naik motor lewat trotoar

Undang undang Tentang Trotoar: Segini Ancaman Hukuman bagi Pemotor yang Melanggar

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Secara detail, Mtb ngga faham pisan akan undang undang tentang trotoar… Namun untuk sekedar ancaman bagi pemotor yang melanggar, Mtb punya informasi perkara sanksi alias hukuman yang mengancamnya.

Advertisement

Yup… Di kota-kota besar yang jalanannya macet, ada banyak pisan kasus penyalahgunaan trotoar yang pernah Mtb ciduk. Mulai dari digunakan oleh pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan, hingga digunakan untuk melintas oleh pemotor.

Betul Om… Fungsi trotoar yang seharusnya dan yang sebenarnya ialah untuk para pejalan kaki. Namun faktanya, banyak dari para pejalan kaki itu sendiri justru harus mengalah pada keberadaan pengguna jalan lain di trotoar.

Banyak dari para pengguna jalan lain yang sembarangan melanggar hak pejalan kaki,, seperti misale pengendara motor yang tidak sabar dengan kemacetan dan ingin cepat sampai tujuan. Padahal sanksi bagi para pelanggar tersebut sebenarnya tidaklah ringan.

Advertisement

naik motor lewat trotoar

Iya Om… Menurut Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 pasal 108 ayat 2 tentang Lalu lintas dan Angkutan jalan, pengemudi kendaraan bermotor di jalan wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. Jika mereka melanggar, maka hukumannya adalah sama dengan pelanggaran rambu lalu lintas, yaitu pasal 287 ayat 1, berupa ancaman denda makaimal Rp500.000 atau kurungan penjara maksimal 2 bulan.

Dasar hukum lainnya yang mengancam para pemotor yang melanggar trotoar adalah pasal 284 karena dianggap tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki. Ancaman hukumannya sama, yaitu kurungan maksimal 2 bulan atau denda maksimal Rp500.000. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *