TVS Apache RR 310, CC Besar, Kualitas Badak, Harga Muraaahhh…!!

Motorisweb.com – Om Bro…! Jika sekarang kita harus merogoh kocek hingga Rp70 jutaan demi menebus Kawasaki Ninja 250 FI, Honda CBR250RR atau pun Yamaha YZF R25, tidak demikian dengan TVS. Bahkan untuk kapasitas mesin yang lebih besar hingga 313 cc, Apache RR 310 hanya dibanderol Rp46 jeti doangan, Om Bro! Uwow kan?

Ya… Itu kan produk Paman Takur, Mas… Tentu beda kualitas sama produk Samurai!

Betul memang produk India, tapi Om Bro jangan remehkan kualitasnya. Apache RR 310 itu bermesin BMW, Om Bro… Asli beneran BMW. Lagi pula, TVS-nya itu sendiri juga punya standar kualitas yang sangat mumpuni. TVS itu warisan Suzuki lho, Om Bro. Tidak kalah dari Hero Motor yang juga warisan Honda.

Nah, info terbarunya, baru-baru ini TVS secara resmi baru saja meluncurkan Apache RR 310 di Chennai, India. Motor tersebut menggunakan mesin yang sama dengan BMW G310R, bahkan dirakit dipabrik yang sama pula. Dengan kata lain, Apache RR 310 adalah suatu kolaborasi antara TVS dan BMW atas kontrak kerja sama yang mereka sepakati beberapa tahun lalu.

tvs apache rr310

Perkara harga, Apache RR 310 dibanderol 205 ribu rupee, atau sekira Rp43 jutaan. Tuuuhhh…! Jauh banget sama spot fairing 250cc yang beredar di Indonesia.

Kenapa bisa begitu? Jelas Mtw tidak tahu jawabannya. Yang pasti hubungannya dengan regulasi pemerintah India yang berbeda dengan Indonesia. Efeknya pada harga jual motor yang selisih jauh.

Mtw sudah pernah cerita sekilas di blog ini, tapi lupa entah diartikel yang mana… Ceritanya, Mtw pernah bertanya pada salah seorang teman yang berkebangsaan India. Menurutnya, harga motor sport 150 cc di India pada beberapa tahun lalu hanya sekian rupee yang jika dikonversi menurut kurs rupiah saat itu hanya berada dikisaran Rp10 jutaan. Luar biasa, kan? Padahal Honda Mega Pro dan Yamaha Byson di Indonesia saat baru muncul saja sudah mendekati Rp20 jutaan.

Tapi… Harga BBM setingkat premium di India saat itu mencapai Rp14000, padahal di Indonesia hanya Rp4500. Haaaaaaah…?????

Nah, dengan contoh tersebut, Mtw kira wajar jika sekarang TVS Apache RR 310 hanya dibanderol Rp46 jutaan rupiah saja.

Pengujian TVS Apache RR 310

Om Bro masih ingat pengujian skutik TVS Dazz? Dia disemprot air garam dan digetarkan dengan vibrator sampai berhari-hari untuk memastikan daya tahan motor. Ketahanan rangka dan kekencagan mur/baut.

Lalu bagaimana dengan Apache RR 310? Justru lebih ekstrim…

TVS memang sudah lama terkenal dengan standar ujinya yang berat. Bagaimana tidak… Motor diangkat beberapa meter, kemudian dijatuhkan. Tujuannya untuk menguji kekuatan suspensi dan rangka motor serta memastikan bahwa tidak ada bagian yang terlepas saat motor terjatuh atau pun terbentur.

Selain itu pengujian juga tentunya dilakukan dengan beberapa tahap yang lain.

Mtw pernah berdebat ringan dengan teman kerja saat membahas cara-cara pengetesan motor TVS. Menurutnya, yang diuji itu kan hanya sample, belum tentu pada produksi masalnya. Mtw jawab…

…iya memang, pengujian biasanya hanya merupakan sample. Tapi setelah itu kan produksi masalnya menggunakan formula dari hasil uji. Jadi, meski hasilnya tidak persis, tapi pastinya tidak akan jauh berbeda dengan sample tersebut. Iya tho…?

Pilihan warna TVS Apache RR 310

Menurut informasi dari viva.co.id, TVS Apache RR 310 tersedia dalam dua pilihan warna, yakni merah dan hitam.

Spesifikasi TVS Apache RR 310

* Panjang x lebar x tinggi
200,1 x 78,6 x 113,5 cm

* Jarak terendah ke tanah
18 cm

* Berat kendaraan
169,5 kg

* Jumlah / kapasitas silinder
Tunggal, 313 cc

* Sistem Transmisi
Manual, 6 percepatan

* Power maksimum
34 DK

* Torsi maksimum
28 Nm

* Kapasitas Tangki bahan bakar
11 liter

* Ban depan
Michelin Pilot, 110/70-17

* Ban belakang
Michelin Pilot, 150/60

* Akselerasi
2,9 detik/100 kmpj

* Top speed
160 km/jam

* Suspensi depan
Kayaba, upside-down

* Suspensi belakang
monoshock.l

* Sistem Pengereman
Bybre, anti-lock braking (ABS)

TVS Apache RR 310, Spesifikasi, Harga, Pilihan Warna dan Test Produksi. (Mtw)
Sumber: viva.co.id

2 tanggapan untuk “TVS Apache RR 310, CC Besar, Kualitas Badak, Harga Muraaahhh…!!

  • 27 Agustus 2018 pada 09:23
    Permalink

    Gampang mas, mereka bilang yg diuji kan motor sample, jadi sudah dipersiapkan, tanya balik aja.. emang pabrikan jepang berani jatuhin motor sample buat test ketahanan ?? pasti mingkem..

    Balas
    • 27 Agustus 2018 pada 09:33
      Permalink

      Wkwkwk…!! Iya, Om Bro…

      Balas

Tinggalkan Komentar