Tips Berkendara Motor Saat Hujan untuk Driver Ojol

Motorisblog.com – Om Bro…!! Musim hujan telah tiba… meskipun di kampung Mtb curah hujannya masih belum stabil. Kadang hujan, tapi masih sering cerahnya juga. Nah, kali ini Mtb akan share tips berkendara motor saat hujan yang akan sangat bermanfaat bagi Om Bro sekalian driver ojol…

Persiapkan Jas Hujancara merawat jas hujan

Tips berkendara saat musim hujan bagi driver ojol yang pertama adalah dengan persiapan jas hujan.

Yup, tanpa jas hujan maka kesempatan Om Bro untuk mendapatkan penumpang akan jadi berkurang.

Kenapa…??

Karena tanpa jas hujan, Om Bro jadi harus off-bid selama hujan sampai hujannya reda.

Jika pun Om Bro memaksakan diri untuk on-bid saat hujan, maka dapat dipastikan akan banyak order yang dibatalkan lantaran konsumen tidak akan mau menumpang armada Om Bro tanpa fasilitas jas hujan.

Selain itu, jas hujan juga akan membantu melindungi tubuh agar tetap hangat dan melindungi barang-barang berharga agar tetap kering.

Gunakan jas hujan model jaket & celana. Hindari penggunaan jas hujan model ponco / jubah lantaran rentan tersangkut pada rantai atau pun roda motor.

Pastikan Om Bro menyiapkan dua set jas hujan, yaitu untuk penumpang dan untuk Om Bro sendiri.

Kurangi Kecepatan Berkendaratips berkendara motor saat hujan

Tips aman berkendara saat hujan yang kedua adalah dengan cara mengurangi kecepatan dan menjaga kecepatan agar tetap stabil. Jangan melakukan rem mendadak karena jalanan basah dan licin sehingga berpotensi ban motor tergelincir.

Pastikan Lampu-lampu Menyalalampu belakang honda all new vario 150 2018

Tips aman berkendara motor pada saat hujan selanjutnya ialah dengan memastikan bahwa semua lampu motor menyala dengan baik.

Pada dasarnya, regulasi lalu lintas di Indonesia memang mewajibkan lampu utama pada motor untuk selalu menyala. Nah, pada saat musim hujan, peran lampu-lampu motor menjadi semakin penting.

Dengan lampu yang menyala, keberadaan Om Bro jadi mudah diketahui oleh orang lain sehingga dapat mengurangi potensi terjadinya kecelakaan.

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan lampu sein ketika hendak berbelok atau akan berpindah lajur.

Periksa Tekanan Angin Banban belakang yamaha aerox 155 vva

Pastikan tekanan angin ban berada dalam kondisi cukup (tidak kempes dan tidak terlalu keras).

Saat hujan, ban tidak dapat mencengkram sempurna pada permukaan aspal seperti pada saat jalanan kering.

Tekanan angin ban yang tidak tepat dapat lebih mengurangi cengkeraman ban pada permukaan jalan.

Siapkan Kantong Plastik dan Manfaatkan Bagasi Motorbagasi yamaha aerox 155 vva

Bagi motor-motor skutik dan bebek, Om Bro dapat memanfaatkan bagasi untuk mengamankan dokumen-dokumen penting, seperti dompet, SIM, STNK, dan lain-lain. Tapi untuk motor tipe sport, praktis Om Bro jadi harus menyiapkan kantong plastik lantaran tidak ada bagasi yang tersedia.

Namun bagi Om Bro/Sista sekalian pengguna motor skutik / bebek, pastikan untuk mengeluarkan dokumen-dokumen penting dari bagasi ketika motor terparkir. Pasalnya, jika berkas-berkas penting itu tetap disimpan dalam bagasi saat motor terparkir, maka berkas itu akan hilang jika terjadi pencurian terhadap motor Om Bro.

Hindari Genangan Air Saat Berkendara

Kita tidak tahu apakah genangan air tersebut dalam atau tidak. Bisa jadi genangan itu sebenarnya adalah lubang jalanan yang besar dan berbahaya.

Sekalipun bukan lubang jalan, genangan air juga berbahaya karena akan semakin mengurangi cengkraman ban pada permukaan jalan. Juga dapat merugikan jika percikan dari roda motor Om Bro mengenai orang lain. (Mtb – Tips Berkendara Motor Saat Hujan).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: