Toyota Glanza, Kembaran Suzuki Baleno yang Lahir di India… Ini Harganya…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Sebelum nama Toyota Glanza muncul, banyak orang yang memberikan sebutan sementara pada unit mobil ini. Rata-rata orang menyebutnya sebagai Toyota Baleno 2019 atau pun Toyota Baleno India.

Yup… Seperti kisah Nissan di Indonesia saat dalam proses pembangunan New Livina dari basis Mitsubishi Xpander. Kala itu sampai muncul sebutan Nissan ‘Lavender’… Yaitu plesetan dari gabungan nama ‘Livina’ dan ‘Xpander’.

Betul Om… Seperti kerjasama Toyota-Daihatsu dan Mitsubishi-Nissan di Indonesia, di India sana ada kerjasama Toyota-Suzuki. Mereka membangun proyek mobil kembar model hatchback yang diambil dari basis Suzuki Baleno.

toyota glanza 2019 india

Yup… Diciduk dari Indianautosblog, baru-baru ini Toyota Kirloskar Motor (TKM) telah merilis Toyota Glanza dari adaptasi Suzuki Baleno hatchback. Hasil kolaborasi yang baru pertama kali dilakukan oleh kedua brand asal Jepang itu…

Secara tampilan eksterior, kedua mobil ini tampak sama persis. Baik dari rupa, atau pun dimensinya. Termasuk juga dalam hal lampu depan LED yang telah dilengkapi lampu otomatis Daytime Running Light (DRL), lampu kabut model bundar, roda alloy diamond cut 16 inch, serta lampu belakang LED.

Tapi pun begitu, seperti umumnya mobil kembar dari kolaborasi brand lain, Toyota Glanza pun tidak 100% sama persis dengan Suzuki Baleno. Di antara mereka ada beberapa detail yang membedakan. Misale saja grille depan krom 3D dua garisnya, dimana Toyota Glanza merupakan replika dari model Suzuki Baleno tipe Zeta dan Alpha. Sementara Baleno itu sendiri tersedia dalam 4 pilihan tipe.

Iya Om… TKM hanya merilis dua tipe Glanza saja, yaitu tipe G dan tipe V. Sementara Baleno punya 4 tipe, yaitu Sigma, Delta, Zeta, dan Alpha.

Selain itu, sistem hiburan yang semula bernama ‘Baleno SmartPlay Studio’ pun diganti dengan nama ‘Smart Playcast’ pada Glanza.

Selain perbedaan tersebut, area kabin dan dashboard Glanza relatif sama dengan Baleno. Misale saja dalam hal panel instrumen, konsol tengah, dasbor, roda kemudi, konsol lantai, lapisan kulit, hingga desainnya semua sama. Kecuali tentu beda logo ‘Toyota’ dan logo ‘Suzuki’ yang tercetak dibeberapa bagian.

Toyota Glanza Harga (Harga Toyota Glanza 2019)

Perkara harga, lagu Glanza vs Baleno dapat dikatakan sama dengan join Toyota-Daihatsu di Indonesia. Yaitu bahwa Toyota cenderung lebih mahal. Tengok saja banderol Avanza, Rush, Calya, Agya… Mereka lebih mahal dari Xenia, Terios, Sigra, dan Ayla.

Begitu pun dengan kolaborasi Toyota-Suzuki di India…

Maruti Baleno (Suzuki Baleno) disana dibanderol mulai dari 550.000 hingga 873.000 Rupee (Rp114-179 jutaan), sementara Toyota Glanza dimulai dari 721.000 hingga 890.000 Rupee (Rp148-183 jutaan).

Toyota Glanza tersedia dalam lima varian warna, yaitu:
1. Cafe White
2. Sportin Red
3. Insta Blue
4. Gaming Grey
5. Enticing Silver

Sedangkan Maruti Baleno punya enam warna, yaitu:
1. Nexa Blue
2. Premium Silver
3. Phoenix Red
4. Magma Grey
5. Arctic White
6. Fire Red

Toyota Glanza juga mengusung banyak fitur modern, diantaranya:

. Kaca film UV
. Velg 16 inch kontrol iklim otomatis
. Sistem hiburan layar sentuh 7 inch dengan Apple CarPlay, Android, dan navigasi berbasis smartphone
. Dual airbag
. Anti-lock Breaking System (ABS) dengan EBD & BA
. Tempat duduk anak berstandar ISOFIX
. Sensor parkir mundur
. Kamera parkir mundur
. Sistem pengingat kecepatan

Pilihan mesinnya ada dua macam dari basis BS-VI 1.2L 4-silinder 5-speed/CVT.

Pertama ialah mesin konvensional dengan power maksimum sebesar 61 kW (82,9 PS) dan torsi maksimum 113 Nm. Konsumsi bahan bakarnya sekira 21,01 km/liter (tipe manual) dan 19,56 km/liter (tipe CVT).

Sementara pilihan mesin yang kedua telah berteknologi mild hybrid. Power maksimumnya 66 kW (89,7 PS), dan torsi maksimumnya ialah 113 Nm. Dengan teknologi ini, konsumsi bahan bakarnya di klaim mampu mencapai 23,87 km/liter. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: