ban aus botak gundul

Memahami 3 Tanda Ban Motor Aus: Satunya Gampang

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Setidaknya ada 3 ciri yang menandakan bahwa ban harus segera diganti, salah satunya ialah ketika ban telah aus. Karenanya jadi penting untuk kita mengetahui tanda ban motor aus, atau pun ban mobil aus.

Advertisement

Ban ialah komponen kendaraan yang langsung berhubungan dengan permukaan jalan, maka ban sangat berkaitan dengan keamanan dan keselamatan berkendara.

Tanda-tanda Ban Motor Aus

Om Bro… Seperti yang Mtb singgung di atas, setidaknya ada 3 indikasi bahwa ban (luar) harus segera di ganti

  1. Pertama ialah ketika timbul retakan yang sering terjadi pada bagian sisi ban
  2. Kedua ialah jika ada benjolan pada permukaan ban
  3. Dan yang ketiga ialah ketika ban telah aus alias sudah botak

Nah, perkara tanda ban motor sudah aus sebetulnya amat mudah mendeteksinya. Namun Mtb pernah mendapati ada orang yang belum paham akan adanya tanda ban sudah aus.

Tanda ban aus selalu ada di semua ban luar ataupun ban tubeless. Pada umumnya berbentuk segitiga atau tanda panah yang yang juga disebut tire wear indicator (TWI).

Tanda segitiga atawa tanda panah tersebut ditempatkan pada dinding luar ban dan bertepatan lurus dengan garis indikator keausan pada permukaan ban.

Advertisement

Nah, garis ditengah tapak ban itulah yang menjadi indikator keausan ban.

Tanda ban motor aus

Pada saat ban masih baru, garis indikator keausan ban akan terbenam dan hanya terlihat jika Om Bro intip melalui celah profil / kembang ban.

Seiring waktu, setelah profil ban menipis, maka garis indikator tersebut akan muncul tepat lurus dengan segitiga tire wire indicator yang berada di dinding samping.

Indikator garis keausan tersebut juga bisa menjadi patokan bagi Om Bro untuk mengetahui identitas ban suntikan.

Lah iya. Pada aslinya ban suntikan itu ialah ban yang sudah botak (sudah tipis) yang kemudian di ukir untuk membuat profil baru.

Karena aslinya yang sudah tipis, maka tentu indikator garis keausan pun sudah tidak ada lagi. So, jelas ban suntikan sangat berbahaya karena tapak ban yang sebenarnya sudah tipis kemudian dilukai untuk membuat kembang baru. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *