Spek dan Harga Mobil Toyota Crown 2.5 HV G-executive

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bagi kelas ekonomi selevel Mtb, harga mobil Toyota Crown 2.5 HV G-executive adalah nominal yang mengerikan. Lah iya Om… Mobil dinas menteri ini banderolnya mencapai Rp1,5 miliar. Apa ngga ngeri itu Om…??

Yup… Pemerintah melalui Sekretariat Negara telah meresmikan bahwa Toyota Crown 2019 G Executive yang menjadi kendaraan dinas menteri kabinet Presiden Jokowi – Ma’ruf Amin selama periode 2019 – 2024. Selain itu, sedan mewah ini juga menjadi kendaraan pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden dan mantan wakil presiden.

Toyota Crown 2019 Review

Toyota Crown HV G Executive adalah mobil hybrid yang ramah lingkungan. Sesuai dengan namanya yang mengandung huruf HV, yang maknanya adalah ‘Hybrid Vehicle’.

Segini Konsumsi BBM Mobil Hybrid 5 Model Toyota

Menilik dari peruntukkannya yang digunakan untuk kendaraan para menteri, sudah barang tentu mobil ini mengandung banyak fitur-fitur mewah dan memiliki kenyamanan ekstra. Misale saja dengan adanya dua layar di dashboard yang masing-masing berukuran 7 inch dan 8 inch. Layar itulah yang berfungsi untuk Data Communication Module atawa menjadi pusat pengatur beragam fitur di mobil.

Area kokpit didekorasi dengan aksen kayu yang menampilkan kesan elegan… Sementara joknya menggunakan bahan kulit terbaik. Selebihnya, di mobil ini, Toyota untuk pertama kalinya mengadopsi fitur baru yang diberi judul Rear ‘Pedestrian Support Brake’.

Fitur lainnya lagi yang dikandung oleh mobil menteri ini ialah Drive Mode Select… Dengan fitur tersebut, pengemudi dapat memilih mode berkendara yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Di Jepang sana, sedan mewah ini punya nama Toyota Crown 2.5 G Executive Four yang adalah salah satu dari 21 varian lain seperti G Four, S Four, RS Four dan RS Advance.

Toyota Crown 2.5 G Executive Four adalah generasi ke-15 yang dibangun di atas platform TNGA terbaru bersistem penggerak Four-Wheel Drive (4WD). Platform ini diklaim lebih rigid dan ringan sehingga dapat memberikan kemampuan menikung dan handling yang lebih baik.

toyota crown 2.5 hv g-executive 2019 menteri kabinet jokowi

Spesifikasi Toyota Crown 2.5 HV G-executive

Mesin 4-silinder 2.487cc Dynamic Force Engine Hybrid System THS II
Kode Mesin A25A-FXS
Power Maksimum 223 hp
Torsi Maksimum 221Nm/3.800-5.400 rpm
Konsumsi Bensin 19,4 km/liter
Sistem Transmisi CVT
Sistem Penggerak All wheel drive
Dimensi Panjang 491 cm
Lebar 180 cm
Tinggi 145,5 cm
Wheelbase 292 cm
Fitur Drive Mode Select
Panel kayu
Lampu pintu LED
Sistem penyejuk udara di baris ke-2
Dynamic Radar Cruise Control
Lane Tracing Assist (LTA)
Auto High Beam
Adaptive High Beam System
Road Sign Assist
Intelligent Clearance Sonar
Rear Pedestrian Support Brake
Rear Cross Traffic Auto Brake

Toyota Crown Hybrid 2019 Harga

Jika mengintip dari informasi di web resmi Toyota Global, harga Toyota Crown Menteri Kabinet Jokowi periode ke-2 ini adalah JPY6.323.400.

Jika diasumsikan kurs Yen adalah Rp133,67,, maka banderol mobil ini adalah sekira Rp845 jutaan.

Namun ketika unitnya di impor ke Indonesia, harganya bisa mencapai sekira Rp1,5 miliar. (Riki Rusdiono, Koordinator Kepala Cabang Auto2000 DKI 1 – Kompas (29/10/2019)).

Jumlah Unit Toyota Crown 2.5 HV G-executive di Indonesia

Dan rupanya Om… Crown Hybrid ini didatangkan ke Indonesia benar-benar special untuk kendaraan para pejabat negara saja. Sama sekali tidak dijual untuk umum… Maka jumlah unitnya pun terbatas.

Toyota Crown 2.5 HV G-executive didatangkan ke Indonesia hanya sebanyak 102 unit. Itu pun yang 1 unit merupakan unit homologasi. Jadi yang benar-benar digunakan adalah 101 unit.

Unit homologasi adalah bahan riset untuk diriset serta diuji kelayakannya oleh Kemenag. Setelah hasil riset dan pengujiannya dinyatakan baik, barulah 101 unit sisanya dikirim ke Indonesia.

Layanan Servis Toyota Crown 2.5 HV G-executive

Sesuai dengan peruntukkannya yang ‘khusus’, maka layanan perawatannya pun dilakukan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) Service yang khusus pula dengan pihak Auto2000. Kabarnya untuk tahun ini, servis mobil menteri ditangani oleh Auto2000 cabang Pramuka, Jakarta.

Pola servisnya ialah melalui Toyota Home Service (THS) untuk pemeriksaan dan servis ringan (perawatan berkala)… Kecuali jika ada ada servis khusus yang membutuhkan peralatan canggih, barulah unit mobil dibawa ke bengkel. (Mtb).

Satu tanggapan untuk “Spek dan Harga Mobil Toyota Crown 2.5 HV G-executive

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: