Syarat dan Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan

Motorisblog.com – Om Bro…!! Untuk urusan pajak tahunan, Mtb pikir Om Bro sekalian sudah pada tahu. Tapi perkara syarat dan cara perpanjang STNK 5 tahunan,, Mtb mendapati masih banyak orang yang belum tahu. Padahal kalau Om Bro sekalian sudah tahu, Ok Bro bisa urus sendiri pajak lima tahunan. Tidak perlu minta bantuang orang lain atau pun minta bantuan biro jasa.

Memang apa salahnya kalau kita minta bantuan biro jasa??

Ya ngga ada salahnya sih Om… Kalau Om Bro memang sibuk,, ngga ada waktu untuk mengurus sendiri,, dari pada harus ijin atau bahkan bolos kerja,, ya tidak ada salahnya minta bantuan biro jasa atau minta bantuan sanak saudara. Biro jasa bisa membantu Om Bro untuk mengurus pajak kendaraan bermotor.

Tapi jika Om Bro termasuk orang yang waktu kerjanya fleksibel seperti Mtb,, kenapa tidak Om Bro urus sendiri…?? Lebih murah karena tidak perlu memberi upah / jasa,, juga lebih menyenangkan karena menambah banyak wawasan.

Begetoh Om…

Terus,, bagaimana sih cara dan syarat perpanjang STNK 5 tahun??

Pertama yang harus Om Bro pahami disini adalah bahwa bahasannya bukan cara perpanjang STNK motor atau pun mobil. Tapi cara perpanjang masa berlaku dan pajaknya saja.

Kenapa??

Karena kalau STNK-nya yang diperpanjang,, nanti kita susah melipatnya Om…

Wkwkwkwkwk…!! Lah iya… Bayangkan kalo STNK motor kita diperpanjang sampai satu meter atau bahkan dua meter panjangnya… Apa kita ngga repot nyimpennya di dompet?? Wkwkwkwkwk…!!

Hah…!! Sedikit ngelawak Om… Biar ngga tegang gegara kebanyakan makan daging qurban. Wkwkwkwk…!!

Yo wis,, sekarang kita bicara seriusnya…

Cara dan Syarat Perpanjang STNK Motor

Mtb kira sebenarnya sih tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal prosedur perpanjangan STNK motor dan mobil. Tapi untuk menghindari kekeliruan,, Mtb hanya akan menceritakan sesuai dengan yang sudah pernah Mtb coba saja, yaitu perpanjangan STNK motor.

Iya Om… Untuk perpanjangan STNK mobil, Mtb belum pernah tahu. Tapi untuk perpanjangan STNK motor, Mtb sudah pernah dua kali. Yang satunya malahan bukan hanya perpanjangan STNK saja,, tapi bahkan sekalian mutasi.

Syarat Perpanjang STNK 5 Tahun

Berkas-berkas yang harus Om Bro bawa adalah:

1. KTP asli dan fotocopy
2. STNK asli dan fotocopy
3. BPKB asli dan fotocopy
4. Lembar cek fisik

* tiap-tiap fotocopy dibuat masing-masing dua lembar

** KTP harus sesuai dengan nama yang tertera pada STNK. Jadi jika misale Om Bro membeli motor second yang belum balik nama,, maka Om Bro perlu meminjam KTP pemilik lama. Tapi jangan keenakan meminjam juga… Sekiranya Om Bro sudah punya cukup uang, sebaiknya segera balik nama kendaraan Om Bro

*** Lembar hasil cek fisik didapat di Samsat dan merupakan langkah pertama dalam proses perpanjangan pajak 5 tahunan

Hokeh,, kita lanjut lagi…

Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan

Pertama saran Mtb, sebaiknya datang pagi-pagi sebelum jam 8:00. Jadi ketika nanti kantor Samsat buka, Om Bro telah masuk ke antrian awal.

Iya Om,, kalau datang kesiangan,, kalau pas di hari itu banyak antrian, nanti Om Bro bakal nunggu lama. Jadi sebaiknya datang pagi supaya tidak menunggu lama.

1. Langkah pertama saat Om Bro sampai di Samsat, langsung menuju ke area cek fisik kendaraan.

area cek fisik samsat banjar

Yup… Untuk perpanjangan STNK lima tahunan alias ganti kaleng alias ganti plat nomor, fisik kendaraan harus di cek… Yaitu diperiksa nomor mesin dan nomor rangka-nya.

Pengecekan fisik hanya butuh waktu sebentar. Petugas hanya perlu “menggesek” nomor mesin dan nomor rangka pada selembar kertas. Setelah itu petugas cek fisik akan memberikan lembar ‘Hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor’ tersebut pada Om Bro…

berkas cek fisik motor

Pada lembar hasil cek fisik itu Om Bro akan diminta untuk mengisi beberapa data,, yaitu data identitas pemilik dan identitas kendaraannya itu sendiri.

2. Setelah lembar cek fisik siap,, langsung saja Om Bro menuju ke bagian legalisir. Serahkan lembar cek fisiknya beserta berkas-berkas yang lain, yaitu KTP, STNK dan BPKB. Serahkan berkas asli beserta fotocopy-nya.

loket pendaftaran dan penetapa stnk samsat ciamis

Jika Om Bro belum tahu yang mana loket legalisir, tanyakan dahulu pada bagian informasi. Katakan saja Om Bro hendak mengurus pajak lima tahunan dan sudah melalui proses cek fisik. Nanti petugas di bagian informasi akan menunjukkan loket mana yang harus Om Bro datangi.

Sampai di loket legalisir, biasanya BPKB hanya akan diperiksa sebentar kemudian dikembalikan lagi pada Om Bro. Sementara KTP dan STNK akan dipakai dahulu oleh petugas untuk proses selanjutnya.

Sementara petugas memproses berkas yang akan di legalisir, silahkan Om Bro tunggu ditempat yang telah disediakan. Nanti setelah berkasnya selesai di legalisir, petugas akan memanggil nama Om Bro (nama sesuai dengan yang tertera pada STNK).

3. Selesai dari bagian legalisir, berkas Om Bro akan berpindah ke loket progresif. Berkas-berkas motor Om Bro akan diperiksa lagi oleh petugas disana. Om Bro tetap menunggu sampai ada panggilan dari petugas.

loket mutasi samsat ciamis

4. Setelah di panggil, ambil berkasnya dan berikan ke loket perpanjangan STNK. Biasanya disini Om Bro akan mendapat nomor antrian untuk giliran melakukan pembayaran pajak.

kasir bank bjb samsat ciamis

Siapkan sejumlah uang yang diperlukan…

Untuk perpanjangan pajak lima tahunan, berikut ini poin-poin yang harus dibayar:

. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)*
. Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)*
. Biaya Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Rp100.000
. Biaya Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) – (plat nomor) Rp60.000

* PKB dan SWDKLLJ berbeda-beda untuk tiap-tiap keendaraan. Maka itu total biaya yang harus Om Bro bayarkan pun akan berbeda-beda

Selain biaya-biaya tersebut di atas, Om Bro juga akan dikenai sanksi berupa denda jika pada pajak tahunan sebelumnya Om Bro pernah telat pajak.

5. Setelah Om Bro melakukan pembayaran di kasir, tunggu lagi, nanti Om Bro akan dipanggil lagi untuk mengambil KTP dan STNK yang baru.

Biasanya jeda waktu antara pembayaran ke kasir hingga pengambilan STNK tidaklah lama. Jadi Om Bro jangan bergeser terlalu jauh supaya tidak terlewat saat nama Om Bro dipanggil.

6. Setelah Om Bro terima KTP asli dan STNK yang baru, tanyakan pada loket STNK,, dimana Om Bro harus mengambil plat nomor. Merapat ke loket pengambilan plat nomor dan tunggu nama Om Bro dipanggil.

Selesai… Gampang kan Om??

Sedikit tambahan,, jika Om Bro masih merasa bingung pada tiap perpindahan loketnya,, cukup gunakan cara yang sederhana. Teknis sederhananya begini:

. Pertama datang ke Samsat, langsung cari bagian informasi,, tanyakan dimana area cek fisik

. Selesai cek fisik, kembali ke bagian informasi dan tanyakan loket mana yang harus didatangi

. Selesai dari loket yang pertama, tanyakan pada petugas disana,, loket mana yang harus dituju selanjutnya

. Di loket kedua, setelah selesai, tanyakan loket mana yang berikutnya

Begitu seterusnya sampai selesai…

Tambahan lagi,, jika misale kendaraan Om Bro masih berstatus kredit sehingga Om Bro belum memiliki BPKB-nya,, maka datanglah ke kantor leasing yang membiayai kredit kendaraan Om Bro. Minta fotocopy BPKB beserta surat keterangan dari leasing bahwa kendaraan Om Bro masih dalam masa kredit.

So,, berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses pembayaran pajak lima tahunan??

Untuk real-nya sih tergantung dari banyaknya antrian Om… Juga tergantung dari kecepatan para petugas dalam pelayanannya. Jadi jelas berbeda-beda untuk tiap Samsat di tiap wilayah.

Namun untuk sedikit gambaran saat Mtb memproses perpajangan STNK motor milik mertua,, Mtb menghabiskan sekira dua jam waktu di Samsat Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Om Bro…!! Agar kendaraan kita tetap dapat digunakan dijalanan secara legal,, kita dituntut untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Baik itu pajak tahunan, atau pun pajak lima tahunan.

Dimana tempat pembayarannya??

Di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) setempat. Yaitu kantor Samsat di tiap-tiap Kota / Kabupaten tempat domisili kendaraan.

Agar proses pembayaran pajak dapat berjalan mulus tanpa kendala apa-apa,, Om Bro wajib tahu alur proses dan wajib menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Dengan begitu Om Bro tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk bolak-balik gegara ada persyaratan / berkas yang kurang / tertinggal dirumah.

Jika Om Bro telah memahami berkas-berkas yang dibutuhkan,, ada baiknya Om Bro telah mempersiapkan fotocopy-nya sejak sebelum memasuki area Samsat.

Kenapa??

Karena biasanya fotocopy di area Samsat cenderung pasang harga lebih tinggi.

Tapi bukan itu yang utama… Tak jarang fotocopy-an di area Samsat dipenuhi antrian. Jadi jika kebetulan pas Om Bro datang pas lagi banyak yang antri fotocopy,, maka jelas Om Bro jadi sedikit boros waktu.

Sebaliknya,, jika Om Bro telah mempersiapkan fotocopy berkas-berkas yang diperlukan sejak dari luar,, maka begitu masuk area Samsat, Om Bro hanya perlu langsung menuju ke titik proses yang pertama, yaitu cek fisik.

Ada baiknya lagi sejak dari luar semua berkas disatukan dalam satu bundel / satu map. Karena jika pun tidak,, tetap di dalam nanti berkas-berkas tersebut tetap akan disatukan oleh petugas. Nah,, jika dari luar Om Bro telah menyatukannya,, praktis prosesnya akan jadi lebih cepat. (Mtb).

Spread the love

Satu pemikiran pada “Syarat dan Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan”

  1. Saya ngurus yang 1 tahunan aja kadang 1 jam setengah karna banyaknya antrian di SAMSAT Gatot Subroto.
    padahal dateng selalu jam 7 pas kantornya belom buka, apalagi ngurus yg 5 tahunan ni? siap-siap nyari calo dah

    Balas

Tinggalkan komentar