Review Vario 150 terbaru 2018, Banyak Detail yang Berubah

Motorisblog.com – Review Vario 150 terbaru 2018. Om Bro…!! Sudah sejak bulan April 2018 lalu PT AHM merilis Honda All New Vario 150 eSP. Tapi karena banyaknya keterbatasan, Mtb baru sempat membuat artikel reviewnya sekarang. So… telat banget…!! Tapi ngga apa. Seperti pepatah banyak orang, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

Wkwkwkkwk…!! Itu cuma alasan bagi orang-orang yang punya kebiasaan “terlambat”.

Embel-embel “all new” sepertinya memang tidak berlebihan bagi Vario 150 terbaru. Jadi, meskipun genre motor tidak berubah, tapi memang banyak hal yang berubah, kecuali rangka dan mesin. Itu pun, meski mesinnya sama, ternyata ada perubahan setting. Soale, secara power dan torsi, All New Vario 150 2018 lebih mumpuni dibanding versi lama.

Perkara fitur, Vario 150 terbaru pun lebih lengkap dan jauh berbeda dibanding versi lama. Juga berbeda dengan versi all new 125 cc yang juga rilis bersamaan pada April lalu.

Perubahan fitur dan review Vario 150 terbaru 2018

Genre masih sama tapi detail berubah

Om Bro…!! Jika dilihat sekilas dari foto-foto yang terpampang disitus resmi AHM, tidak tampak perubahan yang signifikan. Desainnya masih biasa… tetap menganut genre skutik harian dengan penampilan sporty. Namun jika dilihat langsung detailnya, Honda All New Vario 150 2018 ternyata benar-benar berubah.

Rekan Mtb, salah satu driver Grab di kota Banjar ada yang punya motor ini. Sayangnya saat itu Mtb ketemunya di malam hari, jadi ngga bisa ambil foto-fotonya. Maklum, Mtb hanya bermodalkan handphone Samsung Galaxy J1 Ace untuk blogging. Jadi… ya…

Sempat coba ambil beberapa jepretan foto… tapi ya gitu deh… Di malam hari dengan ponsel ini, hasil gambarnya juga tidak bagus untuk di posting di artikel blog. (Revisi: sekarang sudah dapat beberapa foto-fotonya)

Hokeh… kita sudahi dulu curhatnya dan lanjut ke topik bahasan…

Singkatnya, meskipun karakter/genre Vario 150 lama masih tetap kuat, tapi ya itu tadi… Secara detail, banyak yang berubah. Tapi juga jangan berharap perubahannya menjadi gagah dan kekar seperti, misalnya, Yamaha Aerox 155 VVA. Soale AHM memang tidak berniat merubah genre Vario.

Karena apa…?

Karena dengan aliran desain seperti itu, Honda masih terbukti mampu menguasai pasar dikelasnya. Jadi masih sangat wajar jika (misalnya) Om Bro harus kecewa lantaran Vario tidak berubah haluan.

Prinsip ekonominya, kenapa harus berubah jika genre lama masih laris…???

Fitur keyless

Seperti yang Mtb sebutkan di atas, Honda tetap mempertahankan genre motor harian pada All New Vario 150. Yakni skutik yang user friendly dan mudah dioperasikan. Tapi, meskipun genre tidak berubah, All New Vario 150 2018 telah dijejali dengan fitur Keyless Ignition (Honda Smart Key). Sayang… Vario 150 terbaru itu masih seperti versi lama dan seperti jenis skutik Honda yang lain pada umumnya, yaitu, joknya tetap keras.

Perkara jok yang keras dan suspensi empuk

Ada perubahan sedikit, agak sedikit empuk, tapi cuma sedikit. So, kalau tidak diresapi, tidak akan terasa perbedaannya. Untung saja setting preload suspensinya lebih baik sehingga kerasnya jok pun terbayar dengan lembutnya suspensi.

Rem Honda tetap tidak sepakem tetangganya

Kemudian jika beralih ke sektor pengereman, cakram depan yang sudah menggunakan model wavy disc brake dan kaliper cakram baru berlabel “TOKICO” ternyata tidak memberikan performa rem yang lebih baik. Kepakemannya tetap kalah dari brand sebelah.

Tapi itu pun sebenarnya bukan mutlak menjadi nilai minus.

Dahulu kala, Mtb pernah membuat artikel perbandingan dimana salah satu poinnya mencakup sektor rem. Judul artikelnya, “Honda vs Yamaha”. Silahkan Om Bro cari di kolom pencarian blog ini jika penasaran.

Singkatnya, rem tetangga yang sedemikian pakem ternyata harus ditebus dengan kecenderungan lebih cepat oblaknya komstir. Tapi itu dulu… Barangkali sekarang tetangga sebelah sudah memperbaiki komstirnya menjadi lebih kuat sehingga mampu mengimbangi pakemnya cengkraman rem depan.

Selain itu, rem depan yang sangat pakem juga relatif berbahaya untuk pemotor yang baru belajar. Berpotensi tergelincir jika terjadi rem mendadak.

So… Soal rem ini, kembali pada selera Om Bro masing-masing.

Finishing cat dan bahan plastik masih tetap khas Honda

Selesai soal rem, beralih ke bagian finishing cat dan bahan plastik.

Tidak perlu di bahas panjang lebar, Mtb yakin Om Bro sekalian tahu kalau kualitas cat dari brand Honda untuk kelas entry level cendung kalah bagus dari tetangga yang lain. Kecuali (mungkin) dikelas premium dan moge, pastinya kualitas material plastik dan finishing catnya tidak akan seperti golongan kasta bawah-menengah.

Rear fender lebih sporty

Spakbor belakang Honda All New Vario 150 juga berubah dari versi lamanya. Sekarang modelnya seperti model spakbor motor sport

Desain knalpot baru

review vario 150 terbaru
Knalpot Honda All New Vario 150 2018

Knalpotnya berubah menjadi lebih besar dan tampak lebih pendek. Entah ada efeknya pada performa atau tidak, tapi yang jelas suaranya jadi sedikit lebih dalam. Lebih ngebass.

Velg model baru

Dulunya, velg CW Vario menggunakan model palang 5 biasa. Sekarang, tiap titik diberikan palang rangkap yang lebih kecil.

Cakram rem depan ganti model wavy

review vario 150 terbaru
Cakram rem depan Honda All New Vario 150 2018

Meski diatas Mtb sebutkan bahwa performa remnya tidak ada perubahan, namun secara teori, cakram wavy lebih mudah melepas panas sehingga lebih efektif untuk jarak jauh atau pun dalam situasi lalu lintas stop and go.

Panel speedometer full LCD digital

review vario 150 terbaru
Panel speedometer Honda All New Vario 150 2018

Pada versi lama, Vario 150 masih mengawinkan panel analog dan digital. Belum full digital.

Smart keylessnya rada ribet

Penggunaan keylessnya tidak hanya satu langkah. Harus menekan tombol remote, menekan knop ignition dan menelan tombol starter juga.

Sepertinya Honda memang sengaja membuatnya jadi ribet untuk mengurangi potensi pencurian. Tinggal kita lihat saja apa respon pasar. Jika dirasa kurang efektif dan efisien, tidak tertutup kemungkinan pada generasi berikutnya nanti akan ada perubahan lagi.

Ketinggian jok kurang nyaman untuk pengendara berbadan pendek

Ketinggian joknya mencapai 79,9 cm. Rada sulit saat stop and go bagi pengendara yang tinggi badannya kurang dari 165 cm.

Dek lebih lebar tapi lutut masih tetap sempit

Disini juga tampak perubahan yang “lumayan”. Lantai/dek pijakan kaki menjadi lebih lega. Namun untuk bagian atasnya masih rada sempit dibagian lutut. Kalau tinggi badan Om Bro lebih dari 170 cm, tidak tertutup kemungkinan dengkul bakalan mentok ke sayap depan.

Posisi stang berubah lebih sporty

Dibanding versi lama, stang All New Vario 150 lebih sporty. Modelnya rada menekuk ke bagian dalam.

review vario 150 terbaru
Saklar stang kiri Honda All New Vario 150 2018

Selain itu, cover stang juga lebih kecil dan saklar-saklar terpisah dengan cover stang, seperti pada Scoopy dan PCX.

Akselerasi lebih responsif

Seperti klaim Honda bahwa power dan torsinya naik dibanding versi lama, maka akselerasinya pun menjadi lebih cepat.

Power maksimum Vario 150 versi lama hanya 12 HP, sementara pada versi baru mencapai 13,1 HP/8500 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya, All New Vario 2018 berada di angka 13,4 Nm/5000 rpm.

Handling lebih lincah

Efek dari desain stang baru serta torsi dan power yang meningkat, maka Vario 150 terbaru menjadi lebih lincah untuk zig-zag dibanding Vario 150 versi lama.

Tapak ban lebih lebar

Laju motor lebih stabil dengan ukuran ban depan 90/80 dan ban belakang 100/80.

Secara visual sebenarnya tidak terlalu tampak lebih besar dibanding versi lama yang 80/90 dan 90/90. Yang membedakan adalah bahwa tapak bannya lebih lebar, yakni 90 (depan) dan 100 (belakang).

Harga hanya naik sedikit

Dengan semua fitur baru yang dijejalkan, harga New Vario 150 ternyata hanya naik sejutaan saja, yakni menjadi Rp22,5jutaan. Cukup worthed lah…

Kesimpulan

Kalau dirangkum, kesimpulannya menjadi seperi ini,

Kelebihan All New Vario 150 2018

. Sudah dilengkapi fitur Keyless dan alarm anti maling. Ngga ngejamin juga sih… Malingnya juga pasti cari cara lain untuk mencuri. Tapi setidaknya dapat mengurangi potensi pencurian.

. Mesin lebih responsif

. Speedometer sudah full negative display LCD digital dengan indikator lengkap, termasuk jam, indikator baterai, voltase baterai dan lain-lain

. Dek lebih lega dibanding Vario sebelumnya, meski bagian lutut masih sempit

. Menggunakan lampu LED dengan DRL

review vario 150 terbaru
Lampu depan Honda All New Vario 150 2018

. Lampu rem juga sudah LED

. Lampu sein juga sudah LED

. Bagasi lega, volumenya 18 liter

. Tanki bahan bakar tergolong besar dikelasnya, yakni 5,5 liter

. Area dasbor tampak sporty dengan full digital panel meter

. Spakbor model gantung, gaya motor sport

. Velg model baru

Kekurangan Vario 150 2018

. Posisi kaki masih mentok sayap bagi biker yang berpostur badan tinggi

. Jok masih keras

. Rem belakang masih tromol

. Tidak ada fitur USB charger

. Tidak ada kick starter, diganti indicator baterai di panel speedometer untuk mengontrol stabilitas baterai

. Lampu sein terpisah, sporty sih, tapi jadi lebih riskan

review vario 150 terbaru
Lampu rem dan lampu sein belakang Honda All New Vario 150 2018

. Desain body atas dan undercowl menyatu, jadi terkesan datar modelnya

. Ban dan velg sudah lebih besar tidak begitu kekar. (Mtb – Review Vario 150 terbaru 2018 (Sumber: enoanderson.com, warungasep.net)).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: