toyota prius plug in hybrid phev 2019

Segini Konsumsi BBM Mobil Hybrid 5 Model Toyota

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam kampanye-nya menggelar pembuktian keiritan konsumsi BBM mobil hybrid besutan mereka… Yaitu Corolla Altis Hybrid, Camry Hybrid, Alphard Hybrid, C-HR Hybrid dan Prius Prime Plug-in Hybrid (PHEV). Tujuannya jelas, yaitu dalam rangka menggenjot pemasaran mobil-mobil bermesin ganda tersebut di atas…

Advertisement

Uji konsumsi bahan bakar mobil hybrid Toyota digelar dengan menempuh perjalanan luar kota sejauh ratusan km melalui jalanan dengan kondisi lingkungan asli Indonesia. Dilakukan bersama 32 jurnalis dan 8 mobil dari 5 model di atas, yaitu:

. 1 unit Corolla Altis Hybrid
. 1 unit Camry Hybrid
. 1 unit Alphard Hybrid
. 3 unit C-HR Hybrid
. 2 unit Prius Prime Plug-in Hybrid (PHEV)

toyota prius plug in hybrid phev 2019

Rute yang dilalui rombongan, memiliki jarak tempuh sejauh sekira 380 km,, yaitu Banyuwangi – Bali. Namun perhitungan konsumsi BBM tidak dilakukan disepanjang jalur, melainkan hanya di beberapa titik dan rute yang menjadi medan terberat saja…

Total jarak pengujian ialah sekira 150 km di kawasan pegunungan Pulau Bali yang jalurnya cukup menantang… Berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan curam, mirip jalur Puncak Bogor, Jawa Barat. Dan hasilnya,, dari pengujian yang dilakukan selama tanggal 9-11 Oktober 2019 itu, Camry Hybrid menjadi yang terboros.

Advertisement

Tapi pun menjadi yang terboros, konsumsi bahan bakar Camry Hybrid masih lebih irit dibanding mobil bermesin konvensional… Bahkan lebih irit dari Avanza yang berada di segmen Low MPV.

Sementara yang paling irit ialah yang kelas teknologinya paling canggih… Yaitu Prius Prime PHEV. Berikut ini hasil selengkapnya:

. 1 unit Prius PHEV 55 km/liter
. 1 unit Prius PHEV 46 km/liter
. 1 unit C-HR Hybrid 28 km/liter
. 1 unit Corolla Altis Hybrid 26 km/liter
. 1 unit C-HR Hybrid 24 km/liter
. 1 unit C-HR Hybrid 22 km/liter
. 1 unit Camry Hybrid 18,4 km/liter
. 1 unit Alphard Hybrid 15 km/liter

Semua mobil yang di tes, masing-masing ditumpangi oleh 4 orang dewasa dengan AC full-on. Gaya berkendaranya dibuat wajar alias normal mode… Bukan menggunakan tehnik eco drive yang sengaja dibuat untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar paling irit, seperti mengurut pedal gas dan sebagainya… (Kompas, 15/10/2019 – Semua data di atas didapat dari panelmeter masing-masing mobil). (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *