cara menghidupkan motor di pagi hari

Starter Honda Beat Ngadat? Spacy Saya Juga Suaranya “Bletaakk…!!!”

Motorisblog.com – Starter Honda Beat ngadat – Om Bro…!! Masalah starter motor tidaklah melulu ada pada aki (accu) dan motor starter (dinamo)-nya itu sendiri saja… Ada serangkaian komponen yang terhubung menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan daya start pada sarter elektrik motor.

Seperti yang kita sekalian ketahui, motor matik Honda generasi terdahulu mempunyai starter elektrik yang suaranya “kasar” (sebelum Honda menerapkan teknologi ACG starter). Hal ini kadang terdengar kurang nyaman di telinga.

Begitu juga yang Mtb rasakan pada Honda Spacy FI 2013 nan gendut kesayangan Mtb…

Dulu pada saat usia Spacy Mtb telah 3 tahun, Mtb merasa suaranya makin kasar… Sampai-sampai keluar suara “bletaakk…!!” ketika tombol starternya Mtb tekan. Bahkan kadang sampai macet… nggak mau start sama sekali.

Mtb sempat berfikir bahwa aki motor Mtb sudah lemah… mengingat usianya yang sudah 3 tahun dan dibebani oleh sistem AHO (Automatic Headlamp On). Tapi Mtb perhatikan klakson dan sein masih berfungsi dengan baik, yang artinya aki motor masih dalam kondisi baik.

Menurut hasil konsultasi Mtb dengan seorang mekanik bengkel umum dikampung Mtb, ternyata bostel starter motor Mtb sudah harus diganti (bostel adalah nama lain dari cool starter).

Dan memang benar… elektrik starter motor Mtb kembali normal setelah komponen tersebut diganti.

Lokasi penyimpanan bostel itu sendiri letaknya ada didalam motor (dinamo) starter… jadi jika Om Bro tidak memiliki kemampuan mekanis yang memadai, sebaiknya bawa ke bengkel terpercaya untuk penanganannya.

Nah Om… Bostel itu hanya salah satu dari beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab starter Honda Beat ngadat.

Selain bostel, masih ada beberapa kemungkinan kerusakan di bagian lain.

Beberapa Kemungkinan Penyebab Starter Honda Beat Ngadat (Starter Model Lama / non-ACG)

Khusus untuk Honda Beat, Vario dan jajaran produk skutik Honda lainnya yang masih menggunakan starter model lama… berikut ini beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab starter ngadat:

1. Aki (Accu / Baterai) Sudah Lemah

Untuk memastikan kondisi aki, cara sederhananya cukup mudah… Om Bro hanya perlu memeriksa fungsi klakson dan lampu sign (lampu sein) saja.

Penyebab Lampu Sein Mati, Flasher dan Saklar yang Paling Dominan

Intinya jika klakson dan sein dapat beroperasi dengan normal, maka itu artinya aki ada dalam kondisi baik.

Sebaliknya, jika klakson dan sein tidak menyala pada saat kunci kontak ‘On’, maka ada kemungkinan aki mati.

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati Total

2. Sekring Putus

Jika sein dan klakson tidak menyala pada kondisi kunci kontak ‘On’ itu pun belum tentu aki-nya yang mati. Periksa dahulu kondisi sekring sebelum Om Bro memvonis aki.

Pastikan bahwa sekring motor Om Bro ada dalam kondisi baik…

Jika ternyata sekring putus, berarti masalahnya ya sekring itu.

Ganti dengan sekring baru… kemudian jajal klakson, sein dan starter motor.

3. Motor Starter (Dinamo Starter) Rusak

Jika sein dan klakson sudah ada pada kondisi normal namun starter belum dapat menyala, maka ada kemungkinan dinamo starter-nya itu sendiri yang bermasalah.

Untuk memastikannya, datangi bengkel yang berkompeten… jika Om Bro tidak memiliki keahlian mekanis untuk memperbaiki sendiri di rumah.

4. Bostel (Cool Starter)

Ini yang Mtb ceritakan di atas…

Pada Honda Spacy FI… saat bostel telah rusak, suara starter menjadi sangat kasar dan kadang ada gejala seperti menyangkut… yaitu tidak ada respon saat tombol starter di tekan.

4. Bendik

Selain bostel, bendik yang rusak juga dapat membuat starter tidak merespon perintah tombol.

6. Otomatis Starter

Pada skutik Honda, posisinya ada didalam gearbox di sisi depan… dekat dengan dinamo starter.

Nah Om… itulah beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab starter Honda Beat ngadat.

Bukan hanya Honda Beat saja… tapi juga motor-motor yang lainnya.

Untuk pemeriksaan secara menyeluruh, sebaiknya Om Bro konsultasi kebengkel terpercaya… kecuali jika Om Bro punya ilmunya dan peralatan yang memadai atau pun pengalaman menangani masalah ini… maka Om Bro bisa memperbaikinya sendiri.

Dan satu hal lagi… tips ini hanya untuk starter skutik lama Honda yang suaranya menggelegar. Bukan untuk starter ACG Honda yang senyap. (Mtb).

2 pemikiran pada “Starter Honda Beat Ngadat? Spacy Saya Juga Suaranya “Bletaakk…!!!””

Tinggalkan komentar