Suzuki Gixxer 250 SF MotoGP Edition, Bukan Cuma Update Kelir Doang Om…

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Suzuki Gixxer 250 SF MotoGP Edition resmi dirilis di India. Menariknya, update yang diberikan bukan cuma sekedar kelir saja, tapi termasuk ubahan di sisi teknis juga… Yaitu pada sistem pendingin mesin yang diklaim lebih optimal dibanding versi standarnya.

Advertisement

Yup… Suzuki Gixxer 250 SF 2019 edisi tim Suzuki Ecstar MotoGP, dirilis di India sana Om… Tampilannya tampak makin agresif dan sporty.

Bukan hanya itu… Seperti pula yang sudah Mtb sebutkan di atas, Suzuki Gixxer SF 250cc 2019 ini bukan hanya mendapat update di sisi eksterior saja, namun juga mengalami perubahan di sisi teknis… Yaitu dengan hadirnya Suzuki Oil Cooling System (SOCS) yang sepenuhnya baru.

Betul Om… Suzuki Gixxer 250 MotoGP edition menggunakan sistem pendinginan baru yang diklaim lebih optimal untuk segala kebutuhan. Mulai dari kebutuhan riding dalam kota, hingga kebutuhan untuk balapan di sirkuit.

Klaimnya lagi, sistem pendinginan ini merupakan yang pertama diperkenalkan oleh Suzuki… Yaitu melalui unit Suzuki Gixxer SF 250 MotoGP edition. Konon, sistem ini membuat mesin Suzuki Gixxer 250cc terbaru menjadi lebih ringan dan cepat. (Via media Ultimatemotorcycling).

Secara teknis, teknologi SOCS terbaru ini merupakan comotan dari teknologi motor Suzuki di MotoGP. Cara kerjanya ialah, pelumas mesin yang telah panas, mengalir melewati saluran pendingin oli. Kemudian dari saluran pendingin itu nantinya, oli yang telah didinginkan akan melalui filter dan diteruskan ke berbagai bagian mesin, diantaranya piston, engkol, cam, transmisi dan bak penampungan oli.

Advertisement

Proses itu terus berkelanjutan dengan aliran pelumasan yang tetap terpisah dari aliran pendinginan. Hasilnya, sistem pendinginan berjalan dengan efektif dan efisien.

Sistem pendinginan baru ini juga diklaim mengurangi berat dan gesekan melalui peniadaan beberapa komponen pendinginan konvensional… Seperti misale sirip pendingin pada blok mesin, juga peniadaan pompa cairan. Sebagai gantinya yaitu aliran pendinginan oli yang terpisah itu tadi…

Selain mengurangi berat dan memaksimalkan proses pendinginan, sistem pendingin baru ini juga dikatakan lebih hemat biaya perawatan…

Kembali membahas tampilan eksterior… Sentuhan racy yang diberikan Suzuki pada Gixxer SF 250 ini terlihat dari list hijau stabilo yang melekat pada kedua velg-nya. Juga tampak dari menempelnya beragam merk sponsor tim MotoGP Suzuki di area fairing.

Tak hanya itu, jok bagian belakang juga diberi tambahan cover seperti versi motor balap sesungguhnya… Namun sayang pisan Om… Pada dasarnya memang motor ini dibuat sebagai versi balap… Faktanya, kelengkapan legalitas berkendara di jalan raya, tidak terdapat di motor ini… Seperti misale kaca spion, headlamp (lampu utama), spakbor belakang dan knalpotnya pun telah menggunakan model full racing.

Selebihnya selain itu sih tidak ada ubahan lainnya lagi Om… Mesinnya tetap menggunakan spesifikasi standar. Yaitu mesin 4-langkah single silinder 249cc dengan transmisi manual 6-percepatan dan power maksimum 26 hp/9.000 rpm. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *