Toyota C-HR Indonesia Tengah Dalam Persiapan versi Hybrid

Motorisblog.com – Om Bro…!! Setelah rilis di Thailand dan beberapa negara lain, kini Toyota CH-R Indonesia versi hybrid tengah dalam masa-masa “mengintip” minat pasar Indonesia. Menariknya, saat ini unit crossover kelas mewah tersebut telah terdaftar disitus kementrian dalam negeri. Jadi tampak bahwa Toyota memang benar-benar akan merilisnya di Indonesia.

Toyota CHR terbaru mulai dibawa ke pasar Indonesia pada April 2018 lalu dengan cara import utuh alias CBU dari Thailand. Dan kini, Toyota C-HR 2019 sedang dalam persiapan untuk rilis versi mesin campuran antara mesin bakar dan mesin listriknya alias versi hybrid, untuk segera rilis di tanah air.

PT Toyota Astra Motor mengaku tertarik merilis C-HR Hybrid lantaran regulasi mobil listrik di Indonesia yang telah dijadwalkan untuk bisa rampung di tahun 2019 ini.

Sejak awal kemunculannya di bumi pertiwi, C-HR telah diposisikan untuk menempati kelas crossover mewah oleh PT TAM. Dia memiliki ukuran bodi kompak dengan mesin berkapasitas 1,8 liter.

Toyota C-HR harga Indonesia dipatok dikisaran Rp488 juta hingga Rp490 juta dengan hanya satu varian mesin.

Bicara perkara penjualan, data Gaikindo mencatat angka yang tidak begitu menggembirakan bagi C-HR. Namun memang kita harus kembalikan pada kodratnya Om… dimana C-HR bukanlah volume maker selaiknya Rush dan Fortuner.

C-HR lebih menyasar segemen khusus yang memiliki selera berbeda dan cenderung selektif dalam memilih mobil. …serupa dengan segmentasi Toyota Land Cruiser.

Nah, selanjutnya seperti yang telah Mtb singgung diatas, saat ini Toyota CHR 2019 Indonesia tengah serius mempelajari waktu dan spesifikasi yang tepat untuk rilis versi hybridnya. Dan menariknya, saat ini Toyota CHR 2019 harga versi hybridnya telah terdaftar di situs Kementrian Dalam Negeri dengan NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) senominal Rp429 juta. Sedangkan untuk versi mesin bensinnya ialah senilai Rp359 juta. (Viva, 11/1/2019). Iya tentu kedua harga tersebut sebelum terkena bea pajak dan lain-lain.

Sebagai contoh, Om Bro bisa lihat harga C-HR versi mesin konvensional yang sudah Mtb tuliskan di atas tadi, yaitu senominal Rp488-Rp490 juta. Padahal NJKBnya hanya Rp359 juta. So… dapat diperkirakan C-HR Hybrid nantinya bakal punya banderol OTR (on the road) diatas Rp500 juta.

Perkara C-HR Hybrid di Indonesia, sebenarnya Toyota sudah pernah memperkenalkannya pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 lalu. Disana diketahui mesin yang digunakannya ialah kombinasi mesin bakar berkapasitas 1,8 liter dengan teknologi Toyota Hybrid System II.

Kemudian jika kita kembali membahas tentang angka penjualan, maka seperti yang sudah Mtb sebutkan di atas bahwa C-HR bukanlah volume maker. Terlihat dari data yang berhasil Mtb ciduk, sejak awal penjualannya hingga November 2018, C-HR hanya mampu mengantongi angka 436 unit penjualan, …yang artinya secara rata-rata hanya 50-an unit perbulan.

Perkara performa, C-HR punya power maksimum sebesar 141 PS, dan torsi puncaknya sebesar 17,4 kg.m, …dengan penggerak roda depan dari transmisi CVT 7-speed.

Pamungkasnya… Saat ini beberapa unit C-HR Hybrid telah tersedia dibeberapa dealer. Jadi Om Bro tinggal tunggu saja tanggal mainnya. (Mtb – Toyota C-HR Indonesia).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: