oli pertamina enduro matic sae 20w 40

Review Oli Pertamina Enduro Matic G (Penggunaan Harian)

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Akhirnya kesampaian juga Mtb merilis review Oli Pertamina Enduro Matic G… oli yang lebih kental dibanding saudara tua sepabrikan yang juga mengusung nama sama.

Advertisement

Iya Om… Sudah lama Mtb ingin menjajal pelumas ini tapi baru kali ini kesampaian. Biasanya pas jatuh tempo ganti oli, Mtb lupa melulu.

Pertamina Enduro Matic G Review

Sebelum Mtb narasi-kan hasilnya, kita lihat dulu klaim perusahaan atas kelebihan Enduro Matic G ini…

Pada kemasan olinya Mtb mendapati keterangan bahwa Enduro Matic G dibuat dari bahan dasar sintetis.

Tidak ada keterangan secara gamblang apakah oli ini masuk ke dalam golongan full-synthetic atau semi-synthetic. Namun jika melihat rentang harganya di pasaran, Mtb simpulkan bahwa oli ini masuknya ke dalam golongan semi sintetis. Soale kalo oli full sintetis biasanya punya banderol mahal,, hingga ratusan ribu rupiah perliter dan umumnya ditujukan untuk keperluan khusus, misale untuk balapan atau pun ditujukan untuk motor-motor kelas premium. Sementara Pertamina Enduro Matic G ditujukan bagi penggunaan harian dan punya banderol yang amat terjangkau.

Betul Om… Dari deskripsi produknya, oli ini disarankan untuk penggunaan harian di jalanan perkotaan yang padat dan macet…

Satu perbedaan Oli Enduro Matic G dibanding Enduro Matic versi lama adalah dari warna kemasannya,, bahwa Enduro Matic G dikemas dengan warna hijau pada botolnya, sementara Enduro Matic versi lama dikemas dalam botol berwarna merah.

oli pertamina enduro matic sae 20w 40

Itu untuk perkara kemasannya Om…

Tapi jelas perbedaan yang sebenarnya bukanlah terletak pada kemasannya. Kemasan itu hanya sebagai pembeda yang justru ditujukan untuk menunjukkan bahwa isi dari kedua kemasan tersebut memang memiliki perbedaan yang spesifik.

Apa bedanya??

Perbedaan yang paling nyata ada pada viskositas alias kekentalannya Om,, dimana varian G lebih kental dibanding Enduro Matic yang biasa.

pertamina enduro matic sae 10w 30

Yup… Enduro Matic G punya SAE 20W-40, sedangkan Enduro Matic standar punya SAE 10W-30…

Om Bro… Seperti yang Om Bro sekalian tahu, kekentalan suatu oli ditandai dengan sertifikasi SAE. Semakin besar angka-nya, maka semakin kental pula olinya. Maka dari angka di atas, jelas bahwa varian G dibuat lebih kental dari Enduro Matic standar lama.

Lantas, apa perbedaan manfaat dari oli yang kental dan oli yang encer??

Secara teori, oli yang encer akan menguntungkan dalam hal akselerasi yang lebih ringan dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Karena oli yang encer membuat putaran mesin lebih ringan…

Selain itu, oli encer juga bagus untuk motor-motor baru yang punya tingkat kerapatan tinggi dalam hal jarak antar-komponen di dalam mesin.

Lebih dari itu, oli encer juga membuat mesin mudah dihidupkan pada saat cuaca / suhu dingin.

Sebaliknya, oli yang lebih kental dikatakan lebih mampu memberikan perlindungan terhadap komponen di dalam mesin serta lebih mampu meredam suhu mesin pada situasi jalanan padat dan macet.

Selain itu, oli kental juga diklaim lebih tahan terhadap oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas mesin.

Singkatnya, oli kental cenderung punya usia pakai yang lebih lama dan tidak mudah menguap.

Satu hal lagi… oli kental juga disebut lebih cocok untuk motor yang telah berusia di atas lima tahun dibanding oli encer.

Kenapa??

Karena untuk motor lama (yang usianya sudah lima tahun atau lebih), tentu jarak antar-komponen di dalam mesin sudah lebih renggang. Karenanya oli yang kental dianggap lebih mampu untuk melumasinya dibanding oli encer.

Demikian perbandingan oli encer vs oli kental dengan asumsi keduanya berada di level yang sama, baik secara bahan dasar (sintetis atau mineral) dan secara tingkat mutu (API service).

Kemudian kita kembali menuju pada bahasan Oli Pertamina Enduro Matic G…

Enduro Matic G punya standar sertifikasi JASO MB… sesuai dengan syarat pelumas untuk penggunaan pada mesin motor matic (motor dengan sistem kopling kering).

Secara tingkatan mutu / kualitas, Enduro Matic G punya label API SL. Setara dengan Enduro Matic lama yang viskositasnya lebih rendah, juga setara dengan produk dari brand lain yang sekelas, misale AHM MPX2 dan Federal Matic.

Enduro Matic vs MPX2 vs Federal Matic, Review Performa, Spesifikasi dan Harga

Hasil (Kesimpulan) Review Oli Pertamina Enduro Matic G SAE 20W-40

Sebelum Mtb deskripsikan hasil pemakaian Enduro Matic G pada motor Mtb, Mtb klarifikasi dulu bahwa Mtb tidak menggunakan alat ukur apa pun dalam pengujian ini. Jadi hasilnya murni hanya melalui feeling saja. Mtb tidak bisa jamin akurasinya lantaran khawatir ada unsur sugesti yang turut mempengaruhi penilaian Mtb.

Selain itu, Mtb juga menggunakannya pada unit Honda Spacy 2013 dimana anjuran pabrikan untuk pelumas motor ini ialah pelumas yang memiliki viskositas / kekentalan pada SAE 10W-30.

Advertisement

Mtb tertarik menjajal Enduro Matic G yang notabene lebih kental (SAE 20W-40) lantaran usia motor yang telah menginjak usia yang ke-enam tahun.

Dengan usia yang telah lebih dari 5 tahun ini, Mtb asumsikan tingkat presisi antar-komponen dalam mesin telah menurun. Jarak part-partnya telah merenggang sehingga Mtb rasa patut jika mesin Sipanci tercinta ini Mtb jejali dengan oli yang lebih kental.

Dan… Berikut ini hasil reviewnya,,

1. Kemudahan Menghidupkan Mesin di Pagi Hari

Di atas tadi sudah sedikit Mtb singgung bahwa secara teori, oli encer lebih memudahkan dalam mengidupakan mesin di pagi hari (pada saat cuaca dan suhu mesin masih dingin).

Tapi pun begitu, untuk Enduro Matic G, Mtb sama sekali tidak menemukan kesulitan start di pagi hari, meskipun viskositasnya lebih kental dibanding beberapa oli matic lainnya.

Dengan demikian Mtb berani menyimpulkan bahwa SAE 20W-40 tidaklah terlalu kental untuk rata-rata suhu di Indonesia… khususnya di Pulau Jawa… lebih khusus lagi di Ciamis, Jawa Barat.

Faktanya, Sipanci Mtb tetap “cek-gurr” saat dihidupkan meskipun saat itu suhu udara relatif dingin karena musim kemarau.

2. Aroma Wangi

Seperti seri-seri oli Enduro hasil produksi PT Pertamina Lubricants yang lain, Enduro Matic G juga dibubuhi dengan parfum. So, ada aroma wangi yang tercium, utamanya pada hari-hari awal ketika oli baru diganti.

Terus, apakah penambahan parfum pada oli tidak akan menimbulkan efek buruk dalam jangka panjang?? Misalnya menimbulkan deposit berlebih (kerak) di dalam mesin??

Menurut informasi yang Mtb baca dari sumber Pertamina, parfum yang ditambahkan ke dalam oli Enduro series terdiri dari rangkaian molekul pendek yang mudah terurai. Artinya tidak akan menimbulkan endapan deposit di dalam mesin.

Tapi pun begitu, Mtb belum pernah membuktikannya sendiri. Karena untuk membuktikan hal semacam ini, perlu proses yang sangat panjang. Tidak cukup hanya dalam waktu satu-dua bulan saja… So, Mtb pegang teguh pernyataan dari pihak Pertamina, karena menurut logika sederhana Mtb, perusahaan sebesar Pertamina pasti tidak akan membuat produk yang punya efek buruk secara fatal.

Selain itu, Mtb juga tidak punya kapasitas untuk melakukan pembuktian sendiri…

3. Suara Knalpot dan Getaran Mesin

Entah hanya sugesti atau memang real… Setelah menggunakan Enduro Matic G, Mtb mendapati suara knalpot sipanci jadi lebih bulat dan lebih nge-bass (lebih dalam).

Jadi lebih empuk lah ya Om… Lebih berwibawa.

Wkwkwkwk… Ada gitu suara knalpot berwibawa??

Selain perubahan pada suara knalpot, getaran mesin juga berhasil tereduksi dengan baik. Getaran pada stang dan pijakan kaki serasa semakin smooth, semakin lembut, semakin halusss… Pokoke kalo kata orang Sunda mah, “nga-geleser”…

Plus, kebisingan mesin pun sedikit meredup…

4. Power dan Akselerasi

Di atas tadi telah Mtb singgung bahwa oli yang encer cenderung membuat akselerasi motor jadi lebih ringan…

Tapi…

Sepertinya teori itu tidak berlaku untuk mesin motor yang telah berusia lebih dari lima tahun Om… Pasalnya, Mtb tidak merasakan adanya penurunan kecepatan akselerasi pada Sipanci.

Sebaliknya, torsi dan power mesin justru jadi terasa lebih bulat, lebih tebal dan lebih menggigit.

Putaran roda motor serasa lebih selaras dengan ayunan putaran grip gas…

Iya itu untuk motor yang udah rada tua ya Om… Hasil yang didapat mungkin akan berbeda jika pengujiannya dilakukan pada unit motor baru.

Om Bro…!! Oli Enduro Matic G diluncurkan pada ajang Indonesia Motorcycle Show 2016 lalu. Sudah tiga tahun Om… Tapi Mtb baru menjajalnya sekarang…

Enduro Matic G dibuat dari base sintetis. Viskositasnya dibuat lebih kental dan diklaim baik untuk usia motor yang sudah lumayan tua.

Selain itu Enduro Matic G juga diklaim lebih mampu menjaga temperatur mesin di jalanan kota yang padat dan macet.

Enduro Matic G Harga

Perkara banderol, di kampung Mtb di Banjar Patroman – Ciamis, Enduro Matic G di set pada kisaran Rp35 ribuan. Bisa kurang atau lebih, tergantung bengkel penjualnya dalam menetapkan harga jual. (Mtb – Review Oli Pertamina Enduro Matic G).

Advertisement

16 komentar untuk “Review Oli Pertamina Enduro Matic G (Penggunaan Harian)”

  1. Bener ini bang motor saya blum ada 5thn ke atas tpi sering saya buat touring, suara mesin hbis buat prjalanan jauh kagak kasar, getaran mnurut saya kayak motor baru turun dri dealer, aoal kecepatan klo di gas lsg lari motornya, utk temperatur lumayan stabil klo saya pake touring jauh naik motor 2-3jam,

  2. entah kebetulan atau tidak, ane mengalami 2x hilang kompresi saat ganti oli menggunakan enduro matic. umur motor udah 5 tahun.
    mungkin saat nya beralih ke enduro MATIC G

  3. Saya punya mio sporty th2007, udah pernah nyoba oli yamalube, xten(planet ban), enduro metic lama dan enduro metic G.
    •yamalube :
    + oli rujukan yamaha.
    – oli cepet kotor(untuk motor tua)

    •x-ten
    + tarikan ringan bgt.
    – tapi cuma bertahan 3hari setelahnya berat!

    •eduro metik(lama)
    +tarikan enteng ±7hari, wangi ±1bln.
    – kotornya ketika aroma wanginya hilang.

    •enduro metic G 0,8L
    + tarikan enteng(lama bgt) mungkin sampai ganti oli berikutnya!!! Suara mesin halus coy, gasnya juga pas gk pake durasi²an, rasa tarikannya ±hampir sama seperti model injesi. Menurut pt.pertamina oli ini bisa sampai 5000km💪.
    – aromanya gk bertahan lama & tidak se-semerbak enduro lama. Harganya dikarawang ±50-60rb sedangkan beli online 33k dan produknya susah/langka jadi saya pribadi beli online aja😜.

    Nb: ini oli terbaik diharga segitu dan saya puas, I💗ENDURO series.

  4. Mantap informasinya..saya punya matic tua juga mau coba oli yang lebih kental. Mudah-mudahan cocok seperti infonya tadi..trims..

  5. hehe..malah saya baru pake enduro metik w20/40 G biyasa saya pake yang standar 10w/30..buat motor beat FI usia diatas 5th.lumayan juga tarik kan nya.😀

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *