Sedan Terlaris di Indonesia Ternyata Bukan Merk Jepang atau Eropa…

Motorisbog.com – Sedan terlaris di indonesia. Om Bro…!! Selera orang memang berbeda-beda. Meski mobil jenis sedan tampak lebih mewah, tapi untuk kelas bawah sepertinya kurang menarik. Terbukti dalam beberapa tahun belakangan ini penjualan mobil jenis MPV alias mobil keluarga yang mendominasi pasar. Tapi, Om Bro… Sebenarnya sedan juga pernah laris manis di negeri tercinta kita ini.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total sedan yang terjual sepanjang tahun 2017 hanya sekira 1.800 unit saja (tidak termasuk taksi). Dan angka tersebut nyatanya lebih rendah dibanding tahun 2016 yang mencapai jumlah 2.743 unit.

Dan dari total penjualan tersebut, hanya ada 2 merk di segmen bawah yang mendominasi, ialah Honda City dan Toyota Vios. Keduanya mendominasi penjualan sejak tahun 2004 dengan jumlah penjualan yang selalu hanya beda-beda tipis saja. Barulah pada tahun 2008, Vios selalu menjadi yang terlaris hingga tahun 2014.

sedan terlaris di indonesia
Timor S15i (sumber: Kaskus)

Tapi ternyata, dominasi Honda City dan Toyota Vios sebenarnya bukan apa-apa dibanding penjualan sedan pada masa sebelum krisis ekonomi dan moneter. Kabarnya, menurut Viva, puncak penjualan sedan di Indonesia justru terjadi pada tahun 1997. Dan ternyata lagi, yang menjadi sedan terlaris di indonesia saat itu bukanlah merk Jepang atau pun merk Eropa, melainkan merk nasional, yakni Timor.

Diketahui mobil Timor pertama kali meluncur pada tahun 1996 dan berhasil menorehkan angka penjualan sebanyak 6,000-an unit. Sedangkan Honda City saat itu hanya laku 900-an unit saja.

Merk lain yang lumayan laku saat itu, Suzuki Baleno, pun hanya punya penjualan sebanyak 2,000-an unit.

Di tahun berikutnya, yakni 1997, sedan Timor bahkan terjual sebanyak 19,000-an unit. Dan angka tersebut merupakan jumlah penjualan sedan terbanyak dari satu merek dalam setahun di Indonesia.

Tapi sayang… kedigdayaan Timor tidak berlangsung lama… Di tahun berikutnya, Indonesia dilanda krisis ekonomi dan moneter yang memaksa Timor harus gulung tikar. Entah murni karena krisis atau entah ada hubungan dengan tumbangnya masa pemerintahan Orde Baru. Mtb tidak faham itu… Tapi yang jelas, sejak itu, penjualan sedan tidak pernah lagi menyentuh angka 10,000 unit/tahun. Saat ini MPV tengah menjadi primadona, secara kapasitasnya lebih lega sehingga lebih multiguna. Bisa mengangkut seluruh anggota keluarga. (Mtb – Sedan terlaris di indonesia).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: