Ukuran Maksimal Ban New Soul GT125 serta keuntungan dan kerugiannya

Motorisweb.com - Ukuran Maksimal Ban New Soul GT125. Beberapa bulan yang lalu saya pernah share perkara mengganti ban Honda Spacy dengan yang lebih besar. Nah, kali ini kita bahas mengenai ukuran maksimal untuk All New Yamaha Soul GT125.

Bahasan ini adalah petanyaan dari seseorang yang menamakan dirinya Dante, seorang FOM Manajer di Hotel Sakura, Cikarang. Pertanyaan masuk ke redaksi blog iwanbanaran.com beberapa hari yang lalu.

New Yamaha Soul GT125 merupakan generasi terbaru motor matic Yamaha yang merupakan pengembangan dari produk Mio Soul di masa lalu. Mengusung desain gambot dan kekar sejak generasi awalnya karena Soul series ditargetkan untuk kaum pria yang menginginkan motor jenis skuter matic namun tidak ingin tampil feminim.

Pada versi terbarunya, sekarang, New Soul GT125 tampil dengan desain yang lebih agresif dan lebih kekar.

ukuran maksimal ban new soul gt125

Meskipun penampilan Yamaha New Soul GT125 sudah cukup kekar,  namun kadang ada saja biker yang kurang puas dengan segala tampilan dan part-part standar pabrikan. Wajar sih... namanya juga manusia... kadang ada saja rasa "kurang" atas apa yang telah dimilikinya. Seperti saya sendiri yang tidak puas dengan ukuran ban standar pada unit Honda Spacy FI 2013 milik saya.

Tujuan dari segala modifikasi pada motor (baik modifikasi besar atau pun kecil), memiliki maksud yang berbeda-beda bagi setiap orang. Diantaranya adalah tujuan agar tampak lebih gagah atau pun lebih nyaman pada saat di kendarai.

KEUNTUNGAN UPGRADE UKURAN BAN
Plus minus pasti ada untuk setiap perubahan apa pun yang tidak sesuai dengan nilai dasarnya. Sebagai bahan pertimbangan, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu perkara keuntungan dan kerugian jika Anda mengganti ban standar dengan ukuran yang lebih besar. Berikut ini beberapa keuntungannya;
* Handling motor jadi lebih stabil pada kecepatan tinggi
* Meminimalisir goncangan saat motor melintasi jalanan rusak
* Tampilan motor jadi tampak lebih gagah dan kekar
* Ground clearance / jarak terendah ke tanah menjadi lebih tinggi sehingga tidak mudah "gasruk" di polisi tidur (terutama untuk motor skutik)

KERUGIAN UPGRADE UKURAN BAN
* Konsumsi BBM menjadi lebih boros karena beban perputaran roda lebih berat
* Kelincahan berkurang pada saat bermanuver
* Secara feeling, akselerasi lebih lambat karena gesekan pada bidang jalan menjadi lebih besar akibat tapak ban yang lebih lebar
* (meski tidak selalu terjadi, namun) dalam jangka panjang dapat menyebabkan bearing (laher) roda menjadi lebih cepat "koplak".

UKURAN MAKSIMAL BAN YAMAHA NEW SOUL GT125
Sebagai informasi, ukuran ban standar Yamaha All New Soul GT125 dari pabrikannya adalah 80/80 pada roda depan dan 100/70 pada roda belakang.

Sebenarnya ukuran tersebut sudah cukup lebar untuk ukuran motor matic. Tapi ya itu tadi... kalau sudah bicara perkara kepuasan, maka ceritanya akan menjadi lain.

Secara teknis, jika kita ingin menaikkan ukuran ban suatu motor, maka ukuran yang ideal adalah hanya satu tingkat diatasnya. Maksudnya adalah supaya handling motor tidak terlalu banyak penurunan secara akselerasi dan kelincahan. Selain hal itu, dengan menaikkan satu tingkat ukuran, maka secara tampilan tidak akan memberikan kesan terlalu mendonat jika Anda ingin tetap menggunakan velg standar pabrikan.

Nah, dengan demikian, jika ukuran standarnya adalah 80/80 (depan) dan 100/70 (belakang), maka Anda dapat menaikkannya menjadi 90/80 (depan) dan (110/70) belakang.

Namun demikian, jika pertanyaannya adalah "ukuran maksimal", maka Yamaha All New Soul GT125 dapat pula di jejali dengan ban ukuran 120/70 aka 2 level diatas ukuran standar. Tapi fokusnya hanya pada ban belakang saja lho ya...

Nah... permasalahannya adalah, ukuran ban 120/70 itu sangat jarang tersedia dipasaran, khususnya untuk ukuran diameter roda 14". Jadi, jika Anda kesulitan mendapatkan ban dengan ukuran tersebut, maka solusi terakhir adalah ukuran 120/80. Namun perlu perhatikan juga, bahwa referensi ukuran ban 120/80 diatas hanyalah untuk All New Soul GT125. Pasalnya, Soul GT generasi lama masih menggunakan ukuran velg yang lebih kecil, secara ukuran ban standarnya pun hanya 80/90.

Related Post

Modifikasi CBR150R Pakai Suspensi Upside Down dan ... Motorisblog.com - Modifikasi CBR150R. Mtb nyulik dari warungnya Kang Asep (warungasep.net). Asal mulanya Kang Asep dapat informasi dari situs web pemb...
Potong Elektroda Busi Buat Bikin Busi Racing, Apa ... Motorisweb.com - Bikin Busi Racing. Umumnya, para modifikatorlah yang suka memodifikasi motor dengan berbagai cara. Entah tampilan atau pun korek mesi...
Korek Harian untuk Mendongkrak Performa Mesin? Pah... Motorisblog.com - Korek Harian. Pernah dengar istilah "kohar"? Yaa... Kohar adalah ketua RT.009/006. Hahaha...!! Bukan Pak Kohar, Om Bro... Pak Kohar ...
Modifikasi X Ride Simple tapi Lumayan untuk Tourin... Motorisblog.com - Modifikasi X Ride simple. Om Bro...!! Sudah jadi sifat yang manusiawi ketika ada seseorang yang selalu merasa kurang puas akan apa y...
Modifikasi Kecil Honda Spacy Agar Tidak Mentok Pol... Motorisblog.com - Honda Spacy Agar Tidak Mentok Polisi Tidur. "Braakk...!!", suara dari kolong motor skutik saya saat melewati polisi tidur. Dulu sa...
Alternatif Kampas Kopling Honda CB150R Harga Murah... Motorisweb.com - Alternatif Kampas Kopling Honda CB150R. Om Bro... Kita semua tahu lah, makin mahal harga motor, maka makin mahal pula spare part dan ...
Yamaha Nmax Modif Police, boleh di tiru asalkan ti... Motorisweb.com - Nmax Modif Police. Terus terang, saya adalah orang yang kurang respect jika melihat seorang polisi. Tidak benci sih, tapi cuma kurang...
13 Poin Modifikasi Motor yang Tidak Melanggar Huku... Motorisblog.com - Modifikasi motor yang tidak melanggar hukum. Om Bro...!! Ancaman pidana 1 tahun penjara atau denda Rp24 juta tentunya terasa berat b...
Remote Control Motor Starter Karya Siswa SMK (Star... Motorisblog.com - Remote control motor starter. Om Bro...!! Sebenarnya putra-putra Indonesia ini pintar-pintar. Kalau kita ikuti berbagai pemberitaan ...
Foto: Honda CB100 Palsu Merajalela di Indonesia Motorisweb.com - Honda CB100 Palsu. Kata "palsu" pada judul diatas bukanlah dalam artian pemalsuan yang melanggar hukum. Tapi sebatas pada ketidak ses...

4 Thoughts to “Ukuran Maksimal Ban New Soul GT125 serta keuntungan dan kerugiannya”

  1. Mau kasih masukkan gan dulu ane coba pake 110/80-14 udah mentok gan… jadi untuk 120/80-14 pasti ga bisa.. kecuali sudah dimodifikasi.. kalo dalam keadaan standard tidak bisa..

  2. Makasih banyak atas masukannya, Om Bro. Jika demikian, berarti ketika kita tidak mendapatkan ukuran 120/70, maka ukuran maksimalnya 110/80.

    Sangat harus diperhatikan angka dibelakang slash (/), 70 atau 80.

    Semoga jadi pencerahan untuk bikers Soul GT yang lain.

  3. Ahmad Jaenudin

    Untuk ban depan ,upgrade ke 80/90-14 cocok Gk, ?soal y ukuran ban 90/80-14 agak susah kalo nyari merek tertentu, gmn mas bro?

    1. Sodik Hanifan

      Cocok, Om Bro. Itu artinya lebar ban tetap, hanya ketebalan (ketinggian) saja yang bertambah. Tapi itu secara teori. Pada prakteknya, tekanan beban dari bodi motor dan berat pengendara akan membuat tampilan ban menjadi “membulat”. Artinya, secara tampilan (terutama) saat dikendarai, ukuran 80/90 akan tampak sama dengan ukuran 90/80.

      Demikian. Semoga bermanfaar. Makasih udah singgah di blog sederhana ini.

Leave a Reply