Kawasaki Kaze R

Spesifikasi Kawasaki Kaze R, Nyaris Tanpa Kekurangan…

Advertisement

Motorisblog.com – Spesifikasi Kawasaki Kaze R – Jika Om Bro sudah gede pada awal dekade 2000-an, Om Bro pasti tahu motor ini. Yup… Kaze-R adalah motor bebek dari Kawasaki, yang diluncurkan pada tahun 1996 dengan spesifikasi yang nyaris tanpa minus.

Advertisement

Foto pada artikel ini adalah Kawasaki Kaze versi kedua (kalau tidak salah). Soalnya yang Mtb tahu, versi pertama Kaze R masih menggunakan lampu belakang model buntung (seperti Honda Astrea Grand versi pertama).

Sebelum tahun 2000, Mtb hanya mengenal Kaze R melalui iklan televisi. Mtb pertama kali mengenal secara langsung Kawasaki Kaze R pada tahun 2000, saat boss Mtb membeli yang versi pertama (versi buntung (dengan status second)) untuk transportasi kuliah adiknya dari Bogor ke Jakarta.

Kawasaki Kaze R
Sumber: psychomotive.net

Saat itu Mtb belum banyak tahu tentang motor. Karena (walaupun saat itu usia Mtb sudah menginjak tahun ke-18), dikampung Mtb (hampir) tidak ada yang memiliki merk ini. Rata-rata yang ada adalah Honda Astrea Supra 100 dan Suzuki Shogun 110 (kebo). Bahkan Yamaha Crypton pun kurang banyak populasinya saat itu.

Ketangguhan Kawasaki Kaze

Menurut salah satu review di situs duniahariyadi.wordpress.com, Kawasaki Kaze R ini adalah motor yang sangat tangguh. Dia memiliki fitur dan gimik terdepan dikelasnya saat itu.

Kawasaki Kaze R
Sumber: jualo.com

Kawasaki Kaze R memiliki beberapa kelebihan yang belum dimiliki kompetitor dijamannya, semisal Disc Brake (rem cakram) pada roda depan serta Double Bulb Head Lamp (dua bohlam lampu utama). Selain itu, tangki bahan bakarnya juga telah dilengkapi dengan fitur bensin cadangan serta kran multiguna.

Menurut admin duniahariyadi.wordpress.com yang sekaligus juga pemilik Kawasaki Kaze R 2006, motornya tersebut sangatlah bandel. Bahkan, setelah motornya berusia 18 tahun, dia masih bugar dan belum pernah turun mesin. Padahal (menurutnya) Si Kawak Kaze ini memiliki jam terbang yang lumayan tinggi untuk transportasi kerja. Selain itu juga padat dengan aktifitas harian lainnya semisal antar-jemput anak, angkut air galon atau pun untuk sekedar mengangkut gas elpiji 3kg.

Perkara mesin pun tidak diragukan lagi. Sekali engkol, langsung nyala.

Sasis, komstir, garpu depan, serta keseimbangannya masih stabil.

Nah, saking sayangnya ini Si Admin sama Kawasaki Kaze R miliknya, dia tetap menyimpan dan menggunakan motornya tersebut meski sekarang telah memiliki motor-motor yang lain. Bahkan meskipun sekarang sudah memiliki moge 650cc.

Advertisement

Memang ya Om… Kalau bicara perkara motor jadul, semua pasti tahu lah, bahwa kualitas motor-motor dijaman itu memang good banget. Secara mereka masih impor dari Jepang. Beda dengan motor-motor zaman now yang lebih mengedepankan fitur-fitur dan kecanggihan secara elektrikal (digital), namun ringkih pada material dasar.

Spesifikasi Kawasaki Kaze R

Tidak banyak data yang bisa Mtb dapatkan perkara spesifikasi motor ini. Pasalnya, walaupun saat itu Kaze R juga nggak sepi-sepi amat, tapi belum ada efek dunia internet yang dapat mempercepat penyebaran informasi. Lah wong teknologi seluler saat itu hanya milik orang-orang kaya tok, apalagi jalur internet, masih sangat terbatas.

Jangankan jaringan internet yang luas, SMS saja saat itu masih belum dikenal. Jadi, hanya ini yang bisa Mtb rangkum:

  • Tipe Mesin: 4 stroke, 1 silinder
  • Kapasitas silinder: 112 cc
  • Starter: Elektrik dan kick starter
  • Sistem bahan bakar: Karburator
  • Kopling: Otomatis, sentrifugal, tipe basah
  • Transmisi: 4 percepatan
  • Berat kendaraan: 100 kg
  • Tipe rangka: Tulang punggung
  • Suspensi depan: Teleskopik
  • Suspensi belakang: Lengan ayun dengan peredam kejut ganda
  • Ukuran ban depan: 70/90-17
  • Ukuran ban belakang: 80/90-17
  • Rem depan: Cakram
  • Rem belakang: Tromol
  • Sistem pengapian: CDI

Jika diperhatikan dari spesifikasi diatas, ada dua poin yang menjadi perhatian Mtb, yaitu poin kapasitas silinder dan berat kendaraan.

Kapasitas mesin 112 cc saat itu tergolong besar untuk kelas bebek. Pasalnya, merk-merk lain masih dibawah angka itu. Misalnya Honda Astrea Supra yang 100cc (97,1cc); dan Yamaha Crypton yang 100cc.

Satu-satunya yang mendekati angka itu adalah Suzuki Shogun 110 aka Si Kebo.

Berat kendaraan 100 kg… Disini sebenarnya agak sangsi, apa iya seberat itu?? Tapi mungkin saja. Soale beberapa review menyebutkan bahwa Kawasaki Kaze R sangat stabil pada kecepatan tinggi. Dan akselerasinya pun agak alot diputaran atas, jadi mungkin itu efek plus-minus dari bobot tersebut. (Mtb).

Daftar Harga Motor Jadul Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki Pada Tahun 2003

Advertisement

4 komentar untuk “Spesifikasi Kawasaki Kaze R, Nyaris Tanpa Kekurangan…”

    1. Kalau menurut ilmu umum, karena usia Kaze sudah tergolong tua, maka disarankan untuk menggunakan oli yang relatif kental. Saran saya, pakai oli dengan SAE 20W-50 dan grade minimal API-SG.

      Usia motor yang sudah cukup tua pastinya part-part didalam mesin pun memiliki celah yang lebih lebar dibanding motor-motor muda. Karena itulah cocoknya pakai oli kental.

      Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah singgah di blog sederhana ini.

  1. memang stabil handling kaze ini om.
    waktu itu saya mencoba kaze 110 kawan dan dibandingkan bobotnya dengan shogun125 milik saya jauh beda memang.

    bobotnya anteb, suspensinya juara. pada saat itu supra series yg suspensinya empuk juga kalah nikmat dengan sistem suspensi kaze ini yg empuk namun minim mentul-mentul, & tenang.

    namun kurangnya memang dalam akselerasi dikemacetan. kayany tarikannya kalah dengan astrea star yg cuma 86cc.
    mirip yg selip koplingnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *