Sistem Rem ABS Pada Motor Akan Diwajibkan, Ini Plus Minusnya…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Wacana perkara wajibnya sistem rem ABS pada motor cc kecil tengah ramai di beritakan. Namun ada satu hal yang masih mengganjal lantaran harga rem ABS sekarang ini masih tergolong mahal sehingga secara otomatis membuat harga motor terkerek naik.

Kemudian pertanyaannya, apakah dengan wajib sistem rem ABS sepeda motor, lantas jumlah kecelakann akan serta-merta berkurang…??

Jawabannya ialah, “belum tentu”. Namun begitu, bukan berarti aplikasi ABS pada motor-motor kecil tidak ada manfaatnya. Tentu tetap ada menfaatnya yang dalam jangka panjang pun bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, khusunya roda dua.

Penjelasannya begini…

Fungsi dasar dari sistem ABS ialah mencegah terjadinya slip pada roda. Iya memang… dengan fitur ini, resiko kecelakaan gegara slip ban dapat ditekan minimal… tapi… kenyataan berkata bahwa penyebab utama kecelakaan motor bukanlah gegara rem yang bukan ABS… melainkan lebih karena prilaku pengendara dan kondisi yang tidak aman.

So… yang lebih penting ialah membenahi dulu perkara perilaku pengendaranya, termasuk pembenahan safety riding. Pasalnya, secara langsung ABS tidak akan dapat memberi pengaruh yang signifikan jika perilaku pengendaranya tidak di tertibkan terlebih dahulu. Singkatnya, motor-motor kecil jarang terjadi slip akibat hard breaking karena bobotnya pun relatif ringan.

ABS hanya lebih efektif untuk aplikasi pada motor-motor yang relatif besar dan cepat.

Namun sekali lagi…, bukan berarti ABS tidak ada gunanya… ABS tetap penting… hanya saja, jika dihubungkan dengan tujuan untuk mereduksi tingkat kecelakaan, maka Mtb katakan bahwa ada hal lain yang lebih penting dibanding wacana wajib ABS,… yaitu soal safety riding dan perilaku berkendara.

Kemudian jika kita kaitkan dengan banderol, maka seperti yang sudah Mtb sebutkan di atas, aplikasi rem ABS akan membuat harga motor menjadi lebih mahal. Dan dalam hal ini tentu ada plus minusnya juga…

Ketika harga motor-motor kecil menjadi mahal, maka hal itu tentunya memberatkan calon konsumen dengan kemampuan finansial yang pas-pasan. Yang pada akhirnya dapat menurunkan jumlah penjualan sepeda motor.

Sepertinya buruk ya…?? Tapi ada juga sisi baiknya…

…jika hal itu terjadi, maka akan banyak orang yang beralih pada alat transportasi umum. Singkatnya, jumlah populasi motor berkurang, maka dengan sendirinya jumlah kecelakaan motor pun akan berkurang.

Kemungkinan lainnya adalah… pabrikan akan meciptakan motor-motor dengan kapasitas mesin yang lebih kecil lagi dengan fitur seadanya demi menekan harga jual. Ya itu pun bagus… Logikanya, motor cc kecil tanpa fitur-fitur lebih kan pastinya punya power kecil sehingga tidak akan melaju terlalu kencang.

Lah iya… selama ini fatalitas pada kecelakaan motor kan lebih sering di akibatkan karena kecepatan tinggi dan perilaku yang tidak aman.

Coba Om Bro yang udah rada tua, ingat-ingat jaman motor-motor masih bermesin 70cc dengan gigi percepatan hanya tiga level… Jarang terjadi kecelakaan fatal karena motornya pun pelan… iya tentu juga karena populasi kendaraan saat itu hanya sedikit.

Pamungkasnya… secara pribadi sih Mtb mendukung wacana wajib ABS karena dalam jangka panjang bisa menekan jumlah kecelakaan. (Mtb – Sistem rem ABS pada motor).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: