Perbedaan Velg Ban Tubles dengan Pelek Palang Biasa

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jika kita mau mengikuti anjuran yang sebenarnya, ternyata velg ban tubles tidaklah sama dengan pelek palang alias pelek racing biasa. Singkatnya, tidak semua pelek palang bisa di pasangi ban tubeless dengan baik.

Advertisement

Kalau hanya dipasang dan dipakai saja sih bisa Om… Tapi ada spesifikasi velg khusus ban tubeless yang berbeda… yang akan berpengaruh pada efektifitas pemakaian ban.

Ciri velg khusus ban tubeless biasanya ditandai dengan tulisan “For Tubeless“. Atau jika pun tidak, akan ada kode ‘MT‘ pada nomor kode velg. Misale kode: J14MCKMT2.15DOT . Di situ sebelum angka ‘2.15‘ ada huruf ‘MT‘. Iya huruf itulah yang menjadi kode bahwa velg tersebut dibuat untuk ban tubeless.

Terus apa pengaruhnya??

Jadi begini Om… Kita kan kadang suka dengar atau baca keluhan orang di media sosial yang katanya, “ban tubeless baru beli ko bocor halus??”

Nah ternyata masalahnya bukan pada ban yang baru. Terjadinya bocor karena velgnya kurang baik dan bukan di peruntukkan bagi ban tubeless.

Terus apakah velg palang yang bukan khusus tubeless lantas tidak boleh / tidak bisa dipasangi ban tubeless??

Tentu saja bisa dan boleh Om… Siapa yang melarang coba?? Mtb sendiri hingga saat ini pakai ban tubeless di velg palang standar pabrikan. Padahal dari pabriknya, motor Spacy Mtb menggunakan ban biasa (tube type).

Advertisement

Jadi maksud dari tulisan ini ialah jika sekarang Om Bro mau beli velg palang aftermarket untuk ban tubeless, sebaiknya pilihlah velg yang dibuat khusus untuk ban tubeless. Kalo motor Om Bro sedari pabriknya telah menggunakan velg palang sih Mtb kira ngga usah repot-repot ganti velg ya Om… Jadi malah ngga ekonomis… Meskipun jika awalnya dari pabrik, motor Om Bro menggunakan ban biasa, dan sekarang Om Bro hendak menggunakan ban tubeless…

Begitu menurut hemat Mtb… Kecuali jika dikemudian hari Om Bro mendapati adanya kendala penggunaan ban tubeless pada velg bawaan pabrik.

Sementara itu perlunya mengetahui perbedaan velg khusus ban tubeless ialah lantaran tidak semua pedagang velg aftermarket tahu akan perbedaan velg tersebut. (Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk (produsen IRC Tire), Dodiyanto – Kompas, 19/6/2019).

Jadi misale kebetulan Om Bro mendapati pedagang yang seperti itu, setidaknya Om Bro tidak akan membeli velg yang salah. Karena Om Bro sudah tahu perbedaannya. (Mtb – Perbedaan velg ban tubles dengan pelek palang biasa).

Kelebihan Ban Tubeless Motor Matic: 6 Tahun Tidak Bocor

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *