Standar Touring Harley Davidson Indonesia: dari Patwal, Ambulance hingga Hiburan

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bagi kalangan super premium, biaya besar bukanlah masalah demi hobi. Seperti misale settingan touring Harley Davidson Indonesia yang secara biaya, pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Yup… Untuk kelas komunitas setingkat pengguna Harley, perjalanan touring bukanlah sekedar asal riding saja Om… Ada banyak persiapan disana, termasuk persiapan logistik dan sebagainya.

Bagi komunitas pengguna Harley Davidson, menikmati perjalanan touring adalah hal yang sangat penting…

Penting untuk terciptanya kenyamanan dan keamanan bersama., baik bagi peserta turing atau pun bagi orang-orang di sekitarnya.

Untuk mewujudkan rumusan yang demikian.., Harley-Davidson Owner Group (HOG) Anak Elang telah menetapkan ketentuan berkendara yang sesuai standar keamanan.

Standarisasi tersebut dikeluarkan bersama rencana turing resmi pertama HOG Anak Elang pada 4 Desember 2019.

Harley Davidson 250cc Makin Dekat, Investasinya Hampir Rp4 Triliun

Standar Touring motor Harley Davidson HOG

Bagi komunitas yang telah berdiri sejak tahun 2017 itu.., standar keamanan touring moge Harley Davidson tidak bisa dianggap remeh. Mereka betul-betul memperhitungkannya dengan matang.

Beberapa hal yang menjadi standar touring HOG adalah:

1. Patwal resmi dari kepolisian
2. Safety officer dari member Anak Elang
3. Road captain
4. Sweeper officer
5. Ambulance & tenaga medis

6. Bantuan teknis & spare part dari dealer
7. Backup car
8. Hiburan

Semua ketentuan standar tersebut ditetapkan untuk menangani hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi selama perjalanan. Utamanya medis.., itu merupakan kebutuhan mutlak. (Suherly, Director of HOG Anak Elang Jakarta Chapter – DetikOto (3/11/2019)).

Selain medis, backup car juga wajib adanya. Kebutuhannya ialah untuk membantu peserta yang kelelahan atau boncengan pindah ke mobil.

Masih ada lagi… Panitia juga menyajikan rangkaian kegiatan hiburan, termasuk kebutuhan akomodasi dan logistik selama perjalanan. Selebihnya, ada juga tim support yang mempersiapkan semua kegiatan turing sejak awal.

Jadi disini, member turing hanya fokus pada enjoy riding saja.., tanpa harus memikirkan makan, isi bensin dan sebagainya. Karena semuanya sudah diatur oleh HOG Anak Elang.

Touring Cikampek – Bali

Touring resmi pertama HOG digelar pada 4 Desember 2019 dari Cikampek menuju Bali.

Karena diadakan pada bulan Desember, maka artinya touring tersebut bersamaan dengan musim hujan.

Bagi HOG Anak Elang, musim hujan bukanlah masalah… Karena ada penyesuaian perjalanan terhadap cuaca yang mereka hadapi. Contohnya jika hanya hujan kecil dan cuaca di depan cerah, maka perjalanan akan terus dilanjutkan.

Jas hujan sudah jelas, wajib dipersiapkan…

Jika diperlukan, rombongan berhenti dahulu untuk mengenakan jas hujan, kemudian melanjutkan lagi perjalanan mereka. Namun jika curah hujan terlalu tinggi dan dianggap membahayakan, maka perjalanan ditunda hingga hujan reda.

Pertimbangan dan keputusan diambil oleh road captain yang kemudian di informasikan pada officer.

Lebih dari itu.., persiapan fisik menjadi syarat terpenting. Jika semua member siap dengan fisik yang baik.., maka kondisi cuaca hujan bukanlah halangan untuk menikmati perjalanan sampai tujuan. (Mtb).

Tinggalkan komentar