scoopy second 2017

Scoopy Second 2017 Langka… Mtb Tahu Penyebabnya…!! Muehehehe…!!

Motorisblog.com – Scoopy second 2017 langka dipasaran. Om Bro…!! Beberapa waktu lalu Mtb pernah membahas perkara Yamaha NMax 155 bekas yang harganya relatif stabil dipasaran. Begitu juga dengan Honda PCX CBU yang harga bekasnya masih dikisaran harga baru PCX lokal. Dan sekarang… meski beda kelas, sepertinya All New Scoopy juga punya cerita yang sedikit mirip dengan NMax dan PCX CBU.

Penyebab Scoopy 2017 langka dipasaran

Begini Om Bro… Menurut informasi dari sejumlah pedagang motor bekas, motor jenis skutik yang paling banyak diminati masih tetap BeAt series. Selain itu, ya itu tadi, NMax, PCX CBU dan Scoopy. Tapi ada yang berbeda dalam hal ketersediaan stock dimana Honda Beat series relatif lebih banyak stocknya. Berbeda dengan NMax, PCX CBU dan Scoopy.

Nah, rupanya, dari informasi yang dihimpun oleh Viva dari diler motor bekas Nur Rizky Motor dan Bachmid Motor Condet Jakarta Timur, ternyata mereka tak mengetahui secara pasti alasan langkanya Honda Scoopy di pasar motor bekas. Tapi Om Bro tenang dulu… Mtb punya jawabannya…

scoopy second 2017

Begini, Om Bro…

…pada artikel sebelumnya, Mtb sudah menceritakan perihal minat lumayan tinggi para konsumen akan PCX CBU. Alasannya adalah karena adanya paham yang menganggap bahwa produk CBU lebih bagus kualitasnya dibanding produk lokal.

Disisi lain, NMax punya cerita sendiri soal kelangkaan barang secondnya. Mtb sudah memaparkannya pada artikel terdahulu yang secara singkat adalan sebagai berikut,

– permintaan pasar terhadap NMax lebih tinggi dari kapasitas produksi. Akibatnya timbul indent panjang dari calon konsumen,

– sebagian calon konsumen yang “malas” indent berpaling ke dealer motor bekas untuk membeli NMax second,

– karena jumlah peminat NMax bekas cukup tinggi, maka ketersediaan unit pun menjadi langka.

Dari gambaran kelangkaan NMax diatas, maka Mtb berani mengambil kesimpulan bahwa Scoopy pun punya cerita yang sama. Yakni diawali dari kapasitas produksi yang tidak mampu memenuhi kuota indent. Mtb sudah pernah menuliskan artikel mengenai indent Honda All New Scoopy yang begitu lama. Bahkan sampai berbulan-bulan lamanya.

Harga Scoopy bekas

Masih menurut Viva, Honda Scoopy bekas lansiran tahun 2017 saat ini di dibanderol dengan harga antara Rp14 – Rp15 jutaan. Angka tersebut menurut Mtb cukup tinggi untuk ukuran motor second dibanding harga unit barunya yang sekaran berada di angka Rp17,8 juta.

Kenapa Mtb bilang angka tersebut cukup tinggi (mahal)?

Jawabannya sederhana…

…ketika Om Bro membeli motor second, maka secara otomatis nantinya jadi harus keluar biaya untuk mutasi dan BBN. Betul?

Selain itu, yang namanya beli motor second toh pasti ada sesuatu yang harus diperbaiki. Meski secara teknis motor tersebut masih sangat bagus, tapi pada part fast moving pastinya ada lah yang harus diganti. Misalnya ban, kanvas rem, CVT (rantai (jika motor manual), dan lain-lain.

Anggap saja, misalnya Om Bro / Sista membeli motor second Scoopy 2017, kemudian perkara mutasi dan BBN diurus melalui biro jasa. Atau jika pun di urus sendiri, pasti ada kerugian waktu dan ongkos yang musti Om Bro tanggung.

Misalnya untuk mengurus mutasi / BBN Om Bro harus keluar biaya Rp800,000. Lalu untuk ganti ban depan belakang, ganti CVT, kampas rem dan lainnya Rp700,000, maka totalnya menjadi Rp1,5 juta.

Nah, angka biaya diatas kemudian ditambahkan dengan harga si motor Rp15 juta. Maka… hasil akhirnya adalah Rp16,5 juta. Artinya… hanya selisih Rp1,3 dibanding harga unit baru OTR DKI Jakarta. Lah… selisih segitu mah kecil. Betul? Jadi berarti harga Scoopy bekas masih relatif stabil. (Mtb – Scoopy second 2017). Sumber: viva.co.id

Tinggalkan Komentar