Yakin Ada Helm Carbon Murah? Nih, Bedanya Helm Carbon dengan Helm Motif Carbon

Motorisblog.com – Om Bro…!! Semakin beragam pilihan model motor, maka semakin beragam pula perangkat safetynya… Termasuk dalam hal helm. Namun Om Bro perlu waspada jika ada orang yang menawarkan helm carbon murah… Bisa jadi itu hanya motifnya saja…

Om Bro… Pada umumnya, helm carbon kevlar atau helm yang berbahan carbon asli, pastinya di banderol senilai jutaan rupiah. Bahkan untuk produk impor, banderolnya bisa puluhan juta rupiah. So, jika ada helm full face carbon murah yang harganya hanya berkisar ratusan ribu rupiah saja, besar kemungkinan helm tersebut bukanlah carbon asli.

Secara garis besar, helm carbon dibedakan dalam dua jenis, yaitu helm carbon asli dan helm biasa dengan grafis motif carbon.

Lantas, bagaimana cara membedakannya…??

Cara yang paling sederhana ialah dengan melihat detailnya.

Seperti yang Om Bro sekalian tahu, pada helm carbon, terdapat motif anyaman seperti anyaman ketupat…

Ciri-cirinya untuk helm carbon asli, motif carbonnya berada di dalam. Motif serat karbonnya tertutup lapisan pernis. Sementara untuk helm grafis motif carbon, itu serat carbonnya muncul/terlihat jelas, bahkan terasa teksturnya ketika kita raba. (Tugimin, Research and Development PT Tarakusuma Indah (PT TI), produsen helm KYT, INK, MDS, Hiu dan BMC. (Motorplus.gridoto, 17/10/2018)).

Pada helm carbon asli, motif khas serat carbonnya tidak akan berubah walaupun telah dibentuk menjadi sebuah helm. Hal itu dimungkinkan karena ketika proses molding (proses cetak), shell (batok) serat fiber direntangkan dan di cetak untuk kemudian dilapisi resin dan di pernis.

Pamungkas…
Jangan sampai salah pilih, apalagi sampai tertipu… Jika memang Om Bro hanya berminat untuk membeli helm bermotif carbon, ya ngga masalah… Namun jika yang Om Bro minati ialah helm yang berbahan fiber carbon asli, maka pastikan Om Bro tidak salah membeli helm yang hanya bermotif carbon saja… (Mtb – Yakin Ada Helm Carbon Murah?).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: