Segini Seharusnya Tekanan Angin Ban Motor Matic, Bebek dan Sport

Motorisblog.com – Om Bro…!! Tidak semua orang memahami dan mau peduli dengan standar tekanan angin ban motor. Kebanyakan orang hanya memperkirakannya saja, sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

Padahal akibat tekanan ban kurang atau berlebih dapat menyebabkan ban benjol-benjol, bahkan beresiko pecah saat motor melaju. Dan jika itu terjadi, Om Bro sekalian pasti tahu resikonya… Motor bisa hilang keseimbangan, bahkan bisa terpelanting dan jatuh.

Yup… Ban pada sepeda motor itu ibaratnya telapak kaki. Dia menjadi tumpuan utama dan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Karenanya tekanan angin ban harus diperhatikan dan disesuaikan dengan yang seharusnya.

Dampak ban kurang angin akan membuat berkendara menjadi limbung. Selain limbung, tarikan mesin pun jadi terasa berat. Lebih dari itu, ban jadi lebih cepat timbul retak di sisi samping, sehingga membuat ban rentan bocor atau bahkan pecah. Tidak hanya sampai disitu, ban pun rentan benjol dan velg beresiko “terluka” jika sewaktu-waktu roda menghantam lubang jalanan.

Sementara jika tekanan angin terlalu tinggi, maka “bantingan” motor terasa keras dan tidak nyaman. Selain itu, tekanan angin yang terlalu keras juga punya resiko yang sama dengan ban yang kurang angin. Yaitu dapat menimbulkan benjolan jika Om Bro menghantam lubang jalanan. Juga dapat menimbulkan benjolan bahkan beresiko pecah jika ban yang digunakan sudah relatif tipis.

Lantas, seberapa kencang sih tekanan angin ban motor yang seharusnya??

Untuk lebih pastinya, silahkan buka buku panduan manual motor Om Bro masing-masing… Sedangkan untuk gambaran global pada motor harian, Mtb telah menciduk sedikit informasi dari Viva (4/6/2019) berikut ini:

Motor Skutik
. Ban depan 28 ~ 30 psi
. Ban belakang 31 ~ 33 psi

Motor Bebek
. Ban depan 29 ~ 30 psi
. Ban Belakang 31 ~ 33 psi

Motor Sport
. Ban depan 32 ~ 34 psi
. Ban belakang 39 ~ 41 psi

Begitu kira-kira Om… Untuk tiga jenis motor di atas, anjuran tekanan angin yang idealnya berbeda-beda.

Perkara adanya rentang batas atas dan batas bawah, begini penjelasannya:

Kita ambil contoh pada tekanan angin ban depan motor skutik…

. Angka 28 psi adalah anjuran saat Om Bro berkendara sendirian

. Sedangkan angka 30 psi adalah anjuran tekanan ban saat motor digunakan untuk berboncengan atau membawa beban berat
(Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: