Soal AC Mobil Penyebab Kanker, Ini Penjelasannya…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Samar-samar Mtb pernah mendengar isu perkara AC mobil penyebab kanker. Isunya ialah jika mobil lepas kepanasan dibawah terik matahari, kemudian Om Bro langsung menyalakan AC seketika setelah masuk ke dalam kabin.

Tapi apakah itu benar adanya…??

Om Bro…!! Didunia yang serba digital seperti sekarang ini, kita musti pandai memilah informasi. Karena dari sekian banyaknya berita yang beredar setiap hari, diantaranya ada yang benar, ada yang samar, bahkan ada yang sifatnya hoax.

Lantas, apakah benar adanya soal cerita AC mobil menyebabkan kanker…??

Secara detail, informasi yang berkembang tersebut mengatakan bahwa kabin mobil yang panas dan pengap selepas parkir dibawah terik matahari dapat mengakibatkan reaksi kimia tertentu ketika AC mobil dinyalakan. …dan ketika udara tersebut terhirup, maka udara itu beresiko menimbulkan kanker.

Alasannya (katanya) ialah lantaran kontaminasi udara yang panas dari material dalam kabin, misale bahan pelapis jok, pengharum mobil, bahan plastik dashboard dan lain sebagainya.

Namun jika menilik dari pernyataan PT Suzuki Indomobil Sales dan ungkapan Didi Ahadi, yakni Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, mereka membantah isu tersebut. Pasalnya, hingga saat ini belum pernah ada penelitian resmi yang mengatakan demikian. (Viva, 27/12/2018)

So,… jadi jelas ya Om… bahwa informasi itu tidaklah benar. Namun demikian, mereka tetap menyarankan agar kita membuka kaca jendela mobil sejenak sebelum menyalakan penyejuk udara di dalam kabin. Namun bukan karena resiko kanker, melainkan untuk sirkulasi udara, supaya ada pertukaran antara udara panas dalam mobil dengan udara normal dari luar.

Dengan cara demikian, maka nantinya proses penyejukan bakal berjalan lebih cepat dibanding jika sebelumnya Om Bro tidak membuka kaca jendela mobil. (Mtb – AC mobil penyebab kanker).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: