Tips Agar Mobil Matic Awet di Bagian Transmisi dan Rem

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ngga motor ngga mobil, di jaman now ini transmisi matic tengah menjadi favorit konsumen. Alasannya simple, karena pengoperasiannya yang lebih mudah dan praktis dibanding motor/mobil manual. Nah, pada episode kali ini, Mtb akan share sedikit tips agar mobil matic awet, utamanya pada sektor transmisi dan rem.

Benar Om… Dari sisi kemudahan, mobil matic memang lebih praktis. …hanya injak rem dan gas saja. Namun begitu, ada hal yang tampak sepele tapi punya resiko buruk dalam jangka panjang., yaitu resiko tidak awetnya sistem transmisi dan sistem rem.

Lantas, bagaimana cara penggunaan mobil matic biar awet?

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, mobil matic yang awet ialah jika penggunaannya secara baik dan benar. Salah duanya adalah dengan menetralkan transmisi ketika jalanan macet atau saat di lampu merah, dan menggunakan engine brake saat melalui turunan jalan.

Yup… Saat jalanan macet parah atau Om Bro berada di lampu merah yang lama, sebaiknya pindahkan posisi gigi dari D (drive) ke N (netral). Dengan begitu, maka sistem transmisi akan lebih awet dibanding jika Om Bro selalu menancapnya di posisi D. (Kompas, 26/12/2018).

Benar Om… Pada posisi D, sistem transmisi, gearbox dan fluida akan terus bekerja, …meskipun kondisi mobil berhenti karena macet/lampu merah.

Selanjutnya, memanfaatkan engine brake pada jalanan menurun juga bisa membuat mobil matic lebih awet pada sistem pengeremannya. Selain hanya lebih awet, menggunakan engine brake juga memaksimalkan pengereman sehingga mobil tidak akan nyelonong.

Caranya ialah dengan menempatkan posisi gigi pada L atau 2. Atau pada tipe lain, Om Bro alihkan transmisinya ke mode manual, kemudian posisikan ke gigi 3 atau 2. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: