebih lebar dan panjang, tangki bensin dan bagasi lebih besar. Sedangkan Yamaha sebaliknya… Kapasitas bagasi dan tangki tidak sebesar Honda sehingga deknya bisa lebih leluasa.

Pijakan kaki di dek pun dibuat dengan dua posisi seperti pada NMax. Dengan itu, maka Om Bro akan merasa lebih nyaman pada perjalanan jarak jauh. Selain itu, secara dimensi Yamaha Lexi vs Vario 125 memang lebih besar Lexi. Maka semakin leluasa lah dek Lexi.

Ukuran tempat duduk

Panjang dan lebarnya secara pasti tidak Mtb dapatkan datanya. Tapi untuk Vario 125, Mtb sudah sering memperhatikan bahkan test ride mikik kakak. Sementara untuk Lexi, meski Mtb belum pernah jajal, tapi dari dimensi bodynya pun sudah tampak lega. (Bisa Om Bro lihat pada data spesifikasi dibawah nanti).

Volume bagasi

Vario 125 sejak awal memang di desain dengan bagasi yang muat helm full face. Pantaslah kalau U-boxnya memiliki volume hingga 18 liter. Sedangkan Lexi, meski tidak muat helm full face tapi lumayan lega juga dengan volume 12,8 liter.

Ukuran dan jenis ban

Keduanya sama-sama menggunakan ban jenis tubeless, namun Lexi punya ukuran yang lebih besar, yakni 90/90-14 (depan) dan 100/90-14 (belakang). Sementara itu Vario 125 punya ukuran ban standar matic Honda, yaitu 80/90-14 dan 90/90-14.

Electric Power Socket

Nah… disini Vario 125 belum punya colokan charger seperti pada Scoopy. Sedangkan Lexi sudah pakai. Ini menjadi kelebihan bagi Lexi mengingat lifestyle kid jaman now yang serba online.

Teknologi mesin

Keduanya menggunakan teknologi mesin yang memiliki sifat serupa. Honda punya eSP dan Yamaha punya Blue Core. Keduanya memiliki target yang sama dalam hal power dan konsumsi bahan bakar. Masing-masing mengklaim bahwa produknya lebih bertenaga dengan konsumsi bensin yang lebih irit. Tinggal minat Om Bro / Sista saja lebih greget dengan produk yang mana?

Selain itu, keduanya juga menggunakan sistem pendinginan dengan cairan (Liquid Cooled). Hanya saja, disini Lexi punya fitur unggulan lain dengan diasil cylinder dan forged piston.

Diasil Cylinder berbahan aluminium silicon yang cepat melepas panas. Dipadu dengan Piston yang lebih padat karena dibuat dengan sistem tempa. Bukan dengan cetak biasa.

Berikutnya, Lexi juga menggunakan Teknologi VVA yang mampu menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin.

Sistem starter elektrik

Awalnya Honda yang menerapkan teknologi ACG Starter pada Vario 125 generasi pertama dulu. Teknologi ini diadopsi dari Honda PCX yang sebelumnya punya basis produksi di Thailand.

ACG Starter memiliki kelebihan dimana starter elektrik tidak berbunyi seperti pada starter biasa.

Selanjutnya, Yamaha juga tidak mau ketinggalan dengan menerapkan teknologi SMART MOTOR GENERATOR (SMG) yang punya kelebihan hampir sama dengan ACG.

Teknologi SMG tersebut pun telah disematkan pada Yamaha Lexi.

Teknologi ISS vs SSS

Dipoin ini pun Honda yang mulai dengan Idling Stop System (ISS) yang kemudian diikuti oleh Yamaha dengan nama Smart Stop System (SSS).

Pada prinsipnya, ISS dan SSS memiliki fungsi yang sama, yakni mematikan mesin secara otomatis pada saat motor berhenti. Hanya saja, jika ISS akan bekerja setelah motor berhenti selama 3 detik, sementara SSS mulai bekerja setelah 5 detik.

Namun sayang… untuk Lexi versi standar, fitur SSS belum tersedia.

Hazard Lamp

Disini Yamaha Lexi sudah memiliki fitur hazard lamp untuk kepentingan dalam kondisi darurat. Sementara Vario 125 belum memilikinya.

Spesifikasi Yamaha Lexi vs Vario 125

– Tipe Mesin
Lexi Liquid Cooled 4-stroke, SOHC, Single Cylinder
Vario

– Tipe Transmisi
Lexi V-belt automatic
Vario Otomatis, V-matic

– Tipe Kopling
Lexi Dry, Centrifugal Automatic
Vario

– Sistem Bahan Bakar
Lexi Fuel Injection
Vario Injeksi (PGM-FI)

– Kapasitas Oli Mesin
Lexi Total 1 liter, Berkala 0.9 liter
Vario

– Sistem Pelumasan
Lexi Wet Sump
Vario

– Sistem Starter
Lexi Electric starter
Vario Pedal & Elektrik

– Torsi Maksimum
Lexi 11.3 Nm/7000 rpm
Vario 10,8 N.m/5.000 rpm

– Daya Maksimum
Lexi 8.75 kW/8000 rpm
Vario 8,3 kW/8.500 rpm

– Volume Silinder
Lexi 124.7 cc
Vario 124,8 cc

-Perbandingan Kompresi
Lexi 11.2+/-0.4:1
Vario 11:1

– Diameter x Langkah
Lexi 52 x 58.7 mm
Vario 52,4 x 57,9 mm

– P X L X T
Lexi 197 x 72 x 113,5 cm
Vario 192,1 x 68,3 x 109,6 cm

– Jarak Sumbu Roda
Lexi 135 cm
Vario 128 cm

– Jarak Terendah Ke Tanah
Lexi 13,3 cm
Vario 13,5 cm

-Tinggi Tempat Duduk
Lexi 78,5
Vario

– Berat kendaraan
Lexi 112 kg
Vario 109 kg

– Kapasitas Tanki Bensin
Lexi 4,2 liter
Vario 5,5 liter

– Tipe Rangka
Lexi Underbone
Vario Tulang punggung

– Suspensi Depan
Lexi Telescopic Fork
Vario Teleskopik

– Tipe Suspensi Belakang
Lexi Unit Swing
Vario Lengan Ayun dengan Shockbreaker Tunggal

– Ban Depan
Lexi 90/90-14M/C 46P
Vario 80/90-14 M/C 40P

– Ban Belakang
Lexi 100/90-14M/C 57P
Vario 90/90-14 M/C 46P

– Rem Depan
Lexi Disc
Vario Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal

– Rem Belakang
Lexi Drum
Vario Tromol

– Sistem Pengapian
Lexi TCI
Vario Full transisterized, Baterai

– Tipe Battery
Lexi YTZ7V
Vario 12V-5Ah (Tipe MF)

– Tipe Busi
Lexi CPR8EA-9 / U24EPR-9
Vario U27EPR-9 / CPR9EA-9 (Mtb – Yamaha Lexi vs Vario 125). Sumber: yamaha-motor.co.id, astra-honda.com

2 Thoughts to “Yamaha Lexi vs Vario 125, Komparasi Fitur dan Spesifikasi”

  1. Adid

    Kasian, penggemarnya Vario lg bnyk yg defensif tuh produknya dibanding2in

    1. sodiknurhamid

      Untung aja ane bukan penggemar vario. Wkwkwkwk…!! Jadi ngga defensif.

Tinggalkan Komentar