Omset Stabil di Bulan Puasa dengan 10 Tips yang Good Ini

Motorisblog.com – Omset Stabil di Bulan Puasa. Sejatinya, seorang Muslim / Muslimah haruslah merasa bahagia dengan datangnya bulan Ramadhan. Karena itulah yang diajarkan oleh Rosululloh. Tapi bagi sebagian orang (khususnya wirausaha kuliner siang) kadang ada saja yang mengeluh dengan datangnya Ramadhan. Tanpa berpanjang lebar, tips ini dapat membantu Anda merubah mindset terhadap bulan puasa, yaitu, 1. Tidur seperti biasa atau lebih awal Hal yang sering terjadi terutama di awal bulan Ramadhan adalah begadang. Perkara begadang, bukan saja tidak baik menurut Pak Haji Rhoma, tetapi juga menurut saya. Hahaha…!! Benar memang,…

Read More

Cara Membuka / Memulai Usaha Kecil dengan Baik dan Benar

Motorisblog.com – Memulai Usaha Kecil. Seorang teman pernah bilang pada saya, begini, “Dulu gue pernah usaha buka toko kelontongan, tapi malah di tangkap polisi”. Saya heran dong… Trus saya tanya, “Lah, emangnya kenapa? Apa salahnya buka toko kelontongan? Kok sampe di tangkap polisi?” Teman saya jawab, “Soalnya gue buka tokonya malem hari”. Saya masih nggak habis fikir, “Apa juga salahnya kalo buka toko malam hari?” Eeehh… Ternyata teman saya jawab begini, “Soalnya yang gue buka itu toko milik orang lain…” Hahaha…!! Itu nyolong namanya, bukan buka usaha! Banyak sekali informasi…

Read More

10 Tips Nyata Usaha Kecil: Tetap Melejit Meski Kondisi Ekonomi Sulit

Motorisblog.com – Walaupun kondisinya tidak separah pada saat krisis moneter 1998, tapi bagi pelaku usaha kecil-kecilan seperti saya, kondisi perekonomian Indonesia sejak awal tahun 2017 ini cukup menyedihkan. Bagaimana tidak? Omset penjualan saya dalam satu bulan pernah sampai menyentuh angka 50% dibanding rata-rata omset bulanan ditahun sebelumnya. Sementara disaat yang sama, kebutuhan hidup sehari-hari saya bertambah tinggi. Saya nggak ngerti bahasa ekonomi tingkat tinggi. Saya juga tidak faham ada apa sebenarnya dengan perekonomian bangsa ini? Saya hanya merasakan menurunnya daya beli masyarakat di level bawah. Sempat terfikir untuk mencari peluang…

Read More

Prinsip Pembeli Adalah Raja Masih Relevan? Inilah 18 Golongan Raja-Raja Saya

Motorisblog.com –¬†Prinsip Pembeli Adalah Raja. Jika Anda seorang wirausahawan, tentu Anda tidak asing dengan istilah “pembeli adalah raja (the customer is king)”. Saya pribadi sebenarnya kurang setuju dengan ungkapan itu, tapi biarlah… Itu ungkapan sudah terlanjur mendarah daging dikalangan pelaku usaha. Jadi sepertinya sudah (hampir) tidak mungkin dihilangkan.   Lagian ngapain juga mau ngilangin ungkapan itu? Hahaha…   Jika benar ungkapan itu, maka saya dapat mengelompokkan warung-warung langganan saya menjadi beberapa tipe raja-raja berikut ini, serta cara menghadapi beliau para raja.   1. Raja yang pemurah (aktif membeli dan lemah…

Read More

Rentenir Berkedok Koperasi Bikin Hancur Usaha Kecil! Ini 6 Faktanya

Motorisblog.com – Jika Anda merasa pernah ditolong oleh rentenir berkedok koperasi, ada baiknya Anda membaca tulisan ini. Namun jika Anda tidak merasa pernah ditolong oleh rentenir, maka sebaiknya Anda juga membaca tulisan ini. Hahaha…! Jadi intinya sih, “bacalah!”, supaya Anda tidak menjadi korban rentenir. Jaman sekarang, banyak sekali bertebaran rentenir yang berkamuflase menjadi koperasi simpan pinjam (kosipa). Dan yang luar biasanya lagi, saya pernah dengar (katanya) pelaku riba itu ada juga yang seorang haji. Innalillahi… Mau jadi apa dunia ini…?   Tapi sudahlah. Biar itu menjadi urusan mereka dengan Alloh.…

Read More

11 Kiat Sukses Usaha Kecil Warung Nasi + Kelontong ala Pak Suhara

Motorisblog.com – Ditengah persaingan usaha yang semakin ketat, ditambah iklim ekonomi yang sedang lesu, bagaimana bisa saya menuliskan kiat sukses usaha kecil? Sedangkan daya beli masyarakat sedang turun drastis?! Ya bisa, lah… Orang cuma nulis doang. Hahaha…! Nggak gitu, om bro. Ini kisah nyata seorang pemilik warung nasi + kelontongan yang mengawali usahanya hanya 1 tahun menjelang krisis ekonomi dan moneter 1998. Bayangkan jika Anda yang ada diposisi itu. Apa kira-kira Anda bisa bertahan? Ini kisah Pak Suhara, seorang pengusaha kecil dibidang kuliner ringan. Dengan menggunakan nama “Warung Nasi Andini”…

Read More