Beranda » Review » Review Enduro Matic V: Tenaga Ngisi Atas Bawah

Review Enduro Matic V: Tenaga Ngisi Atas Bawah

Enduro Matic V

Motorisblog.com – Om Bro! Mtb tertarik menuliskan review Enduro Matic V ini lantaran sertifikasinya yang cukup tinggi, yaitu API SN.

Yup. Salah satu kelebihan oli Enduro Matic V adalah sertifikasinya yang sudah mencapai API SN. Sedangkan kita tahu, level API SN itu lebih tinggi dari API SM, API SL, apalagi API SJ.

Yo wis. Kali ini Mtb tidak akan menjelaskan tentang sertifikasi API pada oli Pertamina Enduro Matic V. Mtb akan buat reviewnya secara singkat saja. Jadi jika ada dari Om Bro yang belum memahami tentang klasifikasi API pada Enduro Matic 10W-40 ini, monggo Om Bro cari referensi dari sumber lain untuk penjelasan selengkapnya.

Review Enduro Matic V

Pertamina Enduro Matic V

Spesifikasi Oli Enduro Matic V 10W-40

  • Jenis: Synthetic
  • Standar mutu: API Service SN
  • Sertifikasi: JASO MB
  • Kekentalan: SAE 10W-40
  • Kemasan: 1 Liter

Mtb tidak mencari referensi yang akurat tentang jenis oli hasil produksi dari Pertamina Lubricants ini. Pada botol kemasannya hanya ada keterangan ‘Synthetic’ saja tanpa keterangan apakah full sintetis atau semi sintetis.

Kekurangan dan Kelebihan Enduro Matic V

Konon menurut anjurannya, oli Enduro Matic V ini mereka buat untuk motor matic dengan kapasitas mesin besar. Namun Mtb menyusun review ini dari penggunaan pada skutik entry level, yaitu Honda Spacy FI 2013.

Nah, karena pada kemasan olinya ada keterangan “Untuk kapasitas mesin besar”, maka oli ini bisa menjadi jawaban untuk pertanyaan tentang, Enduro Matic untuk NMAXHonda PCX, Yamaha Aerox dan lain-lain yang sekelas.

So, oli ini bisa menjadi alternatif Yamalube Super Matic bagi pengguna skutik premium Yamaha dan alternatif oli AHM SPX2 bagi pengguna skutik Honda.

Malahan Yamalube Super Matic dan AHM SPX2 masih API SL. Jadi secara sertifikasi standar mutu, Enduro Matic V lebih tinggi.

Hokeh. Kembali pada penggunaan harian Honda Spacy.

Harga dan Kemasan

Mtb menebus oli ini melalui SPBU Pertamina Cisaga, Ciamis seharga Rp53.000 untuk kemasan 1 Liter.

Terbilang murah jika kita bandingkan dengan oli lain yang sama-sama berstandar mutu API SN.

Nah, lantaran Honda Spacy hanya meminta oli mesin sekira 700-800 ml saja, maka ketika Mtb tuangkan olinya ke bak mesin, Mtb sisa’kan sekira 200 ml dalam botol.

Performa

Sejak pemakaian sekira 50-100 km pertama, oli ini sudah memberikan feel yang berbeda ketimbang oli lain yang pernah Mtb jajal.

Akselerasi awal ringan seperti saat Mtb menggunakan Federal Matic dan Yamalube Matic. Sedangkan putaran menengah sampai atasnya stabil seperti Enduro Matic G, tapi lebih seperti Enduro Matic Standar yang 10W-30.

Feel’nya enak banget Om. Dari putaran bawah sampai putaran atas, tenaganya berasa merata. Ngisi terus.

Kalau untuk motor manual, feel’nya seperti oli Enduro Racing.

Kalau hanya sekedar menduga saja sih Mtb kira ini salah satu efek dari standar mutu API SN. Karena konon oli bersertifikasi API SN selain hanya lebih handal, ia juga mampu membersihkan ruang mesin, klep dan lain-lain secara lebih baik ketimbang standar API yang lebih rendah.

Dengan seluruh komponen dalam mesin bersih, maka performa mesin pun jadi optimal.

Tapi itu hanya perkiraan Mtb saja Om. Aslinya Mtb bukan ahli oli dan bukan ahli otomotif. Jadi Mtb hanya meraba-raba pakai feeling saja, tanpa menggunakan alat ukur performa atau teknologi apapun. Jadi jika ada dari Om Bro yang lebih faham, monggo sampaikan melalui kolom komentar.

Start Pagi

Nah, pada bagian ini yang rada kurang enak Om. Saat start pagi hari atau pada kondisi mesin dingin, ada efek rpm alias putaran mesin agak lambat naiknya. Seolah-olah penyebaran atau sirkulasi olinya kurang cepat ketimbang oli lain yang berada pada SAE 10W-30.

Tapi hanya beberapa detik saja sih. Setelah itu putaran langsam sudah langsung normal lagi.

Nah Om. Begitulah feel Mtb saat menggunakan oli ini pada skutik entry level Honda Spacy FI 2013. Jika ada pengalaman Om Bro pada skutik premium, monggo share melalui kolom komentar. (Mtb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *