Tenaga Motor Matic Ngedrop?? Begini Cara Penanganannya

Advertisement

Motorisblog.com – Tenaga Motor Matic Ngedrop – Om Bro…!! Setiap kendaraan, baik mobil atau pun motor, entah yang bertransmisi manual atau pun otomatis, pada saatnya akan mengalami penurunan performa. Karena itulah Om Bro harus merawat kendaraan agar selalu dalam kondisi prima.

Advertisement

Paling tidak Om Bro lakukan perawatan secara rutin di bengkel resmi atau di bengkel umum terpercaya…

10 Tips Cerdas Memilih Montir Bengkel Motor yang Recomended

Fenomena persepeda motoran di tanah air telah mengalami perubahan sejak Yamaha memproduksi motor jenis matic yang di beri judul ‘Mio’… kemudian di susul oleh Honda dengan produk Vario dan Beat.

Dan sekarang perkembangan motor matic di tanah air sudah menggeser posisi motor cub (bebek) yang sebelumnya menjadi produk terlaris.

Kembali ke soal perawatan…

Seperti yang sudah Mtb sebutkan di atas, apa pun motornya, suatu saat pasti akan mengalami penurunan performa.

Penyebab dari masalah itu bisa beragam, mulai dari mesin hingga komponen lain yang saling berhubungan.

Nah… jika motor matic Om Bro mengalami penurunan performa secara drastis, ada baiknya Om Bro memeriksa komponen-komponen berikut ini:

Komponen yang Berpotensi Membuat Tenaga Motor Matic Ngedrop

CVT (van belt)

Van belt pada motor matic berfungsi sama seperti rantai pada motor manual, yaitu sebagai penggerak akhir dari mesin menuju roda.

Van belt yang sudah tidak layak pakai akan berpengaruh langsung pada performa motor… yaitu, motor jadi kurang atau tidak bertenaga.

Maka dari itu periksalah kelayakan pakai van belt pada motor matic Om Bro sekalian…

Jika van belt sudah retak-retak, segera ganti…

Gejala CVT Motor Matic Rusak: Ndut-ndutan dan Mengayun

Atau untuk lebih mudahnya, Om Bro ikuti saja petunjuk pada buku manual motor Om Bro masing-masing.

Contoh untuk motor matic merk Honda, disarankan mengganti van belt dengan interval 24,000 km.

Roller, Face Com (Rumah Roller) dan Drece Slide

Roller adalah komponen pemberat yang berfungsi untuk mengatur perputaran roda sesuai dengan perputaran mesin.

Posisi terpasangnya roller adalah pada gear depan (istilah motor manual).

Buka dan periksa apakah bentuknya masih bundar atau sudah peyang…

Namun jika Om Bro tidak memiliki keahlian mekanis dan peralatan yang memadai, akan lebih baik jika Om Bro membawanya ke bengkel terpercaya.

Sedikit informasi…

Bagi yang sudah terbiasa melakukan modifikasi, roller ini bisa di ganti menurut seleranya.

Singkatnya begini…

Roller yang ringan akan menghasilkan akselerasi spontan, tapi menurunkan top speed. Sebaliknya, roler yang berat menjadikan akselerasi lambat tapi mantap di putaran atas.

Terserah selera Om Bro sepanjang tidak mengganggu keamanan motor.

Selain roller, periksa juga rumah rollernya (face com) dan drece slide. Ketiga komponen itu harus dalam keadaan baik.

Pastikan juga boss rumah roller tidak koplak.

Per CVT (Per Pulley)

Secara normal, per CVT akan mulai bekerja pada putaran 1500 rpm (Honda Beat dan Yamaha Mio). Namun jika per sudah lemah, dia akan bekerja sebelum waktunya (pada rpm yang lebih rendah).

Salah satu ciri lemahnya per CVT ada lah putaran mesin yang lebih rendah dari biasanya.

Advertisement

Maksudnya begini…

Dalam keadaan normal, mesin motor matic akan berputar pada rpm yang lebih tinggi dari motor manual. Namun jika per CVT sudah lemah, rpm mesin motor matic akan (hampir) sama dengan motor manual (pada kecepatan yang sama).

Tapi, gejala seperti itu tidak hanya di sebabkan oleh per CVT saja. Kerusakan pada roller set (termasuk rumahnya) juga bisa berakibat sama.

Kanvas Kopling Ganda

Perkara kanvas kopling, pada dasarnya sama dengan motor manual. Jika kanvas kopling sudah menipis, maka tenaga ngedrop.

Hanya saja pada motor manual, Om Bro bisa menggunakan gigi kecil (gigi satu) jika kesulitan melibas tanjakan. Hal itu lah yang menjadi kesulitan pengguna motor matic dalam masalah seperti ini.

Busi, Filter Udara dan Pompa Injektor

Ini poin tambahan pada sektor mesin…

Jika busi sudah melebihi masa pakai normal, maka percikan api juga akan kecil. Hal itu secara langsung akan menyebabkan pembakaran jadi tidak sempurna. Dan dengan demikian, maka daya dorong dari api pembakaran ke piston akan menjadi lemah.

Sedangkan pompa injektor sudah jelas peran-nya. Tanpa kerja injektor yang baik, maka suplai bahan bakar akan terhambat.

Sementara itu filter udara bertugas menyaring angin yang masuk ke ruang bakar. Jika filter udara sudah kotor, maka suplai udara akan tersumbat dan dapat menurunkan performa mesin.

Bagi filter kering bisa di bersihkan jika kondisinya masih bagus. Namun untuk filter basah harus langsung di ganti (baca buku panduan manual motor Om Bro masing-masing).

Gejala Penurunan Power Motor Matic

1. Tarikan Mengayun Saat Berboncengan

Walaupun CVT belt di lengkapi “benang penguat”, tapi dengan bahan dasar karet tentu tetap ada daya ayun jika komponen tersebut sudah mulai uzur. Hal itu akan sangat terasa ketika Om Bro berkendara dengan berboncengan.

Selain mengayun, tarikan motor juga bisa mengejan (ngeden, berat banget) pada awal akselerasi.

2. Terasa “Meloncat-loncat” di Tanjakan

Di kampung Mtb istilah lainnya adalah ngajlok-ngajlok / endut-endutan / ajret-ajretan…

Wkwkwkwk… bahasa apa itu…

Pada saat Om Bro melalui tanjakan, tarikan motor terasa tersendat, terutama jika Om Bro membawa beban berat atau berboncengan.

3. Tidak Mampu Melalui Tanjakan Terjal

Ini yang paling terasa… Mtb pernah gagal menanjak di jalan yang biasanya Mtb dapat melalui tanjakan itu dengan mudah.

Bahkan di tanjakan-tanjakan lain yang tidak terlalu terjal, Mtb harus memutar penuh gas motor Mtb… Padahal sebelumnya hanya setengah putaran gas saja.

4. Keluar Suara Berisik dari Area CVT Box

Kondisi roller yang sudah peyang akan mengakibatkan suara kasar dari dalam gearbox. Pada tingkat selanjutnya dapat timbul suara gemericik jika roller sampai pecah atau hancur…

Selain itu perangkat pulley dan laher blok yang rusak pun dapat menyebabkan suara berisik.

5. Kesal dan Marah-marah

Wkwkwkwk… Emangnya motor bisa marah-marah??

Bukan motornya Om… tapi orangnya yang marah-marah karena motornya ngedrop.

Nah… Kalau sudah paham gejalanya, sekarang kita lanjut…

Perkiraan Biaya Perbaikan

Update tanggal 12 Mei 2017

Di tanggal itu Mtb baru saja selesai operasi si cantik Spacy yang gendut. Motor Mtb ini kembali ngacir setelah Mtb service di AHASS Buana Motor Banjar Patroman, dengan rincian biaya sebagai berikut:

  • CVT Belt KZL-BA0 Rp135.000
  • Dreve slide GCC (3 pcs) Rp30.000
  • Kampas kopling ganda KWN Rp110.000
  • Face com KUB Rp72.000
  • Biaya pengerjaan Rp60.000

Total Rp407,000

Tambahannya:

  • Servis ringan (termasuk pembersihan injektor dan saluran bahan bakar) = Rp60.000
  • Ganti busi URM-842 Rp22.000
  • Ganti Oli AHM MPX-2 800 ml Rp39.500
  • Filter udara (kebetulan sudah robek) KZL
  • A00 Rp51.500

Total Rp173.000

Jadi total keseluruhannya adalah Rp580.000

Update 16 Desember 2019

Saat Mtb servis Yamaha Mio Sporty (karbu) punya Bapak Mertua:

  • Pulley Rp400 ribuan (ori); Rp200 ribuan (KW)
  • Kampas ganda Mio Karbu Rp145.000
  • Stemplet (gemuk) Rp5.000
  • Servis karburator (Rp50.000)

Nah… itu cuma gambaran saja ya Om… Beda merk dan beda kelas motor, bisa beda pula harga komponen dan tarif jasa servisnya. (Mtb – Tenaga Motor Matic Ngedrop).

Advertisement

12 komentar untuk “Tenaga Motor Matic Ngedrop?? Begini Cara Penanganannya”

  1. Owh jdi kya gtu mslahnya..,,kebeneran saya tgl 29.5.2019 kmren,, mudik dri tangerang ke jawa di tengah jalan motor kyanya ada perubahan tiba2 ko larinya kurang dan pda saat ktmu tanjakan motor seolah olah mau berhenti. Saya sampe bingung jga ko mtr kya gni bngt.,,dan saat itu saya udh serfis jga sblm prjlanan,, mknya saya smpt bingung di karenakan udh serfis. Kbneran saya blm ke bngkl..,,dan yg pasti trimaksih bngt infonya,,dan kebtulan jga motor saya honda spacy.

  2. Mantul bro motor saya tenaganya sudah berkurang, udah 4 tahun juga sih setelah baca artikel mau coba ganti part2 cvtnya
    ada harganya juga bantu banget biar ngga di mahalin abang2 bengkel. Terimakasih sudah berbagi bro

  3. ASEP SOMALA ANDI S

    Mohon diulas lebih banyak tentang Honda Spacy gan khususnya yang sudah injeksi, karena saya paling suka sama Honda Spacy, dari mulai desain, tarikan mesin sampai harganya yang cukup terjangkau
    Semoga sukses untuk motorisblog.com !! Saya akan share semua artikel yang sangat berharga ke teman2 dumay semua, terima kasih.

    1. Siap Om… Insya Alloh nanti sy luangkan waktu nyusun history Spacy sy… dari awal pemakaian, perawatan dll…

  4. Saya baru beli Suzuki Hayate 2013 bekas (125 cc, karburator).

    Masalahnya :
    Semua baik baik saja, mesin halus, tarikan enteng, stabil, dsb. Tapi begitu mencapai kecepatan 70 km/jam, bisa dibilang terus tidak bisa lagi bertambah kecepatannya. Padahal akselerasi dari diam sampai 70 km/jam cepat dan ringan lho.

    Kenapa ya ? Masalahnya di mananya ? Bagaimana solusinya ? Dan berapa perkiraan biayanya ?

    Mohon bantuannya.
    Terimakasih.

    1. Saya ngga ada pengalaman langsung dengan Hayate. Hanya saja kalo menilik usianya yang sudah jalan tahun ke-7, sepantasnya memang sudah banyak part fast moving yang minta ganti… utamanya di rangkaian CVT. Disitu ada roller, pulley, kampas ganda, CVT dan lain-lain. Beberapa diantaranya tergolong part fast moving yang memang harus diganti pada waktunya.

      Karburator juga perlu di periksa & di setting ulang… karena kita ngga tahu sepenuhnya seperti apa perawatan pemilik pertama.

      Intinya perlu pemeriksaan secara menyeluruh.

      Kalo pengen tau dulu perkiraan biaya perbaikannya, Om Bro bisa konsultasi dulu ke bengkel.

      Ngga harus bengkel resmi… Bengkel umum juga ngga masalah selama bengkel tersebut punya reputasi baik.

      Pede aja Om… Saya juga kadang datang ke bengkel cuma untuk konsultasi. Urusan perbaikan saya datang lagi saat udah punya uang yang memadai.

      Monggo kalo ada Om Bro pembaca yang lain yang mau menambahkan…

  5. mas motor saya beat karbu 2011 kalo buat jalan rpm menengah keatas motor kaya ngerem tapi normal lagi dan sudah ke bengkel di ganti bearing as pulley dan as roda juga sepaket pulley belakang dan vakum original (kecuali rumah roller,roller,dan v-belt),, juga belum sembuh mohon infonya mas 🙏😔

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *