Spesifikasi Honda NSR 150, Kelebihan dan kekurangan Honda NSR 150, Honda NSR 150 SP Top Speed

Motorisblog.com – Spesifikasi Honda NSR 150, Kelebihan dan kekurangan Honda NSR 150, Honda NSR 150 SP Top Speed – Om Bro…!! Di era 1990-an Honda NSR 150 sempat menjadi motor sport fairing 2tak yang di pandang uwow oleh banyak bikers. Alasannya ada dua… yaitu karena performanya yang di atas rata-rata dari kemampuan produk kompetetor, dan yang kedua ialah karena image Honda yang identik dengan mesin 4tak, sehingga ketika dia memiliki produk 2tak maka hal itu seakan menjadi sesuatu hal yang luar biasa.

Tapi bukan hanya ‘seakan’, Honda NSR 150 memang memiliki performa yang luar biasa dikelasnya. Hal itu setidaknya diakui oleh Tommy Patria, salah satu mantan pembalap nasional yang hingga kini masih tetap menjadi pecinta Honda NSR.

Diciduk dari DetikOto, cinta Tommy terhadap Honda NSR bahkan hingga membuatnya tergerak untuk membuka bengkel spesialis NSR (Patria Techno) yang berlokasi di Jl.M.Yusuf No.24, Depok 2, Jawa Barat.

Bengkel yang melayani perkara servis rutin, servis besar, hingga restorasi original Honda NSR.

Kelebihan dan kekurangan Honda NSR 150

NSR di jamannya telah mengusung teknologi yang lebih maju dibanding kompetitor. Misalnya saja RC Valve dan Rangka Delta Box.

Laah… ini pengetahuan buat Fansboy Yamaha, jika merasa bahwa teknologi VVA dan Rangka Deltabox adalah ‘sesuatu’ yang lebih dari brand kesayangannya, maka sebenarnya Honda sudah duluan dari jaman Mtb masih bocah. Setidaknya di kelas motor cc kecil…

Jadi maaf ya… Mtb bukan Fansboy brand apa pun. Mtb hanya menilai produk-perproduk, tidak peduli apa pun merknya…

Lanjut…

Selain meningkatkan performa, teknologi RC valve juga membuat image Honda sebagai motor irit jadi tetap terjaga, sementara akselerasi lincah dari rpm rendah hingga rpm tinggi.

Yaa… seirit-iritnya motor 2tak pastinya tetap boros, tapi yang dimaksud disini (mungkin) lebih irit dari kompetitor.

Teknologi RC Valve (Revolutionary Controlled Valve) pada Honda NSR bekerja dengan cara mengatur lubang buang di semua putaran mesin sehingga power yang digapai bisa maksimal dan merata di tiap rpm.

RC Valve merupakan terobosan baru di dunia persilatan sepeda motor kala itu… So… disaat kompetitor masih menggunakan teknologi secara mekanis, maka RC Valve pada NSR sudah bersistem elektronis.

Komponen RC Valve ditempatkan pada blok kanan. Dia akan terbuka pada rpm tinggi dan menutup pada rpm rendah sehingga akselerasi NSR jadi responsif.

Namun… tak ada gading yang tak martin…

Wkwkwkwk… salah. Maaf, Ding…

Tak ada gading yang tak retak… Cara kerja RC Valve yang berkaitan dengan putaran mesin, dideteksi oleh CDI dan berhubungan langsung dengan komponen kelistrikan, semisal aki dan kiprok, maka sangat penting bagi Om Bro sekalian untuk selalu memeriksa voltage aki.

Bukan karena teknologi RC Valve itu jelek atau rewel, tapi karena usianya yang sekarang sudah tidak muda lagi… Sama seperti motor-motor jaman now yang pada 20 tahun yang akan datang pun pastinya sudah akan membutuhkan banyak pemeriksaan pada komponen-komponennya.

Begitulah Honda NSR 150 di jaman now… Dia sudah tua sehingga sistem elektroniknya membutuhkan perhatian khusus supaya supplai daya tetap konstan. Jika tidak, ketika aki nge-drop, maka motor akan mogok.

Sebaliknya, jika pengisian berjalan berlebihan (over charge), pun dapat ngerusak komponen-komponen lain, termasuk aki. Bahkan kemungkinan terburuk, komponen RC Valve pun bisa mengalami kerusakan.

Maka dari itu, pastikan aki, CDI dan kiprok selalu berada pada kondisi baik. Dan jika diperlukan, lakukan juga perawatan lainnya dengan memeriksa kabel-kabel dan melumasi kawat motor servo supaya buka-tutup RC valve tetap lancar sebagaimana mestinya.

Hal itu harus sangat diperhatikan, karena, jika perangkat RC Valve rusak, maka akan sangat sulit didapat part penggantinya. Jika pun ada, harganya jelas mahal… bisa berkisar Rp1 juta – Rp2 juta. Apalagi Honda NSR ini merupakan motor CBU Thailand yang kehadirannya di Indonesia melalui jalur importir umum, bukan di impor oleh APM… Jadi, ketersediaan spare part-nya pun tidak terjamin.

Sekilas Bengkel Tommy Patria (Patria Techno)

Tommy telah mulai aktif menangani Honda NSR sejak 2009 di garasi rumahnya di Cibubur. Hingga akhirnya pada tahun 2016, dia memutuskan untuk membuka bengkel Patria Techno.

Patria Techno telah banyak menangani Honda NSR dari sekitaran Jabodetabek, bahkan yang dari Pontianak dan Palembang.

Tommy ialah seorang Sarjana Ekonomi. Dia pun pernah bekerja kantoran, namun dikemudian hari Tommy lebih memilih untuk menekuni hobinya ketimbang menjalani rutinitas kerjanya sebagai pegawai kantoran.

Awal dibukanya bengkel Tommy belum lah menjadi spesialis Honda NSR. Dia mengerjakan segala merk yang mayoritas bermesin 2tak, seperti Ninja, RX King, Satria RU dan lain-lain.

Setelah menjadi spesialis Honda NSR, Tommy membawa bengkelnya pada genre restorasi restro modern. Artinya, Patrialis Techno tidak menerima modifikasi yang aneh-aneh. Pakemnya restorasi original. So… bukan memodifikasi, Tommy justru mengembalikan kondisi NSR (yang misalnya sudah di modifikasi aneh-aneh) menjadi kembali seperti aslinya lagi. Semua di kembalikan ke originalnya lagi. Kecuali dibeberapa bagian seperti ban, knalpot dan rantai, bolehlah menggunakan model jaman now…

Biaya dan waktu restorasi Honda NSR di Patrialis Techno

Menurut Tommy, tidak ada angka yang pasti perkara biaya restorasinya. Semua tergantung kondisi si motor itu sendiri.

Kisarannya bisa memakan biaya sebanyak Rp10 juta hingga Rp30 juta. Prosesnya pun terbilang lumayan lama… Paling cepat 4 bulan, tergantung datangnya spare part yang dipesan.

Sementara untuk biaya perawatan motor, Tommy mematok jasa servis ringan sebesar Rp150 ribu. Servisnya termasuk pemeriksaan kelistrikan, karburator, rantai dan radiator.

Sedangkan untuk servis besar, Tommy mematok jasa sebesar Rp250 ribu…

Menariknya, servis Honda NSR di bengkel Tommy ini pun ada garansinya. Tidak ada waktu yang ditetapkan dalam garansi, namun Tommy berani mengatakan bahwa garansinya seumur hidup. Artinya, jika ada masalah yang timbul karena kesalahan pengerjaan, maka Om Bro silahkan balik lagi dan sampaikan keluhannya pada Tommy.

Honda NSR 150 SP Top Speed

Ada beberapa review yang menyebutkan bahwa top speed Honda NSR 150 SP mencapai 180 km/jam. Tapi itu angka di dapat dari speedometer si motor,. Tentunya ada deviasi yang jika di ukur menggunakan GPS, kemungkinan kecepatannya berada di angka 150 km/jam.

Kecepatan tersebut tentunya terbilang mumpuni, mengingat kapasitas mesin yang hanya 150cc saja…

Dan itu pun tidak ada keterangan, kapan dilakukan test dan ketika si motor berada di usia berapa… Bisa jadi jika testnya di lakukan sekarang, capaian top speed-nya bisa lebih rendah, mengingat usia si motor yang sudah tidak muda lagi.

Kenapa yang Mtb sebutkan hanya top speed-nya varian SP saja??

Yaa… ngga apa-apa sih… Maksudnya karena varian SP merupakan varian tertinggi yang sekaligus juga menjadi pamungkas dari perjalanan produksi Honda NSR 150 Series.

Sekilas sejarah Honda NSR 150 Series

Sayangnya Mtb tidak mendapatkan sumber yang akurat perkara awal kelahiran NSR 150. Namun untuk perjalanannya di Indonesia, seri ini di awali dari Honda NSR 150R yang masuk ke Indonesia di tahun 1994 untuk bersaing dengan Suzuki RGR 150 dan Yamaha RZR 135.

honda nsr 150r

Perjalanan dilanjutkan dengan NSR 150 RR atau yang biasa di sebut NSR Astra pada tahun 1999.

honda nsr 150rr

Kenapa disebut NSR Astra??

Karena ketika itu, bersamaan dengan bergantinya nama Federal Motor selaku APM Honda di Indonesia menjadi Astra Honda Motor (AHM).

Setahun kemudian, di tahun 2000, dirilis lagi New NSR 150 RR yang secara basis mesin sebenarnya masih sama dengan pendahulunya… Hanya saja terdapat perbedaan pada CDI-nya, dimana NSR 150 RR masih menggunakan arus AC, sementara New NSR 150 RR sudah menggunakan arus DC.

new honda nsr 150rr

Tidak berselang lama, hanya setahun kemudian (lagi) yaitu di tahun 2001 Honda merilis NSR 150 SP yang mengusung banyak perubahan. Salah satu ciri khasnya adalah aplikasi single arm (Proarm / Swing Arm sebelah) serta labur tubuhnya yang bernuansa livery Repsol laiknya unit MotoGP Honda.

honda nsr 150 sp

Seperti yang sudah Mtb singgung di atas, NSR150SP merupakan yang tertinggi secara spesifikasinya.

Spesifikasi Honda NSR 150 R

Tipe mesin
. single cylinder, two stroke, 149cc

Bore x stroke
. 59 x 54.5 mm

Power maksimum
. 31 hp/10500 rpm

. Torsi maksimum
. 2.75 kg-m/10,000 rpm

. Transmisi
. 6 speed return

. Sistem pengapian
. Electronic CDI unit

Spesifikasi Honda NSR 150 RR

Tipe mesin
. single cylinder, two stroke, 149cc

Bore x stroke
. 59 x 54.5 mm

Torsi maksimum
. 2.75 kg-m/10,000 rpm

Transmisi
. 6 speed return

Sistem pengapian
. Electronic CDI unit

Spesifikasi NSR 150 New RR

Tipe mesin
. single cylinder, two stroke, 149cc

Bore x stroke
. 59 x 54.5 mm

Rasio kompresi
. 6.8:1

Power makaimum
. 37ps/10,000 rpm

Torsi maksimum
. 2.74 kg-m/9,000 rpm

Transmisi
. 6 speed return

Sistem pengapian
. Electronic CDI unit

Dimensi
. Panjang: 197cm
. Lebar: 68,5cm
. Tinggi: 106cm

Jarak sumbu roda
. 135,5cm

Berat kendaraan
. 120.9kg

Ukuran ban
. Depan: 90/80-17
. Belakang: 110/80-17

Spesifikasi NSR 150 SP

Masih seperti yang sudah Mtb ceritakan di atas, seri SP ini menjadi yang paling legendaris pada varian NSR 150 pada dekade 2000-an. Bahkan beberapa sumber ada yang berani menyebutnya sebagai raja motor 2tak dikelasnya.

Tidak berlebihan sih ya… mengingat power maksimum yang dapat digapai oleh NSR 150SP yang bisa tembus 39,5ps/10,500rpm. Jauh di atas Kawasaki Ninja 150RR yang kala itu hanya berkisar di angka 30ps saja.

Maka tak heran jika Honda NSR 150SP kala itu menjadi langganan juara balapan ASEAN CUP…

Torsi NSR 150SP yang merata dari rpm bawah hingga rpm atas, jelas mengungguli Ninja 150RR yang torsinya terasa kurang berisi pada putaran bawah. Bahkan ada kabar yang menyebutkan, bahwa, ketika test drag NSR 150SP vs CB400, itu NSR150SP mampu unggul tipis.

Swing Arm sebelah model monoarm selaiknya Honda MC28 NSR250 menjadi daya tarik tersendiri dari NSR 150SP. Alasannya, selain unik, model ini juga membawa kestabilan yang sangat baik dibanding kompetitor pada masa itu.

Desain jok dari NSR150SP yang model split seat juga menjadi kelebihan tersendiri… terbukti model jok seperti itu tetap terbawa hingga pada motor-motor sport jaman now.

Tipe mesin
. single cylinder, two stroke, 149cc

Bore x stroke
. 59 x 54.5 mm

Power maksimum
. 39.5 ps/10,500 rpm

Torsi maksimum
. 2.75 kg-m/10,000 rpm

Transmisi
. 6 speed return

Sistem pengapian
. Electronic CDI unit

Dimensi
. Panjang: 197cm
. Lebar: 68,5cm
. Tinggi: 106cm

Jarak sumbu roda
. 135,5cm

Berat kendaraan
. 122.4kg

Ukuran ban
. Depan: 90/80-17
. Belakang 120/80-17 or 130/80-17
(Mtb – Spesifikasi Honda NSR 150, Kelebihan dan kekurangan Honda NSR 150, Honda NSR 150 SP top speed).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: