15 Hal yang Tidak Boleh Ditinggalkan Dalam Mobil

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Ada kalanya seseorang lalai meninggalkan barang-barang, bahkan anak atau hewan peliharaan dalam mobil. Padahal, sesuatu yang tampak sepele itu bisa berbahaya akibatnya ketika terkena terik matahari. So, inilah beberapa hal yang tidak boleh ditinggalkan dalam mobil.

Advertisement

Yup. Dashbor dan interior mobil dapat mudah panas karena sinar UVB terperangkap dan tidak dapat keluar melalui kaca mobil.

Menurut informasi dari driving.co.uk atas penelitian Stanford University School of Medicine; 80% peningkatan suhu dalam mobil dapat terjadi dalam 30 menit. Dan suhu panasnya pun dapat melebihi suhu luar mobil itu sendiri. Bahkan saat suhu luar hanya mencapai 30°C, suhu dalam mobil bisa mencapai 60°C.

Karena itulah banyak hal yang tidak boleh kita tinggalkan dalam mobil.

Hal-hal yang Tidak Boleh Ditinggalkan Dalam Mobil

Interior Suzuki Swift 2019 Belanda edisi Katana

1. Anak

Jangan kira meninggalkan anak dalam mobil tidak berbahaya.

Anak sangat rentan terhadap bahaya overheating. Resikonya bahkan bisa berakibat kematian.

Selain itu juga berpotensi terjadi kecelakaan karena mobil melaju, jika Om Bro lupa menarik tuas rem tangan, saat meninggalkan mobil.

Ditahun 2018 lalu disebutkan bahwa dalam setahun, terdapat sekira 38 anak di Amerika yang meninggal akibat kepanasan saat ditinggalkan di dalam mobil.

2. Hewan Peliharaan

Suhu panas dalam kabin dapat mengakibatkan hewan mati lemas karena kekurangan oksigen. Dan resikonya, pada beberapa negara, hal seperti itu termasuk dalam kelalaian dan pelanggaran hukum.

Ada suatu penelitian dari yayasan Dogs Trust pada tahun 2014 yang mengatakan: Ada 1 dari 10 anjing mati kepanasan dalam mobil yang terparkir. Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa hanya butuh waktu 20 menit bagi hewan untuk mengalami stroke akibat kepanasan (heatstroke), ketika suhu luar mencapai 31°C.

3. Air Mineral

Air mineral yang terpapar sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung. Penyebabnya ialah reaksi kimia dari Bisphenol A dan ftalat (bahan kimia dalam botol air plastik), saat terpapar sinar matahari.

Selain itu, panas sinar matahari terhadap air mineral dapat memicu munculnya mikroorganisme pada dasar botol.

4. Barang Belanjaan

Makanan-makanan beku, daging segar, buah dan sayur dapat meleleh oleh panas kabin, sehingga memicu bakteri untuk berkembang biak.

5. Obat-obatan

Panasnya temperatur dalam kabin mobil juga dapat mengurangi khasiat obat, utamanya obat-obatan khusus semisal antibiotik yang memang rentan terhadap overheating.

Sementara itu untuk obat-obatan lain pun mendapat anjuran untuk menyimpannya dalam ruangan dengan suhu kurang dari 25°C.

Selain obat-obatan, peralatan kesehatan semisal pen insulin untuk penderita diabetes juga tidak boleh tersimpan dalam mobil yang terparkir.

6. Perangkat Penyimpan Memori Data

Perangkat penyimpan data semisal CD, DVD, chip memori, kaset, piringan hitam, micro SD card atau Blue-ray, dapat rusak oleh panas matahari.

Advertisement

Sebagian dari perangkat tersebut terbuat dari plastik polikarbonat sehingga mudah meleleh oleh panas.

7. Perangkat Elektronik

Perangkat seperti smartphone, laptop, PC tablet, pemutar dvd portable, pemutar MP3, kamera digital, baterai dan chip, juga membutuhkan suhu normal agar dapat berfungsi dengan optimal.

Jika terkena panas matahari, alat-alat tersebut dapat terganggu performa processornya.

Selain itu, laptop, handphone atau hard disk external juga berisi informasi-informasi penting. Resikonya jika mobil tercuri, maka data-data tersebut juga akan hilang, bahkan berpotensi menjadi obyek penyalah gunaan data oleh pencurinya.

8. Tabir Surya

Tabir Surya mengandung bahan aktif yang mudah terurai dalam suhu tinggi. Jika terkena panas, maka efektifitas zat-zat yang terkandung akan rusak.

Selain itu, tabir surya juga bisa meledak dalam suhu panas.

9. Produk yang Mengandung Gas Aerosol

Suhu panas juga dapat meningkatkan tekanan dalam tabung.

Produk-produk semisal hairspray dan dry shampoo, berpotensi meledak pada suhu lebih dari 48°C.

10. Korek Api

Korek api juga sangat berpotensi meledak pada ruangan bersuhu tinggi semisal kabin mobil yang terpapar sinar matahari.

11. Kosmetik

Alat kosmetik semisal lipstik pada umumnya terbuat dari pigmen, minyak, lilin dan emolien. Karenanya lipstik mudah meleleh dalam ruangan bersuhu relatif tinggi.

Selain lipstik, suhu tinggi juga akan menonaktifkan bahan-bahan kimia yang terkandung dalam foundation dan creamy eyeshadow.

12. Tas atau Dompet

Keberadaan tas atau dompet dalam mobil jelas memancing potensi kejahatan berupa pencurian.

Jangan pernah menganggap mobil Om Bro sudah 100% aman, karena pencuri mempunyai berbagai cara licik untuk dapat membobol mobil.

Jikapun terpaksa Om Bro harus menyimpan tas dalam mobil, maka simpanlah di bawah kursi agar tidak tampak secara kasat mata dari luar kaca mobil.

13. Kacamata

Kacamata dapat menarik sinar matahari laksana kaca pembesar. Karenanya jika panas cukup terik, kacamata bisa meleleh dan menempel pada dasbor. Bahkan dalam kondisi tertentu dapat menjadi penghantar panas dan menyebabkan percikan api.

14. Dokumen Penting

Dokumen penting semisal paspor, kartu identitas, berkas pribadi, sertifikat kepemilikan rumah atau ijazah sekolah dapat memancing tindak pencurian. Resikonya, si pencuri akan manggunakan berkas-berkas tersebut untuk melakukan pemalsuan identitas.

15. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mudah meledak saat bedara dalam mobil pada saat cuaca panas. Dan jika hal itu terjadi, tentunya akan menjadi noda yang menempel pada jok dan bagian mobil lainnya. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *