Warna-warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Motorisblog.com – Om Bro…!! Sekedar artikel intermezo saja, Mtb bakal share beberapa jenis dan warna plat nomor kendaraan di Indonesia. Iya Om… Kadang Mtb mendapat pertanyaan dari teman-teman tentang warna plat nomor di Indonesia,, misale sekedar pertanyaan, “Warna plat “ini” artinya apa sih??”… “Warna plat yang seperti ini, itu untuk kendaraan apa sih??”, atau pertanyaan-pertanyaan sejenis lainnya.

Yup… Warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau warna plat nomor Indonesia memiliki fungsi krusial sebagai petunjuk dan tanda identifikasi kendaraan bermotor.

Berdasarkan peruntukkannya, plat nomor kendaraan memiliki fungsi yang berbeda-beda…

Menurut Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, pasal 47 ayat 3, kendaraan bermotor dikelompokkan atas kendaraan perseorangan dan kendaraan umum.

Detail peraturan yang lain juga disebutkan dalam Perkapolri nomor 5 tahun 2012, bahwa warna plat nomor kendaraan pribadi alias kendaraan perseorangan adalah berwarna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih.

stnk plat nomor grab

Selain sebagai kendaraan pribadi, plat nomor berwarna hitam dengan tulisan putih juga bisa terjadi pada kendaraan sewa.

Sementara itu untuk kendaraan umum, warna TNKB-nya adalah dasar kuning dengan tulisan hitam… Sedangkan untuk plat nomor warna putih merah, dimana warna merah menjadi dasar dan warna putih menjadi tulisan, maka kendaraan tersebut merupakan kendaraan dinas pemerintah.

Lain lagi untuk TNKB yang berwarna dasar putih dengan tulisan berwarna biru, itu merupakan kendaraan korps diplomatik negara asing yang biasanya berada di wilayah kedutaan.

Selanjutnya untuk TNKB berwarna dasar hijau dengan tulisan warna hitam, kendaraan tersebut merupakan kendaraan khusus yang hanya boleh beroperasi di kawasan perdagangan bebas (free trade zone)… Yaitu kendaraan yang mendapat fasilitas bebas bea masuk… Dan sesuai dengan peruntukkannya, berdasarkan amanat Peraturan Menteri Keuangan RI, kendaraan jenis ini tidak boleh digunakan atau pun di mutasikan ke wilayah lain di Indonesia…

Terus, bagaimana dengan kendaraan yang penggunaannya tidak sesuai dengan jenis TNKB-nya??

Bagi pengguna kendaraan yang tidak menggunakan TNKB sesuai dengan aturan dan identitas yang sebenarnya, ancaman sanksi-nya adalah denda dengan besaran maksimal Rp500.000. Pun demikian dengan plat nomor palsu, ancaman hukumannya adalah denda sebesar maksimal Rp500.000. (Kompol Muhammad Nasir, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya – Kompas (14/10/2019)).

Selain warna-warna di atas, masih ada lagi beberapa warna plat nomor yang ada di Indonesia… Misale saja warna plat nomor TNI AD, yaitu berwarna dasar hijau dan merah dengan tulisan berwarna emas, warna plat nomor TNI AL dengan dasar biru muda dan merah dan bertuliskan warna emas, serta warna plat nomor TNI AU yang berdasar biru tua dengan tulisan yang juga berwarna emas.

Sedangkan untuk plat kendaraan dinas kepolisian, warna dasarnya adalah hitam dan warna tulisannya adalah warna emas.

plat nomor palsu

Kemudian selain itu, ada juga warna plat nomor sementara… Artinya ialah plat nomor untuk kendaraan yang baru dikirim dari dealer ke konsumen, sebelum plat nomor asli-nya dikeluarkan oleh Samsat setempat.

Biasanya, warna plat nomor putih dengan tulisan merah yang umum digunakan sebagai plat nomor sementara. Masa berlakunya hanya 1 bulan dan harus diperpanjang lagi jika dalam 1 bulan tersebut belum mendapat TNKB asli dari dari Kepolisian.

Tapi tidak selalu seperti itu juga Om… Ada juga daerah-daerah yang menggunakan plat nomor sementara warna hitam. Seperti misalnya di daerah sekitar kampung Mtb,, untuk area Samsat Ciamis, warna plat nomor sementaranya adalah sama dengan warna TNKB tetap… Yaitu berwarna dasar hitam dengan tulisan warna putih. Sedangkan untuk area Samsat Banjar Patroman, plat nomor sementara adalah berwarna dasar putih dengan tulisan merah.

Jadi untuk plat sementara area Samsat Ciamis, yang membedakan dengan TNKB tetap hanyalah masa berlakunya saja, yaitu 1 bulan…

So… Jika ada orang yang bertanya pada Om Bro, tentang arti plat nomor kendaraan warna putih merah, maka tingal Om Bro lihat saja seperti apa komposisinya. Jika warna dasarnya merah dengan tulisan putih, maka kendaraan tersebut adalah kendaraan dinas pemerintah. Sedangkan jika warna dasarnya putih dengan tulisan merah, maka kendaraan tersebut adalah kendaraan baru yang masih menggunakan plat nomor sementara dari dealer. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: