Resiko Paling Besar Berkendara Saat Hujan Deras

Motorisblog.com – Om Bro…!! Karena sesuatu hal penting, kadang terpaksa kita harus berkendara saat hujan deras. Padahal kondisi cuaca seperti itu amat berbahaya, apa lagi jika hujannya disertai angin kencang.

Om Bro…!! Seperti pula kebanyakan tips yang sering di share oleh berbagai media, kita diharuskan untuk lebih waspada jika berkendara saat hujan. Pahami kondisi jalan dan berhati-hati saat manuver lantaran kondisi jalan yang basah bakal mengurangi cengkraman ban pada permukaan jalan.

Pastikan ban kendaraan, lampu-lampu dan sistem kelistrikan ada dalam kondisi baik.

Gunakan jas hujan berwarna terang. …atau pun jika jas hujan Om Bro berwarna gelap, maka pastikan ada scotlight/protector pada bagian depan dan belakangnya agar keberadaan Om Bro mudah terlihat oleh pengguna jalan lain.

Tetap gunakan sepatu yang melindungi hingga mata kaki… Jangan gunakan sandal gegara takut basah, …karena keamanan kaki lebih penting ketimbang basahnya air hujan.

Jika memungkinkan, bawalah pakaian ganti. Ganti pakaian saat sampai ke tempat tujuan supaya kesehatan selalu terjaga.

Kurangi kecepatan kendaraan dan tingkatkan konsentrasi pada situasi dan kondisi jalan.

Dan pamungkasnya yang paling penting adalah, …jangan nekat berkendara jika hujan lebat dengan disertai angin kencang.

Kenapa…??

Karena angin kencang dan hujan deras dapat dengan mudah merobohkan billboard/papan reklame dan pepohonan sehingga amat berbahaya bagi Om Bro sekalian pengguna jalan.

So…

Lebih bijak berteduh saja… Jangan memaksakan diri. Atau jika mungkin carilah jalan alternatif yang minim resiko tumbangnya papan reklame dan pepohonan. (Mtb – Berkendara saat hujan deras).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: