Viar Star X 100, Sang Peniru yang Persis dengan Supra X 125

Motorisblog.com – Viar Star X 100 – Om Bro…!! Kebanyakan orang pasti akan terkecoh jika melihat motor ini hanya dengan sekilas saja. Termasuk Mtb saat itu. Lihat saja, design dan warnanya persis seperti Honda Supra X 125. Apalagi dengan di tempel sticker palsu bertuliskan “HONDA”.

Tapi kalau di perhatikan baik-baik, sticker pada stripingnya ternyata bertuliskan “Star X”, bukan Supra X.

Dan jika Om Bro melirik ke bawah, di blok mesin terukir nama “Viar”, bukan Honda.

Viar star x 100

Kemudian, gara-gara foto ini, Mtb jadi penasaran ingin menyambangi situs resmi Viar. Tapi sungguh di sayangkan… Produk Viar sekarang sudah melompong… Hanya ada tipe cross / trail, armada roda tiga dan satu tipe skuter listrik bernama Q1.

Sepertinya penjualan Viar sekarang merosot sangat dalam, sampai-sampai banyak jenis produk yang tidak lagi di produksi.

Sebenarnya pada tahun 2010, Viar sempat membukukan penjualan yang cukup lumayan… Bahkan di tahun itu, jumlah penjualan motor Viar mampu mengungguli merk Kawasaki… Berikut ini datanya:

  • Honda: 3,4 juta unit
  • Yamaha: 3,3 juta unit
  • Suzuki: 526,003 unit
  • Viar: 96,807 unit
  • Kawasaki: 87,004 unit
  • TVS: 19,435 unit
  • Kanzen: 1,890 unit

Om Bro mungkin akan berfikir, “Aahh… Itu kan penjualan Viar dengan dominasi motor roda tiga…!!”.

Memang benar, saat ini armada roda tiga menjadi andalan penjualan Viar. Tapi tidak pada tahun 2010. Saat itu, komposisi penjualan motor Viar justru di dominasi oleh tipe bebek. Begini komposisinya:

  • Tipe bebek: 74% (71.554 unit)
  • Armada roda-3: 13%
  • Tipe sport: 7%
  • Tipe skutik: 6%

Jumlah penjualan tersebut di dapatkan dari:

  • Sulawesi Barat: 18.050 unit
  • Sulawesi Utara: 11.736
  • Jawa Timur: 11.127

Pada waktu itu, produk Viar tergolong lengkap. Selain jenis bebek, Viar juga punya produk motor sport fairing 150-200cc yang salah satunya menggunakan model Honda CBR150 versi Thailand (old CBR).

Sementara itu di segmen matic, Viar juga punya VioR yang meniru desain Mio. Hanya saja, VioR menggunakan shockbreaker ganda pada roda belakangnya. Tidak seperti kebanyakan motor skutik yang menggunakan suspensi tunggal di samping kiri.

Pada awal kiprahnya di dunia persilatan roda dua, Viar menggunakan teknologi dari Cina. Namun kemudian Viar merubah haluan teknologinya ke Taiwan sejak tahun 2001.

Dan seperti kebanyakan motor-motor aliran Tiongkok, Viar pun memiliki “hobi” menjiplak desain motor merk Jepang.

Viar sampai sempat digugat oleh Yamaha gara-gara perbuatan plagiat, yaitu menjiplak desain Jupiter 110 dan Jupiter MX.

Karena cara pembuatan desain yang meniru merk Jepang, maka banyak orang yang tetap menganggap Viar sebagai motor Cina, meskipun di kemudian hari dia sudah menjadi merk asli Indonesia.

Kelebihan Viar Star X 100

Menciduk review dari awansyah.com pada artikel yang di publikasikan tanggal 24 Januari 2014… di situ admin blog menceritakan pengalaman kebersamaannya selama 5 tahun bersama Viar Star X. Berikut ini rangkumannya:

Transmisi sistem rotari

Viar Star X telah menggunakan sistem rotari 4 percepatan (N-1-2-3-4-N).

Harga murah

Pada tahun 2008, Viar Star X 100 hanya di banderol seharga Rp7.500.000. Harga tersebut terhitung sangat murah, mengingat Honda Supra Fit saja saat itu sudah seharga Rp10.500.000… Padahal Supra Fit adalah kasta terendah dari merk Honda.

Harga murah tersebut di berikan oleh Viar bukanlah karena mutu yang buruk (walaupun di beberapa bagian iya), tapi lebih pada soal pajak.

Singkatnya, karena Viar adalah merk asli Indonesia, maka dia tidak perlu membayar royalti setiap tahun pada perusahaan Induknya (tidak seperti motor-motor merk Jepang). Karena itulah maka harga jual motor Viar bisa ditekan hingga angka yang paling murah.

Body erat

Ini salah satu bukti bahwa harga murah tidaklah berarti murahan. Motor-motor produksi Viar menggunakan bahan plastik tebal yang cukup berkualitas. Selain itu, mur dan baut-baut pada body Star X juga tidak mudah kendor.

Akselerasi mesin

Menurut admin blog “awansyah”, mesin Star X tergolong agresif. Kalau di ibaratkan mungkin seperti karakter mesin Honda Astrea Grand, dimana mesin akan menyendal hanya dengan sedikit putaran gas tangan.

Mesin bandel

Meski merk lokal, mesin Viar Star X 100 tidaklah cengeng. Terbukti dia tidak ngebul meski sudah berumur 5 tahun.

Usia 5 tahun sebenarnya masih tergolong muda untuk ukuran motor merk Jepang. Tapi ketika yang kita bicarakan adalah merk lokal atau merk Cina, maka ketahanan mesin selama 5 tahun tanpa rewel itu sudah tergolong bandel.

Irit

Selain mesinnya yang bandel, Viar Star X juga irit bahan bakar. Pada penggunaan normal, konsumsi bahan bakarnya bisa tembus 50 km / liter.

Kekurangan Viar Star X 100

Seperti normalnya produk buatan manusia, selain kelebihan, motor Viar juga pastinya memiliki kekurangan / kelemahan.

Warna cat dan mika lampu mudah kusam

Cat motor Viar (atau motor Cina / lokal) rata-rata lebih cepat / lebih mudah kusam jika dibanding motor-motor merk Jepang. Termasuk juga mika pada lampu-lampunya pun lebih cepat kusam dan menguning.

Fungsi-fungsi kelistrikan mudah error

Beberapa trouble yang terjadi adalah starter elektrik yang error, lampu utama sering mati, reflektor meleleh dan tombol-tombol (saklar / stop kontak) cepat rusak.

Dengan timbulnya gejala-gejala masalah tersebut, besar kemungkinan kiprok pun sudah minta di ganti.

Suspensi dan getaran mesin cukup keras

Untuk ukuran motor standar harian, Viar Star X sangatlah kurang nyaman. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya menunggang motor yang bergetar dan suspensinya keras…

Lini Produk Viar

Seperti yang sudah Mtb sebutkan diatas, saat ini produk roda dua merk Viar sudah tidak lengkap seperti dulu lagi. Berikut ini produk-produk yang tersedia (berdasarkan informasi dari situs resminya):

Tipe Adventure (Cross / trail)
  1. Cross X70 mini trail
  2. Cross X100 mini trail
  3. Cross X150
  4. X150SF
  5. X200GT
  6. X200ES
  7. X250ES
Motor niaga (roda tiga)
  1. Karya BIT100
  2. Karya BIT150
  3. Karya BIT200
  4. Karya BIT300
  5. Karya BIT150B
  6. Karya BIT150BHS
  7. Karya BIT150BFS
  8. Karya BIT150RMDT
Motor skuter listrik

Saat ini Viar hanya memiliki Q1 pada varian skuter matic. Motor skuter listrik ini menggunakan power 800 watt dengan kecepatan maksimal hingga 60 km/jam. (Mtb).

Motor Baru Viar 2019, Star NX Harga Rp9 Juta Pas, Apa Saja Fiturnya…??

Fitur dan Harga Viar Q1 2019: Jarak Tempuh Jadi Lebih Jauh

Viar Cross X 150 Spek dan Harga: Cuma Rp17,94 juta

4 pemikiran pada “Viar Star X 100, Sang Peniru yang Persis dengan Supra X 125”

  1. Semoga petinggi pt triagle bisa menyediakan motor matic vio R125 lagi dan motor bebek seperti dulu. Karena saya juga pake Vio R125

    Balas

Tinggalkan komentar