Beranda » Modifikasi » Ukuran Maksimal Ban New Soul GT125 (Jika Diupgrade)

Ukuran Maksimal Ban New Soul GT125 (Jika Diupgrade)

Motorisblog.com – Om Bro! Sebelum ini Mtb sudah pernah share tentang modifikasi Spacy agar tidak mentok polisi tidur, yaitu dengan cara mengganti ukuran ban menjadi lebih besar. Nah. Kali ini Mtb bakal ajak Om Bro untuk membahas mengenai ukuran maksimal ban New Yamaha Soul GT125.

Bahasan ini muncul dari pertanyaan seseorang yang menamakan dirinya Dante, FOM Manager Hotel Sakura, Cikarang, kepada Lek Iwb (iwanbanaran.com) beberapa waktu lalu.

Tentang New Yamaha Soul GT125

New Yamaha Soul GT125 merupakan generasi baru motor matic Yamaha dari pengembangan produk Mio Soul pada masa lalu.

Body’nya mengusung desain gambot dan kekar sejak generasi awal, karena Soul series memang menarget kaum pria yang menginginkan motor skutik, namun tidak dengan tampilan feminim.

Pada versi 2017 lalu hingga sekarang, New Soul GT125 tampil dengan desain yang lebih agresif dan kekar.

Meskipun penampilan Yamaha New Soul GT125 sudah cukup kekar, namun kadang ada saja biker yang merasa kurang puas. Mereka ingin mengubah tampilan dari standar pabrikan menjadi lebih kekar lagi.

Wajar sih ya Om. Namanya juga manusia. Kadang ada saja rasa “kurang” atas apa yang telah ia miliki.

Seperti Mtb sendiri yang tidak puas dengan ukuran ban standar unit Honda Spacy FI 2013 milik Mtb.

Tujuan dari segala modifikasi pada motor (baik modifikasi besar atau pun kecil), memiliki maksud yang berbeda-beda bagi setiap orang. Salah satunya adalah tujuan untuk membuat tampilan motor menjadi lebih gagah.

Namun selain itu ada juga sebagian yang lain yang memodifikasi motornya agar lebih nyaman saat berkendara.

Keuntungan dan Kerugian Upgrade Ukuran Ban Motor

Plus minus pasti selalu ada untuk setiap perubahan apapun yang tidak sesuai dengan nilai dasar.

Sebagai bahan pertimbangan, ada baiknya jika Om Bro mengetahui terlebih dahulu perkara keuntungan dan kerugian jika mengganti ban standar dengan ukuran yang lebih besar.

Keuntungan Upgrade Ukuran Ban Motor
  1. Handling motor jadi lebih stabil pada kecepatan tinggi
  2. Meminimalisir goncangan pada saat motor melintasi jalanan rusak
  3. Tampilan motor jadi lebih gagah dan kekar
  4. Ground clearance / jarak terendah ke tanah jadi sedikit lebih tinggi sehingga tidak mudah “gasruk” ke polisi tidur (terutama untuk motor skutik)
Kerugian Upgrade Ukuran Ban Motor
  1. Konsumsi BBM jadi lebih boros karena beban perputaran roda bertambah berat
  2. Kelincahan berkurang pada saat bermanuver
  3. Secara feeling, akselerasi jadi lebih lambat karena gesekan pada bidang jalan menjadi lebih besar akibat tapak ban yang lebih lebar
  4. (Meski tidak selalu terjadi, namun) dalam jangka panjang berpotensi menyebabkan bearing (laher) roda menjadi lebih cepat koplak

Ukuran Maksimal Ban New Soul GT125

Sebagai informasi, ukuran ban standar Yamaha All New Soul GT125 dari pabrikannya adalah 80/80 pada roda depan; dan 100/70 pada roda belakang.

Sebenarnya ukuran tersebut sudah cukup lebar untuk ukuran motor matic. Tapi ya itu tadi, kalau sudah bicara perkara kepuasan, maka ceritanya akan jadi lain.

Secara teknis, jika kita ingin menaikkan ukuran ban suatu motor, maka ukuran yang ideal adalah hanya naik satu tingkat saja. Maksudnya adalah supaya handling motor jadi tidak terlalu banyak penurunan secara akselerasi dan kelincahan.

Selain itu dengan menaikkan satu tingkat ukuran, maka secara tampilan tidak akan memberikan kesan terlalu “mendonat” jika Om Bro ingin tetap menggunakan velg standar pabrikan.

Nah, dengan demikian, jika ukuran standarnya adalah 80/80 (depan) dan 100/70 (belakang), maka Om Bro dapat menaikkannya menjadi 90/80 (depan) dan (110/70) belakang.

Namun demikian, jika pertanyaannya adalah “ukuran maksimal”, maka Yamaha All New Soul GT125 dapat kita jejali dengan ban ukuran 120/70 alias 2 level lebih tinggi dari ukuran standar.

Tapi fokusnya hanya pada ban belakang saja ya Om.

Nah. Sekarang permasalahannya adalah: ukuran ban 120/70 itu jarang tersedia di pasaran, khususnya untuk diameter velg 14 inch. Jadi jika Om Bro kesulitan mendapatkan ban dengan ukuran tersebut, maka solusinya adalah ukuran 110/80. Karena jika menggunakan ukuran 120/80, kemungkinan akan mentok lantaran terlalu besar. (Mtb).

45 tanggapan pada “Ukuran Maksimal Ban New Soul GT125 (Jika Diupgrade)”

  1. Makasih banyak atas masukannya, Om Bro. Jika demikian, berarti ketika kita tidak mendapatkan ukuran 120/70, maka ukuran maksimalnya 110/80.

    Sangat harus diperhatikan angka dibelakang slash (/), 70 atau 80.

    Semoga jadi pencerahan untuk bikers Soul GT yang lain.

    1. Gw depan 100/70 belakang 120/70 jadinya motor kerasa berat banget kek Bawak motor nmax/PCX , buat akselerasi ya rada² ngendet, manuver zig zag juga susah soalnya ban dua²nya Napak banget diaspal jd kalo manuver ya minus deh, kek bawa motor Vixion or cb150r pas macet haha , trus kalo boncengan press banget uhh rasanya tu motor kek Hulk keker tapi pengen jerit wkwkwk btw gw pake standar semua ga ada yg diubah termasuk shock , rencana mau ganti shock X-Ride biar agak tinggi setinggi angan-angan mau nyaman tapi keren tapi ya absurb ,kalo pengen tau jajal aja sendiri agan2 hahaha

  2. Untuk ban depan ,upgrade ke 80/90-14 cocok Gk, ?soal y ukuran ban 90/80-14 agak susah kalo nyari merek tertentu, gmn mas bro?

    1. Cocok, Om Bro. Itu artinya lebar ban tetap, hanya ketebalan (ketinggian) saja yang bertambah. Tapi itu secara teori. Pada prakteknya, tekanan beban dari bodi motor dan berat pengendara akan membuat tampilan ban menjadi “membulat”. Artinya, secara tampilan (terutama) saat dikendarai, ukuran 80/90 akan tampak sama dengan ukuran 90/80.

      Demikian. Semoga bermanfaar. Makasih udah singgah di blog sederhana ini.

    1. Secara langsung pada New Soul GT125 saya belum pernah coba.

      Saya pernah coba pada Honda Spacy FI, hasilnya ketinggian motor jadi naik sekira 2 cm.

      Kalo ukuran itu di terapkan pada unit Soul GT, saya kira naiknya bisa lebih dari 2 cm.

      Secara ukuran ban masih aman dari mentok. Tapi coba pertimbangkan dengan ketinggian standar tengah. Khawatir nantinya terlalu tinggi. Kalo terlalu tinggi, resikonya standar utama jadi menggantung.

  3. Soul GT saya, ban belakangnya saya pasang 120/70
    Untuk ban depanya cocok nya ukuran brapa ya gan?
    Dan setelah di perbesar ban blakang, standar tengah menjadi tdk berfungsi karena rata lantai dengan ban. Gimana solusinya gan? Trima kasih 🙂

    1. Oh iya, Om Bro. Bagian ini yang agak luput dari bahasan, bahwa ada kecenderungan standar utama motor-motor Yamaha lebih pendek dibanding motor Honda. Saya juga dulu pernah mengalaminya saat mengupgrade ukuran ban Yamaha New Vega R saya.

      Ada pilihan untuk menyambung bagian dasar standar menggunakan plat besi sekira ketinggiannya mencukupi (2-3 cm).

      Teman saya (dulu pada kasus Vega R saya) pernah menyarankan untuk mengganti standar tengah dengan punya motor lain, tapi saya lupa saat itu rekomendasinya punya motor apa.

      Saya sendiri tidak memilih salah satu dari kedua opsi diatas. Saya hanya menggunakan sebilah papan kayu pendek untuk menopang motor saat parkir dirumah. Sementara untuk diluar rumah, saya selalu hanya menggunakan standar samping saja.

      Untuk upgrade ukuran ban depan, saran dari saya cukup naik satu level saja. Jadi, jika ukuran standarnya 70/90, maka cukup naik menjadi 80/90 saja.

      Jika tidak mendapati ukuran 80/90, bisa menggunakan ukuran 90/80.

      Jangan terlalu besar naiknya, dikhawatirkan akan berpengaruh pada handling jadi kurang lincah (berat). Selain itu, jika terlalu besar, cengkraman pelek pada ban juga menjadi kurang kuat (kurang presisi).

  4. Kalo pasang yg belakang 100/80 berarti masih aman bro? Gak mentok?
    Dan klo pasang belakang 110/80 apa msih bisa tuh jari kita msuk buat ngebersihin box filter? Mhon dijawab bro. Trm ksih.

    1. 100/80 masih aman. 110/80 secara putaran roda aman. Ngga mentok. Tapi buat bersihin pas nyuci motor rada susah.

      1. Kalau all new soul gt125, depan 90/80 atau 80/90 atau 80/80 jika ban belakangnya 90/90? Mohon bantuannya..

      2. Whatsapp:089647142260

        Mohon bantuan nya untuk pemilihan ban beserta merk dan ukuran nya. Saya lagi nyari ban yang cocok buat cornering,basah enak kering enak, ketika terkena jalan yang buruk tidak terlalu berasa. Kira kira gmana ya om…? Mohon sebutkan detail merk, harga juga ukuran ban depan dan belakang nya om. Hatur nuhun. *rusuh banget butuh info sekarang² om

      3. New Soul GT125
        Ukuran ban dpn 80/80-14
        Ban Belakang 100/80-14
        Ban dpn upgrade ke 80/90-14
        Cocok gx ych om?

      4. Soul gt 125 ban belakang 100/90 idealnya ban depan berapa? Dan bagaiman car perhitungan ideal ban depan dan belakang agar bisa perfom,makasi

        1. Kalo belakang 100/90, depan ideal dengan 90/90.

          Perhitungannya saya cuma pake prinsep sederhana dari kebiasaan pabrikan, yaitu bahwa ban belakang lebih besar satu level dibanding ban depan.

          Ngga harus dan ngga selalu begitu sih, tapi mayoritas begitu.

      5. Maaf mau tnya gan kalau mau upgrade:
        Depan 90/80 atau 80/90

        Belakang 100/80 atau 110/80

        Mohon diberikan pencerahan antara penggabungan ukuran depan dan belakng yg cocok supaya antara stang dan jok nyaman posisinya..

      6. Apakah mio soul gt 125 blue core bisa mengunakan ban evo ukuran belakang 100-80 / 14 dan depan 90 – 80 / 14 …????

      7. om kalo gasalah angka di belakang utk nunjukin ketebalannya ya? jd ukuran 90 lbh tinggi dr 80?
        nah saya pengen depan lebih tinggi dengan kombinasi dpn 90/90 blkng 110/80 gmn mnrt om? apa ada kemungkinan mentok di ruang roda atau ada kendala lain? tks

      8. bg bawaan soul gt 2015 depan 80/80-14 belakang 90/90-14, di upgrade bgs nya gmna? apa biarin tetep segitu?

        1. Kombinasi itu udah bagus Om. Tapi kalo Om Bro mau upgrade, boleh pake 100/80 (depan) dan 110/80 belakang.

      9. Saya pakai ban belakang 110/80, itu bannya mentok ke saringannya. Brrti ga cocok ya? Hampir gesek saringannya malah

      10. Saya pengguna soul gt125
        Dari awal beli motor sudah di ganti bannya dengan ukuran depan 90/80-14 dan belakang 120/70-14 (catatan untuk yg ingin pakai ukuran 120 lebih baik menggunakan produk f*r sport xr karna masih ada jarak ke box filter dan shock. Kalo yg pake ma**is jarak lebih mepet)
        Share pengalaman aja

      11. Gan kalo motor belakang tubless 100/70 .
        Depan 80/80 ..
        Mau di upgrade yg depan cocok nya berapa ya gan ?
        90/80 ..masih aman gak gan ?

        1. Kembali ke selera Om. Kalo kegedean sih ngga. Malah kalo menurut saya yang suka ban besar, ukuran itu ideal banget. Tapi kalo bagi orang yang ngga suka ban besar ya ukuran itu bakal dia katakan terlalu tebal.

      12. Ban dpn msh pake standar 80/80. Blkg pake 100/80. Rncana ban blkg mau sy turunin pake 90/80 sj spy tarikan lbh enteng krn susah cari bawaan pabrik 100/70. Apa ada mslh utk kondisi motor kl sy downgrade ukurannya, stlh motor terbiasa pake 100/80?

        1. Sy kira sih ngga ada masalah Om. Hasil akhir dari ukuran 90/80 tidak akan jauh berbeda dengan 100/70.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *