Suara Knalpot Harley Ternyata Memang Harus Keras

Motorisblog.com – Om Bro! Suara knalpot Harley yang begitu menggelegar ternyata bukan hanya style saja, tapi lebih dari itu. Kelebihannya secara singkat punya dampak besar dalam keamanan berkendara.

Menurut Dealer Principal Anak Elang Harley Davidson of Jakarta, Sahat Manalu kepada media Viva, pengguna motor gede sebaiknya jangan menggunakan strobo dan sirine. Namun terkait suara knalpot memang tidak bisa terhindarkan.

Yup. Kapasitas mesin besar ya tentunya suara knalpot pun besar.

Manfaat Suara Knalpot Harley yang Menggelegar

Sejatinya suara knalpot yang menggelegar tidaklah hanya terdapat pada motor Harley Davidson saja, namun juga pada motor sport lain dengan kapasitas mesin besar. Misale saja Ducati Monster 1200S, Ducati Panigale V4S, Ducati Steetfighter V4, motor gede BMW dan lain-lain. Namun karena jumlah pengguna Indonesia lebih banyak Harley, maka suara knalpot menggelegar menjadi identik dengan Harley.

Bahkan bagi orang awam (khususnya orang kampung Mtb), ketika melihat moge lain jenis cooper semisal Yamaha Dragstar, Honda Shadow dan lain-lain pun akan menyebutnya sebagai “Harley”.

Jadi image motor cooper berkapasitas besar memang sudah sangat melekat pada Harley Davidson.

Apa manfaat suara menggelegar dari knalpot moge?

Jadi begini Om.

Moge sekelas Harley itu kan bobot kendaraannya sangat berat. Bisa lebih dari 3 kwintal, bahkan hampir 4 kwintal. Seperti misale motor Harley Davidson Road Glide yang pernah menjadi kendaraan Polri, itu bobotnya 388 kg.

Logikanya, yang namanya motor sebesar dan seberat itu kan tidak bisa bermanufer secara lincah dan melakukan rem mendadak. Jika kita paksa rem mendadak, maka potensi kecelakaannya sangat besar.

Dan yang namanya kecelakaan jalan raya kan bukan hanya membahayakan si penunggang Harley itu sendiri, tapi juga membahayakan pengguna jalan lain.

Nah, karena itu maka suara knalpot besar Harley memiliki keuntungan dalam hal peringatan kepada pengguna jalan lain. Intinya membantu bikers untuk menghindari kecelakaan, karena dengan suara yang besar itu orang lain jadi tahu keberadaan moge tersebut dan bisa menghindar untuk memberi jalan.

Sekilas seperti diskriminatif ya Om? Seolah-olah, mentang-mentang horang kaya, pakai motor mahal, jadi kita bikers motor kecil harus minggir. Iya tapi bukan begitu maksudnya. Memang untuk keselamatan, kita harus seperti itu. Jadi Om Bro jangan merasa menjadi korban diskriminasi.

Penggunaan Strobo dan Sirine pada Moge

Pada dasarnya penggunaan lampu strobo dan sirine adalah tidak boleh. Meskipun itu motor gede seharga milyaran rupiah, tetap tidak boleh. Tidak ada perlakuan istimewa atas hukum terhadap orang kaya. Kedua aksesoris itu hanya boleh untuk instansi tertentu semisal petugas Polisi. Gunanya adalah sebagai penanda aka isyarat kepada pengguna jalan lain bahwa ada kepentingan khusus yang membutuhkan prioritas jalan.

Demikian juga menurut Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia, Komjen (Purn) Nanan Sukarna.

Tapi yang namanya manusia ya ada saja yang melanggar.

Dan umumnya penunggang moge punya komunitas besar. Artinya pelanggaran-pelanggaran seperti itu selain menjadi tanggung jawab petugas penegak hukum, juga menjadi tanggung jawab komunitas / group moge’nya itu sendiri. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *