Tools / Perlengkapan Touring yang Wajib Dibawa Jika Riding Jarak Jauh

Advertisement

Motorisblog.com – Perlengkapan touring yang wajib dibawa – Om Bro…!! Dalam perjalanan motor jarak jauh semisal liburan atau pun mudik, perlu kiranya kita mempersiapkan tools (kunci-kunci) sebagai langkah pencegahan terhadap kemungkinan kendala dalam perjalanan. Yup… Meminjam istilah “sedia payung sebelum hujan”, disini dapat kita maknai sebagai, “sedia tools sebelum mogok”.

Advertisement

Om Bro…!! Jangan kira karena sebegini gantengnya (wkwkwkwk…!!) trus Mtb dianggap tidak pernah touring. Iya memang kalau judulnya “touring”, sepertinya Mtb belum pernah jauh. Tapi kalau judulnya “mudik” dengan jarak di atas 300 km, walah… sudah belasan kali Om… meskipun ridingnya hanya pakai motor bebek dan skutik kecil, belum pernah pakai motor yang benar-benar tipe touring.

Tapi pun begitu, Mtb anggap perjalanan mudik panjang seperti itu kira-kira sama dengan touring jauh, dalam hal persiapan, perlengkapan dan perjalananannya.

Nah, dari apa yang sudah Mtb jalani, demi mendukung kelancaran dan keamanan kita dalam perjalanan, ada beberapa tools yang Mtb anggap layak disebut sebagai perlengkapan touring yang wajib dibawa.

Kenapa wajib…??

Karena jika Om Bro tidak membawanya, bisa jadi dalam perjalanan Om Bro harus kerepotan oleh kendala motor yang seharusnya hanya menjadi masalah kecil jika Om Bro membawa peralatan (kunci-kunci) yang dibutuhkan.

Sebenarnya Mtb sendiri selama ini malahan tidak pernah menggunakan tools perlengkapan touring motor jarak jauh yang selalu Mtb bawa. Artinya memang selama ini Mtb tidak mengalami kendala dalam perjalanan. Tapi bukan berarti tools yang Mtb bawa lantas jadi sia-sia… …karena pada suatu ketika, tools tersebut bermanfaat untuk menolong orang lain yang tengah mengalami masalah dengan motornya.

Nah, tetap bermanfaat Om… tidak mubadzir. Lagi pula judulnya kan langkah pencegahan… Jadi memang tidak selalu terjadi. Tapi kalau pas terjadi kendala dan ketika itu Om Bro tidak membawa tools, sedangkan dilokasi sekitar tidak ada bengkel, walaah… nangis Om… apa lagi kalau solo touring dan waktunya malam hari. Wah, nangis lahir batin Om…

Dan jika pun ada bengkel, di musim liburan atawa musim mudik kadang ada saja oknum-oknum bengkel yang mengambil kesempatan dalam kesempitan, …dengan cara menggetok harga jadi amat mahal.

Iya Om… Sering terjadi yang seperti itu…

Nah, karena itu, maka amat disarankan untuk membawa tools standar. Jadi ketika (misalnya) terjadi kendala pada motor, yang masalah-masalah kecil saja mah bisa kita atasi sendiri. Minimalnya sebagai pertolongan pertama lah yaa…

So… Berikut ini tools yang sebaiknya Om Bro bawa saat touring,

kunci tools touring motor

Tang
Tang amat dibutuhkan untuk memegang/menahan mur/baut yang sedang dikencangkan, menjadi alat bantu untuk memegang bagian-bagian mesin saat suhu mesin panas, juga berguna untuk memotong/mengupas kabel, membuka baut yang aus, menjepit klem, dan lain-lain.

Advertisement

Obeng
Fungsi obeng sih sudah jelas ya Om… yakni untuk mengecangkan dan melonggarkan baut. Nah, dalam perjalanan touring, sebaiknya pilih obeng yang punya ujung mata plus (+) dan minus (-) sekaligus. Jadi lebih praktis dan hemat tempat penyimpanan.

Kunci ‘L’
Motor-motor jaman now, sebagian bautnya menggunakan kunci L di beberapa bagian. Maka kunci L jadi penting untuk Om Bro bawa.

Namun pastikan bahwa ukuran kunci yang Om Bro bawa sudah sesuai dengan baut-baut pada motor Om Bro sekalian. Juga pastikan bahwa motor Om Bro memang membutuhkan kunci L, karena tidak semua motor menggunakan baut L. Jangan sampai nanti Om Bro sudah bawa, eehh, ternyata motornya sendiri tidak menggunakan baut L. Kan jadi mubadzir. Cuma menuhin tempat aja…

Kunci Pas
Standar yang amat diperlukan ialah kunci pas berukuran 8 mm, 10 mm, 12 mm dan 14 mm. Gunanya untuk membuka/mengencangkan baut aki, mur spion dan lain-lain. Selain itu, lebih aman lagi ditambah ukuran 17 mm dan 21 mm. Barangkali nanti Om Bro membutuhkannya untuk mengencangkan mur poros roda, mengencangkan rantai, dan lain-lain.

Kunci Busi dan Busi Cadangan
Mtb sendiri sih tidak pernah dengan sengaja menyiapkan busi cadangan. Tapi Mtb punya kebiasaan mengganti busi secara rutin pada interval 10.000 km jarak tempuh (sekira 6 bulan – 8 bulan pemakaian). Nah, karena Mtb mengganti busi sebelum busi lama mati, maka busi lamanya itu sendiri Mtb simpan di bagasi motor sebagai cadangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam perjalanan.

Chain Lube
Pada cuaca panas atau pun hujan, dalam perjalanan jauh rantai motor akan mudah kering dan berisik. Nah, supaya rantai tetap awet dan tidak cepat aus, sebaiknya Om Bro jaga pelumasannya.

Pisau Lipat Multifungsi
Pisau lipat bisa menjadi pendukung tool kit untuk menjangkau bagian-bagian kecil yang sulit dijangkau dengan tools lainnya. Namun harus dipastikan Om Bro memilih pisau lipat yang sesuai kebutuhan dan bermutu bagus.

Pastikan juga yang Om Bro bawa ialah pisau lipat yang fungsinya sebagai tools, misalnya dari merk Tekiro atau pun merk lainnya. Jangan sampai salah,… bahayanya Om Bro bisa dicurigai oleh polisi jika ada razia kendaraan bermotor. Om Bro bisa di anggap penjahat/penodong jika sembarangan membawa pisau lipat.

Iya jarang sih… umumnya polisi hanya memeriksa SIM & STNK saja. Tapi sebaiknya ya kita tetap menjaga, jangan sampai kita dicurigai seperti itu gegara salah bawa pisau. (Mtb – Perlengkapan touring yang wajib dibawa).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *