Skill Kontes Honda Indonesia 2019 Berikan Hadiah Beasiswa pada Pelajar SMK

Motorisblog.com – Om Bro…!! Skill kontes Honda Indonesia sebagai salah satu wujud upaya AHM dalam menciptakan SDM unggul, sukses di gelar secara nasional. Event tersebut memberikan hadiah beasiswa pada tiga orang juara dan pada beberapa orang siswa lainnya yang masuk ke babak final.

Yup… Dalam rangka mewujudkan upaya mencetak SDM unggul, PT Astra Honda Motor (AHM), menggelar kompetisi tingkat siswa dan guru SMK se-Indonesia yang bermitra di bawah binaan AHM. Kompetisi tersebut bertajuk ’10th Astra Honda Skill Contes (AHSC) for Vocational School 2019′ dan digelar secara regional serta secara nasional.

Tujuan dari event ini ialah untuk memajukan pendidikaan vokasi agar nantinya para peserta siap berkompetisi di dunia industri…

Pada kompetisi ini, AHM bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer motor Honda di 34 provinsi di Indonesia. Hasilnya, ada 23.371 siswa dan 400 orang guru yang ikut dalam tahapan seleksi. Mereka adalah siswa dan guru dari 686 SMK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

10th astra honda skill contest ahsc for vocational school 2019

Betul Om… Pada momen satu dekade penyelenggaraan AHSC ini, AHM memperluas kategori untuk peserta kontes, yaitu kontes para guru SMK.

AHSC 2019 mengusung tema ‘Satu Hati Wujudkan SDM Unggul’… Kompetisinya dimulai dari tingkat sekolah, kemudian naik ke tingkat regional yang diadakan oleh main dealer motor Honda masing-masing wilayah selama bulan Januari hingga Agustus 2019.

10th astra honda skill contest ahsc for vocational school 2019

Setelah tingkat regional, AHSC memasuki puncak kompetisi tingkat nasional di Jakarta pada 14-17 Oktober 2019. Disana ada 40 siswa dan 27 guru terbaik, perwakilan dari 27 main dealer, yang berkompetisi hingga menghasilkan 3 juara terbaik nasional.

10th astra honda skill contest ahsc for vocational school 2019

Penilaian kontes dilakukan melalui uji tulis dan uji praktek…

Pada ujian tertulis, para peserta diuji pengetahuannya terkait teknologi teranyar motor Honda. Sementara pada ujian praktek, para peserta diuji keterampilannya dalam menganalisa masalah teknis mesin, rangka, kelistrikan dan trouble shooting motor Honda.

Disisi lain, pada bagian ujian para guru, ada satu ujian khusus berupa materi uji kompetensi pedagogik.

Program ’10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 merupakan salah satu bagian dari upaya AHM dalam membantu pemerintah… Yaitu dalam rangka menyiapkan generasi muda yang terampil dan menguasai perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia. Juga dalam rangka meningkatkan kemampuan pengetahuan teknik para tenaga pengajar SMK yang berada di bawah binaan PT AHM.

Dengan kata lain, AHM ingin turut berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan vokasi industri SMK. (Ahmad Muhibbudin, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) – via press release AHM (18/10/2019)).

AHSC 2019 menjadi salah satu upaya pendekatan komprehensif dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di industri roda dua… Khususnya bagi SMK yang telah mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Kompetisi ini juga menjadi sarana kalibrasi bagi para guru dalam penguasaan materi pendidikan… Yang pada akhirnya nanti dapat melahirkan SDM unggul yang berdaya saing tinggi, baik untuk bekerja di bidang industri, atau pun untuk menjadi wirausaha mandiri.

Di pihak pemerintah sendiri, saat ini pemerintah tengah menempatkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai skala prioritas melalui beragam program peningkatan kompetensi. Nah, AHSC 2019 ini menjadi salah satu upaya nyata dalam meningkatkan kompetensi generasi muda… Yaitu melalui kemitraan ideal antara dunia pendidikan dan dunia industri. (Ni’am Sholeh, Deputi Bidang Pengembangan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia).

AHSC juga menjadi ajang pembuktian kemampuan teknikal dan upaya perluasan jaringan belajar dalam hal tradisi dan budaya baru dunia persilatan industri. Harapannya nanti, dengan skill yang mapan, akan muncul kreatifitas dan keberanian yang pada akhirnya menjadi inovasi industri dan kewirausahaan.

Bagi para pemenang kompetisi AHSC 2019, AHM memberikan apresiasi yang luar biasa bagi tiga pemenang terbaik di kategori siswa… Yaitu berupa beasiswa pendidikan tingkat lanjut.

Pemenang pertama AHSC 2019 mendapat beasiswa prestasi Astra senilai Rp8 juta untuk kuliah di Politeknik Manufaktur Astra… Juga mendapat fasilitas bebas uang kuliah serta tambahan subsidi biaya hidup selama 3 tahun.

Sementara itu bagi juara ke-2, ia mendapatkan beasiswa sebesar Rp5 juta… Dan bagi pemenang ke-3, hadiahnya ialah beasiswa sebesar Rp3 juta.

Tidak hanya juara 1, 2 dan tiga saja, para finalis kontes juga mendapat apresiasi bea siswa pendidikan senilai Rp1 juta.

Beralih ke kategori guru…

Di kategori tenaga pengajar ini, pemenang pertama mendapat hadiah uang tunai Rp8 juta… Sementara bagi juara kedua dan ketiga, masing-masing mendapat Rp5 juta dan Rp3 juta.

Belum habis sampai disitu,, untuk SMK yang siswa-nya menjuarai kontes, pihak sekolah mendapat hadiah khusus berupa unit sepeda motor… Sementara tujuan pemberian hadiah berupa unit motor itu sendiri ialah untuk melengkapi materi ajar di sekolah para pemenang.

Hadiah motor tersebut adalah Honda PCX CBS untuk juara-1, Honda CB150R untuk juara-2 dan Honda Vario 150 untuk juara-3. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: