Tips Touring Motor, Edisi Persiapan Sebelum Berangkat

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jangan anggap sepele tips touring motor dalam hal persiapan sebelum berangkat, …karena kurang matangnya persiapan bisa mengganggu keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Advertisement

Mtb sih belum punya cerita pengalaman touring motor rame-rame selayaknya konvoi komunitas bikers, …tapi Mtb sudah sering touring motor sendirian yang sebenarnya lebih tepat disebut “mudik”. Yup, apa pun itu, judulnya tetap sama-sama perjalanan panjang.

…dan apa pun itu, entah touring atau pun mudik, …entah sendirian atau pun konvoi, pada dasarnya persiapannya sama. Begitu menurut apa yang Mtb alami sekaligus juga menurut hasil sharing dengan teman yang telah terbiasa touring bareng komunitas.

Apa saja persiapannya??

Yang jelas kelengkapan, baik kelengkapan rider atau pun boncenger (jika berboncengan).

Yo wisss… ayo kita cekidot…touring

Jaket
Kelengkapan yang musti Om Bro siapkan dimulai dari jaket yang tebal dan menutupi tubuh dengan baik sampai leher, pergelangan tangan, dan pinggul. Akan lebih baik lagi jika jaket berwarna terang (atau dapat memantulkan cahaya) serta dilengkapi dengan protektor.

Helm
Sudah pasti. Entah mau touring atau pun perjalanan jarak dekat, helm tetap harus ada. Dan pastikan helm Om Bro memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), dan ukurannya sesuai dengan kepala Om Bro sekalian.

Kenapa ukurannya harus pas??

Karena jika tidak pas, maka perlindungan pun tidak maksimal, dan Om Bro akan merasa tidak nyaman sehingga dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Pastikan tali pengikat dagu dan penguncinya terpasang dan ada dalam kondisi baik.

Sepatu
Gunakan sepatu yang melindungi hingga mata kaki. Lebih baik lagi gunakan sepatu touring karena umumnya sepatu touring punya bahan yang lebih kuat, tahan air serta nyaman.

Dan yang terpenting, sepatu touring punya pelindung mata kaki (ankle), pelindung tulang kering (bone shine) dan pelindung jari-jari kaki (toe slider).

Pakaian Ganti dan Alas Kaki
Bawalah pakaian ganti, karena pada perjalanan jauh, Om Bro pastinya akan berkeringat dan pakaian yang di pakai saat berangkat pasti bakalan kotor. Jika tidak ganti pakaian setelah seharian, jelas Om Bro bakalan merasa ngga nyaman.

Advertisement

Jika perjalanan touring Om Bro bakal bermalam, maka sebaiknya bawa sandal juga., …karena tidak mungkin Om Bro akan mengenakan sepatu siang-malam selama berhari-hari.

Jas Hujan
Kecuali pada musim kemarau panjang, jas hujan menjadi perangkat wajib yang harus Om Bro bawa ketika hendak touring.

Gunakan jas hujan model baju-celana dan yang berwarna terang.

Jika dalam perjalanan turun hujan yang terlampau deras, sebaiknya berhenti meneduh hingga hujan reda, atau minimal agak reda.

Ketika hujan, maka jalanan licin dan pengereman bisa jadi tidak optimal. Selain itu, hujan deras juga membawa bahaya lain, misale pohon tumbang, dan sebagainya.

Obat-obatan dan P3K
Dalam perjalanan panjang, apa lagi jika sampai berhari-hari, maka obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) menjadi hal wajib yang harus dibawa. Utamanya bagi Om Bro yang memiliki kebutuhan obat khusus secara pribadi.

Kondisi Motor
Pastikan ban, rem, sistem kemudi,dan mesin berada pada kondisi sehat wal afiat.

Kondisi Fisik
Selain kondisi motor, kondisi badan Om Bro juga harus prima. Hindari begadang dan cukupkan istirahat sebelum hari yang dijadwalkan.

Ketika dalam perjalanan pun, jika terasa lelah atau mengantuk, sebaiknya menepi terlebih dahulu. Istirahat sejenak hingga Om Bro siap melanjutkan kembali perjalanan.

Jika ngantuk terasa amat berat, tidurlah barang 15-30 menit di tempat yang aman dari resiko kejahatan. (Mtb – Tips touring motor).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *