Suzuki Bandit 150, Desain yang Jauh dari Harapan…

Motorisblog.com – Suzuki Bandit 150. Om Bro…!! Jika Om Bro mengikuti perkembangan pemberitaan motor ini, maka Om Bro akan paham bahwa Suzuki GSX150 Bandit adalah luapan harapan dari pecinta motor Suzuki sebagai penyempurnaan naked bike GSX-S150. Kita tahu, selain Honda CB150R Neo Sport Cafe, Suzuki GSX150 Bandit juga termasuk salah satu motor yang paling ditunggu kelahirannya di tahun 2018.

Dan terjadilah…

Suzuki GSX150 Bandit secara resmi diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (2W) pada ajang GIIAS 2018.

Menurut penuturan Kang Enoanderson pada artikel blognya, hari itu booth Suzuki dipenuhi oleh para jurnalis, blogger, vlogger, seleb sosmed dan lain-lain. Saking penuhnya, bahkan untuk bergerak mendekati lokasi motor terpajang pun susah.

Tapi…

…pemandangan yang luar biasa itu rupanya tidak mampu bertahan lama. Hanya sekira 1 jam, lokasi Suzuki Bandit 150 berangsur sepi. Dilanjutkan dengan beragam bully di media sosial sebagai ungkapan kekecewaan atas apa yang telah mereka lihat hari itu.

Kang Eno sendiri menyebutkan dalam artikelnya, bahwa ada banyak kejanggalan pada sosok Suzuki GSX150 Bandit. Dimulai dari tidak adanya konsep inti yang menyiratkan bahwa Suzuki GSX150 Bandit adalah memang seri Bandit versi kecil.

Kekecewaan dimulai dari keinginan perubahan desain headlamp bulat selaiknya gaya moge bandit era dulu… Dilanjut dengan desan bagian buritan yang semestinya lebih nyaman untuk boncenger, tapi tanpa mengorbankan riding quality dan performa mantap GSX-S150…

suzuki bandit 150
Headlamp Suzuki GSX150 Bandit 2018

Tapi nyatanya semua harapan itu tidak terwujud. Potensi mesin tidak diimbangi dengan desain yang diinginkan banyak orang… Build quality yang bagus dilahirkan dalam wujud yang seolah-olah hasil kawin silang antara GSX-S150 dengan Satria F150.

suzuki bandit 150
Suzuki GSX150 Bandit 2018

Jika dilihat latar belakangnya, pada dasarnya Satria FI sendiri sudah cukup mengecewakan dengan stoplampnya yang malah merusak shape design. Dan sayangnya sekarang malah diterapkan pada Suzuki Bandit 150. So… kelahiran Suzuki GSX150 Bandit seolah jadi korban hilangnya inspirasi desainer Suzuki yang dipaksa memangkas cost development dengan mengawinkan part-part motor dengan jumlah permintaan low di pasaran.

Harapan akan aplikasi headlamp bulat ala Bandit versi lama atau aplikasi half fairing ala Bandit versi baru harus Om Bro kubur dalam-dalam. Sementara jika akan digolongkan ke dalam keluarga Thunder, pun, tidak setimpal dengan harganya yang berada diatas rata-rata harga motor entry level. Tidak juga bisa diibaratkan Satria F150 Injeksi yang dipasang tangki depan karena 80% detailnya mencomot part GSX-S150, kecuali dibagian headlamp, stoplamp, cover knalpot, body buritan dan ban Dunlop D102 yang mirip GSX-R125 di Eropa sana.

Yaahh… Untunglah Suzuki GSX150 Bandit tetap mempertahankan mesin 147cc, DOHC 4-Valve, Liquid Cooled (Overbore) yang (menurut beberapa review) memiliki performa terbaik dikelasnya saat ini…

Seperti tenggelamnya harapan untuk melihat Bandit versi kecil, sepertinya harapan untuk melihat Suzuki R2 bangkit pun masih jauh… Om Bro masih harus betah dengan kebosanan terhadap produk-produk 2 brand raksasa yang sama-sama menyimpan ego-nya masing-masing.

Satu brand keukeuh dengan body plastik yang rapuh, sementara satu lagi keukeuh dengan suspensi yang keras. Entah kapan akan terjadi lagi masa-masa kejayaan Suzuki seperti di era Tornado, Shogun Kebo dan lain-lain…

Tapi… beda orang tentu beda juga seleranya. Harapan tetap ada, meski aura sejati Bandit yang sederhana (tapi berkualitas tinggi) seperti motor-motor awal millenium tidak terpancar dari sosok Suzuki Bandit 150…

Bisa juga Suzuki sengaja “meniru” gaya AHM dengan dalih “common parts” demi mempermudah perawatan? Jika seperti itu, sepantasnya pada event-event sebesar GIIAS, Suzuki juga memamerkan unit modifikasi seperti gaya AHM. Dari situ, setidaknya konsumen bisa melihat “potensi lain” bagi para modifikator.

So… Yang jelas, Suzuki lebih meng-anak emaskan R4 ketimbang R2. Setidaknya untuk sekarang ini… (Mtb – Suzuki Bandit 150).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: