Review Oli Yamalube Power Matic pada Honda Spacy

Motorisblog.com – Om Bro! Kali ini Mtb jajal cara sesat dengan membuat review oli Yamalube Power Matic untuk penggunaan harian pada Honda Spacy FI 2013. Faktanya, beda label oli sih ngga masalah ya Om. Yang penting spesifikasi oli’nya tidak melenceng jauh dari anjuran pabrikan.

Yup. Untuk Honda Spacy, anjuran pabrikan pada spesifikasi oli mesin’nya adalah SAE 10W-30, JASO MB dan minimal mutu API SJ. Sementara itu Yamalube Power Matic punya spesifikasi SAE 10W-40, JASO MB dan standar mutu API SL.

Dari perbandingan dua data tersebut, penjelasannya adalah berikut ini.

Oli yamalube power matic
Oli Yamalube Power Matic
1. Satuan Kekentalan (SAE)

Dari angka SAE’nya, Yamalube Sintetik Power Matic lebih kental dari anjuran pabrikan Honda untuk Spacy.

Iya memang kesesuaian oli motor matic Yamalube ini untuk motor Yamaha, meskipun tidak ada kata haram untuk motor Honda.

Lagipula lebih kentalnya hanya pada suhu panas saja, yaitu angka 40. Sedangkan angka anjuran pabrik adalah 30.

Sementara itu secara teori dasar yang beredar, konon oli yang sekelas yang lebih kental justru malah akan memberikan perlindungan lebih baik ketimbang oli encer.

Teori lain mengatakan bahwa untuk motor yang telah berusia lebih dari 5 tahun, sebaiknya menggunakan oli yang relatif kental. Alasannya ialah karena pada usia tersebut komponen dalam mesin telah merenggang dan tidak rapat lagi seperti pada saat motor masih baru.

Kemudian Mtb sendiri melihat bahwa perbedaan kekentalannya hanya ada pada suhu panas saja, sementara pada suhu dingin, oli yang bagus untuk Yamaha matic ini punya angka 10W. Yang artinya sama dengan angka anjuran pabrikan Honda.

Intinya, pada suhu dingin, Honda Spacy punya Mtb tidak akan ada masalah gegara menggunakan Yamalube 800ml Power Matic.

2. JASO MB

Karena Yamalube Power Matic ini memang formulasinya untuk mesin matic yang berkopling kering, maka sertifikat JASO’nya juga sama dengan anjuran Honda untuk Spacy, yaitu JASO MB.

Jadi pada bagian ini clear ya Om. Ngga ada masalah.

3. Mutu API SL

Mutu API SL itu lebih tinggi dari API SJ.

Yamalube Power Matic telah bersertifikat API SL, sedangkan syarat minimal oli mesin untuk Honda Spacy adalah API SJ.

Artinya mutu Yamalube Power Matic justru telah melebihi syarat minimal dari pabrikan Honda untuk oli mesin Spacy. Singkatnya ia lebih bagus dari syarat minimal.

Jadi gamblang. Penggunaan oli Yamalube Power Matic untuk Honda Spacy tidaklah sesat. Hanya murtad merk saja. Wkwkwkwk!

Terus hasilnya?

Review Oli Yamalube Power Matic untuk Penggunaan Harian pada Honda Spacy FI 2013

Setelah satu bulan penggunaan dengan jarak tempuh sekira 1000 km, Mtb menyipulkan bahwa kelebihan oli Yamalube Power Matic ada pada tarikan bawah yang cukup responsif.

Selain itu ia juga enteng untuk jalanan menanjak, bahkan ketika berboncengan, selama tanjakannya tidak terlalu ekstrim.

Karakter pada putaran bawah rada mirip Federal Matic SAE 10W-30. Tarikannya berasa sangat menggigit. Hentakan Spacy Mtb yang transmisinya matic jadi mirip hentakan motor manual.

Iya cuma sedikit sih miripnya. Ngga kayak motor manual banget. Jadi ya tidak dramatis banget juga.

Selanjutnya untuk akselerasi putaran atasnya standar lah ya Om. Mirip-mirip Enduro Matic G SAE 20W-40.

Yup. Pada putaran atas, Yamalube Power Matic 10W-40 dan Enduro Matic G 20W-40 kalah mulus dari Enduro Matic 10W-30 dan AHM Oil MPX 2. Kemungkinan karena angka kekentalan belakangnya yang lebih besar.

Dalam hal redaman getar dan suara mesin, Yamalube Power Matic juga kurang bagus. Suara mesin terdengar rada kasar ketimbang saat Mtb menggunakan Enduro Matic dan AHM MPX2. Padahal Enduro Matic yang standar SAE 10W-30 dan AHM Oil itu lebih encer. Jadi secara teori mestinya Yamalube lebih bisa meredam getaran dan suara mesin.

Tapi ternyata tidak.

Tapinya lagi, mungkin karena pada dasarnya Yamalube Oil mendapat formulasi untuk karakter mesin yang berbeda, yaitu untuk karakter mesin Yamaha. Jadi kurang cocok untuk karakter mesin skutik Honda.

Jadi pamungkasnya, Yamalube Power Matic untuk Honda Spacy, mantap pada putaran bawah dan mantap untuk jalanan yang banyak tanjakan seperti pegunungan yang tidak terlalu ekstrim. Seperti kampung Mtb, yaitu Cisaga ke arah Rancah Ciamis.

Spesifikasi Oli Yamalube Power Matic

  • Jenis Oli: Semi Sythentic
  • SAE 10W-40
  • API Service SL
  • JASO MB

Deskripsi Yamalube Power Matic

  • Yamalube Power Matic dengan teknologi Xpeed, mampu meningkatkan performa dan keawetan mesin
  • Mesin lebih optimal dengan formula API Service SL yang memberi perlindungan pada mesin terhadap keausan, kerak, jelaga dan oksidasi
  • Formulanya berkualitas tinggi sehingga mampu menekan jumlah gas buang dan lebih ramah lingkungan
  • SAE 10W-40, viskositas yang optimal untuk tingkat penguapan yang rendah serta konsumsi bahan bakar yang irit
  • Formula semi sintetis, mampu memberi perlindungan yang lebih lama dan lebih baik

Nah, bagi Om Bro yang belum pernah menggunakan Yamalube Power Matic dan ingin mencobanya, pastikan Om Bro membeli oli Yamalube original melalui sumber terpercaya. Jangan sampai membeli oli melalui sembarang toko. (Mtb).

Tinggalkan komentar