Sejarah Mobil Jepang, Perjuangan Mereka Bukan Hitungan Hari

Motorisblog.com – Sejarah mobil Jepang. Om Bro…!! Jika di dunia sepeda motor ada Honda yang menjadi raja, maka di dunia persilatan mobil ada Toyota yang menjadi raksasa. Contoh di Indonesia, tampak jelas bagaimana dominasi Kijang series dan Avanza series telah menguasai mayoritas market share. Jadi, jika pun sekarang Mitsubishi mulai menyeruak dan mecoba menggulingkan tahta Toyota, sejatinya hal itu belum begitu lama. Baru beberapa bulan / tahun belakangan ini saja.

SEJARAH MOBIL TOYOTA

Om Bro…!! Kedigdayaan Toyota di dunia persilatan mobil tentu bukanlah hasil kerja santai. Juga bukan hasil kerja keras semalam dua malam atau pun seminggu dua minggu. Ada banyak cerita tersimpan di sana, dalam perjalanan berdirinya merk Toyota.

Toyota didirikan oleh Kiichiro Toyoda. Awalnya nama Toyoda itulah yang dibuat merk, namun dikemudian hari, huruf “D” dirubah menjadi huruf “T” sehingga menjadi Toyota.

Alasan dari penggantian huruf D menjadi huruf T adalah karena kepercayaan / tradisi yang ada di Jepang. Pasalnya, dalam huruf kanji Jepang, penulisan nama Toyoda membutuhkan 10 langkah. Sementara 10 dalam huruf kanji Jepang ditulis dengan tanda plus (+). Nah, tanda plus itu sendiri dalam tradisi Jepang memiliki arti lain, yakni perempatan jalan, ekstensi dan kebimbangan. Karena itulah langkah penulisan dikurangi hingga menjadi 8 langkah yang jika diterjemahkan dalam ejaan huruf latin, maka huruf D berubah menjadi T.

Sementara itu, angka 8 dalam budaya Jepang mengandung arti keberuntungan. Maka fix-lah, merk Toyoda berganti menjadi Toyota.

Dikemudian hari setelah menjadi besar, Toyota juga membawahi merk mewah untuk mobil, yakni Lexus. Dan Lexus itu sendiri merupakan akronim dari Luxury Export to the United States.

Hingga saat ini Toyota telah dan masih menjadi produsen mobil terbesar di dunia. Dan untuk mengenang perjalanan perjuangannya, dibangunlah Museum Toyota yang berlokasi di Nagoya, Jepang. Tempatnya didekat rumah pendiri Toyota, Kiichiro Toyoda.

Museum Toyota dibangun pada bulan September 1974 ketika produksi mobil Toyota telah mencapai 10 juta unit. Uwow…!!

Om Bro…!! Awal sejarah Toyota sebenarnya bukanlah perusahaan industri mobil. Sakichi Toyoda (1867-1930) adalah seorang industrialis pertama Jepang yang sekaligus juga salah satu penemu mesin tenun.

Berbaliknya haluan Toyoda dari industri tenun ke industri mobil diawali pada tahun 1920 – 1930an ketika mobil-mobil Amerika, yakni Ford dan GM mulai masuk dan merakit mobilnya di Jepang. Kiichiro Toyoda merasa resah karena saat itu belum ada produsen otomotif lokal yang berhasil dari sisi pandang bisnis.

Kiichiro Toyoda pergi ke Eropa dan Amerika dan sepulangnya dari sana, dia segera membangun tim untuk mendirikan pabrik otomotif. Dari sanalah dia mulai membongkar mobil-mobil AS semisal Chevrolet, pada tahun 1933 untuk mengetahui berbagai suku cadang di dalam mobil tersebut.

Dimulai dari langkah tersebut, Toyoda berhasil membuat mobil dengan mesin yang lebih kecil dibanding mobil Chevrolet yang dibongkarnya sebagai bahan studi.

Perjuangan Toyoda tidak hanya sampai disitu. Mereka melanjutkan riset dengan mulai memproduksi blok silinder pada Juli 1934. Dan klimaksnya, pada bulan September 1935, Toyoda telah melakukan test run mobil produksi mereka sendiri.

Mobil jenis penumpang yang pertama dihasilkan adalah Toyoda Model AA Sedan yang dirilis pada September 1936.

sejarah mobil jepang
Toyoda (Toyota) Model AA

Selain hanya memproduksi mobil penumpang, Toyoda pada periode tersebut juga membuat beberapa model truk, diantaranya,

. Toyoda Model G1 Truck, 1935

. Toyota Model GB truck, 1938

. Toyoda Model G1 Truck, 1935

. Toyota Model GB truck, 1938

. Toyota Model AE (Shin-Nihon-Go), 1939

. Toyopet Model SA small passenger car, 1947

. Toyota Model AE (Shin-Nihon-Go), 1939

. Toyopet Model SA small passenger car, 1947

. Toyopet Model SB small truck, 1947

. Toyota Model BM truck, 1947

. Toyopet Model SB small truck, 1947

. Toyota Model BM truck, 1947

Perjalanan Toyota sempat tersendat saat Jepang kalah dalam Perang Dunia II di tahun 1945. Jepang mengalami kebangkrutan masif. Banyak industri-industri berguguran, namun Toyota mampu untuk tetap bertahan dari goncangan krisis tersebut.

Dimasa itu, mobil produksi Toyota yang paling mendapat sorotan adalah Toyopet Crown Model RS yang rilis perdana pada tahun 1955. Mobil ini merupakan mobil pertama yang benar-benar diproduksi di Jepang secara utuh.

Om Bro… Toyoda awalnya hanya bermimpi untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Namun terbukti bahwa kekuatan mimpi dapat memberikan hasil yang luar biasa jika ketika terbangun, kita benar-benar berusaha keras untuk mewujudkan mimpi tersebut.

ARTI KATA NISSAN

Sejarah mobil Jepang berikutnya adalah merk Nissan. Namun sayang sekali Mtb kurang cukup mendapatkan referensi lengkap. Hanya sekilas filosofi dari namanya saja.

Nissan berasal dari kata Ni yang dalam bahasa Jepang artinya matahari. Sementara makna dari kata Nissan secara utuh adalah berarti tempatnya matahari terbit. Jadi, Nissan bisa pula di artikan sebagai “berasal dari Jepang”.

ASAL MULA MERK DATSUN

Semula Datsun bukanlah sebuah merek, melainkan nama salah satu mobil yang diproduksi oleh Kaishinsha Motorcar Works.

Cerita diawali pada tahun 1914 ketika ada tiga orang desainer mobil yang memiliki nama dengan initial D, A, dan T. Dari situlah kemudian mobil hasil desain mereka dinamakan “Dat”.

Dat dalam filosofi Jepang memiliki arti “lari seperti kelinci”. Namun seiring waktu, permintaan akan mobil Dat terus menurun. Nama perusahaan pun akhirnya diganti menjadi Dat Motor Company.

Dat Motor Company berganti haluan dan mulai memproduksi truk-truk militer. Hingga pada tahun 1925, saat pemerintah Jepang mengganti beberapa regulasi yang mengatur bahwa tidak ada kewajiban memilik SIM untuk mengemudikan mobil berkapasitas di bawah 500cc, maka Dat Motor Company kembali memproduksi mobil-mobil kecil.

Pada perkembangannya, nama Dat dibubuhi dengan kata “son” sehingga nama lengkap si mobil menjadi Datson (Son of Dat (Anak dari Dat)). Tapi sayang… di Jepang, kata “Son” memilikk arti “kehilangan”.

Untuk memperbaiki makna dari nama mobilnya, maka kata Son diganti dengan kata Sun sehingga nama lengkapnya menjadi Datsun.

SEKILAS TENTANG HONDA

Merk Honda pun termasuk dalam bahasan sejarah mobil Jepang yang mengambil nama belakang dari pendirinya, Soichiro Honda.

Salah satu merk mobil mewah yang berada dalam naungan Honda adalah Acura. Tapi nama Acura tidak digunakan di Jepang. Acura RLX misalnya, di Jepang dinamakan Legend. Sementara TSX di beberapa wilayah berganti nama menjadi Accord. Dan satu lagi, NSX pun menjadi Honda NSX di Jepang.

sejarah mobil jepang
Desain Honda Accord 1977-1982

ASAL MULA NAMA SUBARU

Dimasa lalu, Subaru adalan salah satu divisi dari perusahaan Fuji Heavy Industries. Nama Subaru di ambil untuk merepresentasikan suatu kesatuan dan sebagai bagian dari rasi bintang.

SEJARAH BERDIRINYA MITSUBISHI

Dalam sejarah mobil Jepang, Mitsubishi juga merupakan salah satu merk mobil dengan pangsa pasar yang besar. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir, penjualan beberapa tipe mobil Mitsubishi di Indonesia mampu menggugurkan dominasi Toyota.

Nama Mitsubishi berdiri dari dua kata, Mitsu yang berarti tiga dan Hishi melambangkan sebuah tanaman water chestnut. Hishi di Jepang memiliki lambang seperti logo berlian. Maka Mitsubishi berarti tiga berlian.

Meski merk Mitsubishi bukan yang pertama berdiri di Jepang, tapi dia adalah yang pertama kali punya mobil penumpang untuk masyarakat Jepang.

Lokasi pabrik Mitsubishi terletak di Okazaki, Aichi, Jepang dimana terdapat pula Mitsubishi Auto Gallery di dekat area pabrik.

Mitsubishi Auto Gallery merupakan sebuah museum yang berisikan kendaraan dari masa-masa awal berdirinya merk Mitsubishi.

Mitsubishi sejatinya bukanlah hanya industri mobil. Namun secara skala, industri mobil merupakan inti bisnis disamping industri lainnya, yakni kapal, pesawat, bahkan hingga roket.

Selain induatri otomotid, Mitsubishi juga memiliki lini bisnis lain dibidang makanan dan fashion.

Sejarah berdirinya merk Mitsubishi dimulai sejak tahun 1870-an, tapi dalam hal industri mobil, pergerakannya baru dimulai pada tahun 1917.

Mitsubishi Model A adalah generasi mobil penumpang Jepang yang pertama yang diproduksi massal. Menggunakan mesin berkapasitas 2.800 cc dengan dimensi (panjang) 3,8 meter dan diproduksi sebanyak 30 unit (termasuk prototipenya).

sejarah mobil jepang
Mitsubishi Model A

Selain Model A, produk unggulan Mitsubishi lainnya adalah mobil sport Galant dan mobil reli Pajero. Kini, usia Mitsubishi Motors Corporations sudah menginjak 101 tahun jika dihitung sejak 1917.

SEJARAH MOBIL JEPANG MAZDA

Sebelumnya, Mazda di Jepang bernama “Matsuda”. Nama yang diambil dari nama sang penemu, yaitu Jujiro Matsuda.

Matsuda di Jepang memiliki arti “ladang Pinus”.

Pada perjalanannya, dikemudian hari suku kata “tsu” diganti menjadi huruf “Z”. Yaitu mengambil inspirasi dari nama Dewa Cahaya dalam tradisi Jepang serta menganut paham kebijaksanaan Zoroastrianisme, yakni Ahura Mazda.

Seperti merk-merk lain, Mazda juga memiliki museum yang berlokasi di Hiroshima.

Om Bro…!! Sama dengan Toyota, merk Mazda awalnya pun bukan industri mobil. Pertama kali didirikan pada tahun 1920, Mazda dibawah nama perusahaan Toyo Cork Kogyo Ltd. adalah produsen gabus, seperti gabus penutup botol.

Setelah 7 tahun sejak berdirinya, nama perusahaan pun berganti menjadi Toyo Kogyo Ltd.

Kendaraan yang pertama dari Toyo Koygo Ltd., adalah Mazda-go DA, yakni truk roda tiga yang mirip dengan sebuah motor.

sejarah mobil jepang
Mazda-go

Mazda-go terdiri dari beberapa tipe, salah satunya adalah tipe TCS yang diluncurkan pada tahun 1935.

Meski berbentuk mobil roda tiga yang mirip dengan motor, Mazda-go telah mengusung teknologi yang unik, misalnya saja pada bagian struktur mesin dan transmisi yang terintegrasi.

Pada tahap awal, Mazda mendapat bantuan dari Mitsubishi dalam hal penjualan. Maka pada saat itu terdapat logo 3 berlian (mitsubishi) pada kendaraan-kendaraan produksi Mazda.

Truk 3 roda Mazda-go mengusung mesin 654 cc dengan power mencapai 13,2 ps/3.300 rpm. Bobotnya 400 kg dengan dimensi (panjang x lebar) 2.780 mm x 1.190 mm. (Mtb – Sejarah mobil Jepang).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: