servis besar motor honda spacy

Telat Ganti Oli Mesin Motor, Ini Akibatnya…!!

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Batasan telat ganti oli mesin motor bagi sebagian orang bisa berbeda-beda. Karena Mtb yakin, hingga saat ini masih banyak orang yang memiliki dan merawat motor secara otodidak, tanpa panduan resmi.

Advertisement

Yup… Asli Om… Mtb masih sering mendapati orang-orang pemilik motor yang ternyata tidak membaca buku panduan manual motornya. Akibatnya, banyak orang yang tidak memahami cara merawat motor yang baik dan benar, termasuk dalam hal penggantian oli.

Mtb masih sering mendengar orang yang mengatakan bahwa anjuran mengganti oli mesin motor adalah setiap sebulan sekali. Namun ada juga orang yang tidak pernah mengganti oli mesin motornya selama dia belum merasakan feel berat pada akselerasi motor.

Hasilnya…??

Yaa jadi tidak jelas. Bagaimana jika feeling dia salah dan tetap merasa tarikan motor enteng…?? Padahal dia telah berbulan-bulan tidak mengganti oli mesin motornya…??

Yang jelas dia tidak faham. Padahal kalau dia tahu gawatnya akibat telat ganti oli motor, pasti dia tidak akan berbuat demikian.

Iya Om… Mtb bukan cuma “katanya”. Mtb benar-benar pernah merasakan sendiri akibat telat ganti oli mesin motor, hingga mesin harus diturunkan dan di korter, oversize 25.

biaya servis besar motor honda
Servis besar Honda Spacy FI

Om Bro sekalian pastinya sudah pada tahu bahwa oli mesin berfungsi untuk meminimalisir gesekan antar komponen di dalam mesin. Oli melapisi dan melindungi komponen mesin, sistem transmisi, kopling (pada motor manual), piston serta dinding silindernya, dan lain-lain.

Oli memberikan perlindungan agar tidak terjadi aus berlebih dan tidak timbul karat pada tiap komponen. Bahkan lebih dari itu, oli juga berfungsi untuk menjaga / mendinginkan suhu mesin dari panas yang dihasilkan oleh pembakaran. Nah, karenanya, salah satu efek telat ganti oli mesin motor pun dapat menyebabkan mesin overheat. Yaitu suhu terlalu panas hingga mesin mati alias mogok.

Itu hanya salah satunya… Pada tingkat yang lebih jauh lagi, resiko telat ganti oli mesin motor tentunya akan sangat berpengaruh pada kinerja mesin. Akselerasi jadi terasa berat, suara mesin kasar, dan lain-lain. Hal itu ditimbulkan karena oli yang sudah kotor tidak akan mampu melindungi mesin dengan baik dari efek gesekan antar komponen. Oli yang kotor tidak bisa memberikan proteksi maksimal.

Advertisement

Dan jika itu terus berlanjut, maka lama-kelamaan akan timbul endapan alias sludge di dalam bak mesin. Bahkan oli bisa sampai mengental seperti lumpur.

Nah, kalau yang dulu Mtb alami, oli mesin sering surut gegara ada kebocoran yang hingga 2 tahun lamanya tidak Mtb perbaiki. Karena sering kurangnya volume oli itu, maka pelumasan dan pendinginan mesin pun jadi tidak optimal. Akibatnya, kotoran dan kerak menumpuk pada piston dan ruang bakar, bahkan hingga menyumbat katup (klep).

piston honda spacy
Kondisi Piston Lama Spacy Mtb Ketika Servis Besar

Hasil akhirnya…??

Yo wiss… Turun mesin lah Om…

Jadi, apakah sekarang Mtb menyesal…??

Untuk yang sudah terjadi, Mtb sama sekali tidak menyesal. Soale memang setengahnya Mtb sengaja membiarkan semua kesalahan itu, demi membuktikan akibatnya. Dan setelah terbukti, itu jadi pelajaran untuk tidak Mtb ulangi lagi.

silinder head spacy fi
Kondisi Silinder Head Spacy Mtb Ketika Servis Besar

Lebih dari itu, Mtb bisa share pengalaman buruk tersebut di blog ini. Sehingga mudah-mudahan bermanfaat bagi Om Bro sekalian.

Pamungkasnya… Mtb hanya berpesan, cintai dan rawatlah motor Om Bro dengan baik. Ganti oli sesuai dengan anjuran pabrikan di dalam buku panduan motor Om Bro masing-masing.

Jika tidak ada revisi, dulu motor-motor Honda dianjurkan untuk ganti oli mesin setiap 4000 km. Sedangkan Yamaha dan Suzuki setiap 3000 km. Namun jadwal itu untuk penggunaan nomal. Di anjurkan untuk memperpendek intervalnya menjadi lebih sering jika motor digunakan di kota besar yang banyak terkena macet. (Mtb – Telat Ganti Oli Mesin Motor).

Advertisement

1 komentar untuk “Telat Ganti Oli Mesin Motor, Ini Akibatnya…!!”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *