Syarat Perpanjangan SIM Online 2019: Sama dengan Sebelumnya

Motorisblog.com – Om Bro…!! Surat Izin Mengemudi (SIM) harus diperpanjang setiap lima tahun sekali… Baik bagi pengendara motor atau pun pengemudi mobil. Nah, berikut ini Mtb bakal share hal-hal yang menjadi syarat perpanjang SIM online 2019,, yang pada dasarnya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Yup… Untuk saat ini, Polri sudah tidak lagi menerbitkan SIM model lama. Sekarang model yang digunakan adalah Smart SIM. Tapi, meski pun model SIM-nya telah berubah, ternyata persyaratan perpanjang SIM online 2019 tetap sama seperti sedia kala.

Untuk melakukan perpanjangan masa berlaku SIM, saat ini Om Bro bisa menggunakan dua cara… Yaitu melalui jalur online atau secara langsung mendatangi Satpas SIM yang ada di wilayah Om Bro masing-masing.

Bagi Om Bro yang berdomisili di DKI Jakarta, ada lima Satpas disana, juga ada gerai SIM dan beberapa fasilitas pelayanan SIM keliling.

Syarat Perpanjangan SIM Online 2019

Perkara lokasi perpanjangan SIM, saat ini kita tidak lagi terikat dengan alamat domisili / alamat tinggal yang tertera di KTP. Iya Om… Asalkan Om Bro punya KTP elektronik alias e-KTP, Om Bro bisa melakukan perpanjangan SIM di mana saja.

Selanjutnya, untuk dapat melakukan perpanjangan masa berlaku SIM, Om Bro harus memenuhi syarat-syarat berikut ini:

1. SIM lama belum habis masa berlakunya
2. Mengisi formulir pengajuan perpanjangan SIM
3. Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku bagi Warga Negara Indonesia (WNI) atau dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing (WNA)
4. Surat keterangan lulus uji keterampilan simulator
5. Surat keterangan sehat dari dokter

Om Bro… Di atas ada salah satu syarat yang menyebutkan bahwa SIM lama harus masih aktif. Itu betul Om… Karena kalau sudah melewati masa aktif, maka status SIM tidak bisa diperpanjang masa berlakunya. Yang artinya, Om Bro harus membuat SIM baru lagi…

Selain SIM lama harus masih berlaku saat pendaftaran, SIM lama pun harus masih berlaku pada tanggal kedatangan Om Bro ke Satpas. Artinya, jika Om Bro melakukan registrasi perpanjangan SIM secara online, maka pada bagian tanggal kedatangan, Om Bro harus mengisi tanggal sebelum tanggal jatuh tempo masa berlaku SIM…

Jadi begetoh Om…

Om Bro… Berdasarkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 11, masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah selama 5 tahun dan akan jatuh tempo sesuai dengan tanggal lahir si pemohon. Maka SIM harus diperpanjang masa aktifnya agar tetap berlaku dan dapat digunakan secara sah sebagai kelengkapan surat-surat berkendara.

Jadi, bagi Om Bro sekalian yang masa berlaku SIM-nya hampir habis, maka sebaiknya jangan ditunda-tunda… Segera lakukan registrasi perpanjangan masa akti SIM, karena jika terlambat, nantinya Om Bro jadi harus membuat SIM baru lagi… (Mtb).

2 tanggapan untuk “Syarat Perpanjangan SIM Online 2019: Sama dengan Sebelumnya

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: