Tips Ujian Praktek SIM C Biar Cepat Lulus

Motorisblog.com – Om Bro…!! Banyak orang yang gagal ujian praktek SIM C,, utamanya saat di lintasan angka 8. Betul Om… Begitu yang dulu Mtb lihat di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat pada 11 tahun yang lalu… So,, kali ini Mtb bakal share tips ujian praktek SIM C supaya Om Bro bisa cepat lulus…

Yup… Untuk dapat mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya secara sah, kita harus memiliki Surat Izin Mengemudi alias SIM. Namun untuk memiliki SIM, kita harus melewati serangkaian tes yang kadang tidak mudah bagi sebagian orang. Mulai dari test kesehatan, ujian teori dan ujian praktek.

Untuk ujian praktek SIM C, Mtb punya sedikit pengalaman yang bakal Mtb share kali ini… Iya meskipun Mtb sendiri, dulu, ngga langsung sekali lulus sih ya Om…

ujian praktek sim c

Syarat Perpanjangan SIM Online

Tips Ujian Praktek SIM C Biar Cepat Lulus

Kunci utama dari ujian praktik SIM C adalah konsentrasi, kelenturan dan keseimbangan badan di atas motor. Betul Om… Ada 3 materi uji praktek SIM C yang sangat bergantung pada konsentrasi dan keluwesan, yaktu lintasan zig-zag, lintasan angka 8 dan lintasan leter U alias U-turn alias gerakan memutar balik.

Nah, untuk dapat melalui ketiga rintangan tersebut, bahu dan badan harus luwes, bukaan gas jangan terlalu besar dan jaga gas-nya agar tetap stabil dan seimbang.

Ujian Praktek SIM C Menggunakan Motor Bebek dan Motor Matic

Jika Om/Sist menjalani ujian menggunakan motor bebek, gunakan gigi-2 agar kecepatan bisa stabil dan akselerasinya terkendali. Jangan gunakan gigi-1 meskipun kecepatannya lambat, juga jangan gunakan gigi-3 atau gigi-4 meski Om/Sist melaju agak cepat.

Karena apa??

Karena gigi-1 terlalu agresif… Terlalu menyendal pada bukaan dan tutup gas, sehingga berpotensi mengganggu keseimbangan. Sementara gigi-3 dan gigi-4 terlalu berat pada akselerasi awal… Yang artinya dapat mengganggu keseimbangan juga.

Pertahankan putaran gas supaya stabil, utamakan penggunaan rem dibanding buka-tutup gas saat melintasi rintangan.

Itu cara Mtb, dulu, pake motor bebek. Sementara jika misale Om/Sist ujian praktek SIM C pake motor matic, seharusnya sih bisa lebih mudah. Soale selama 6 tahun terakhir ini Mtb pakai motor matic, dan Mtb merasa cara pengoperasian motor bebek jauh lebih mudah dibanding motor manual.

Iya Om… Tarikan gas motor matic lebih mudah distabilkan ketimbang motor manual. Jadi lebih mudah diseimbangkan pula dengan penggunaan rem.

Lintasan Paling Sulit dan Tehnik Melaluinya

Om Bro…!! Biasanya rute angka 8 menjadi momok pada sesi ujian praktek SIM C. Sebagian besar peserta gugur di lintasan ini…

Untuk dapat melewati lintasan angka 8, butuh keluwesan tubuh yang digabungkan dengan tehnik counter steering.

Tehnik counter steering adalah posisi duduk di sisi kiri ketika berbelok ke kanan dan posisi duduk di sisi kanan ketika berbelok ke kiri. Jadi tidak seperti pembalap yang posisi duduknya bergeser searah dengan arah beloknya… Karena ini kecepatan rendah dengan radius rintangan pendek. Jadi tidak bisa di samakan dengan tehnik balapan.

Demikian juga saat melalui lintasan zig zag, gunakan pula tehnik counter steering.

Intinya,, jangan membuka gas terlalu kencang. Cukup pelan saja asalkan stabil dan seimbang. (Mtb).

Satu tanggapan untuk “Tips Ujian Praktek SIM C Biar Cepat Lulus

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: