Beranda » Tips » Kunci Remote Vario 150 Hilang? Begini Cara Menanganinya

Kunci Remote Vario 150 Hilang? Begini Cara Menanganinya

Honda Vario 150 2018

Motorisblog.com – Om Bro! Semakin maju teknologi, maka semakin mahal pula harga yang harus kita bayar. Seperti pula fitur keyless yang belakangan ini sangat populer pada motor mid-end dan premium. So, kali ini Mtb bakal share penanganan masalah jika kunci remote Vario 150 hilang.

Kunci keyless tidak seperti kunci kontak konvensional yang jika hilang, kita bisa membuat duplikatnya atau mengganti dengan satu set part KW seharga puluhan ribu rupiah saja. Remote keyless harus kita tebus seharga ratusan ribu, bahkan jika menggati satu set bisa mencapai jutaan rupiah. Hal inilah yang menjadi resiko bagi pengguna motor berfitur keyless semisal Suzuki GSX R150, Honda PCX ataupun All New Honda Vario 150.

Tapi jangan khawatir Om. Resiko hilangnya remote keyless tidaklah sedemikian menakutkannya. Pabrikan juga sudah mengantisipasi resiko tersebut dengan fungsi-fungsi tertentu.

Yang paling penting adalah para maling jadi mumet dengan kunci keamanan model baru ini.

Jika Kunci Remote Vario 150 Hilang

Seperti yang kita tahu, Honda Vario 150 Terbaru 2018 sudah memiliki fitur keyless yang mereka sebut Honda Smart Key. Kunci kontak ini menggunakan remote yang terintegrasi dengan answer Back system dan anti theft alarm.

Smart key sistem Vario merupakan hasil adopsi teknologi dari Honda PCX yang telah lebih dulu menggunakannya.

Tapi tidak sama persis.

Remote PCX menggunakan tiga tombol, sementara remote Vario hanya dua tombol. Jadi ada satu tombol yang fungsinya terintegrasi dengan tombol lainnya sehingga jadi lebih simple.

Penanganan Masalah

AHM memberikan dua remot pada saat pembelian Vario 150 atau PCX. Nah, salah satunya itu harus kita simpan baik-baik di rumah sebagai cadangan, selagi satu yang lain kita gunakan.

Itu sederhananya.

Tapi yang kita khawatirkan adalah, bagaimana jika si remote hilang saat Om Bro sedang dalam perjalanan? Karena saat itu sistem keamanan dari Vario dan PCX akan memblokir akses mesin sehingga mesin tidak dapat kita hidupkan pada kondisi remote jauh dari motor.

Jadi apakah pada saat remote jatuh, itu mesin akan mati secara otomatis atau tetap hidup tapi tidak bisa kita matikan?

Nah. Ini yang akan kita bahas secara detail.

Mengatasi Masalah Kunci Remote Vario 150 Hilang

Dari beberapa sumber yang Mtb dapat, ketika remote jatuh, mesin akan tetap hidup. Tapi akan ada indikator peringatan pada panelmeter yang memberitahukan bahwa sensor remote telah keluar dari jangkauan sinyal.

Jadi seketika indikator tersebut menyala, sebisa mungkin temukan remotenya.

Bagaimana jika remote tidak bisa kita temukan?

Coba miscall, barangkali lokasinya dekat.

Wkwkwkwk! Ini remote Om. Bukan hp.

Solusinya, Om Bro jangan matikan mesin.

Jika remote tidak bisa Om Bro temukan, putar balik motor, pulang, ambil remote cadangannya. Karena kalau mesinnya Om Bro matikan, maka Om Bro malah bakalan repot lantaran mesin tidak akan bisa hidup tanpa remot dalam radius jangkauan sinyal.

Begitulah sistem keamanan keyless Vario / PCX bekerja dengan sangat baik.

Tanpa remote, mesin tidak akan menyala meskipun Om Bro jumper, runut kabel-kabelnya, bahkan meskipun Om Bro obrak-abrik kelistrikannya.

Kenapa?

Karena ada kode khusus yang terintegrasi antara remote dan ECU. Keduanya terhubung dan menjadi kunci hidup dan matinya ECU.

Sementara itu jangkauan remote Vario 150 hanya sampai radius 1 meter saja. So, remote harus mendekati motor untuk dapat menghidupkan pengapian.

Jadi sistem security’nya pakai komputasi ya Om. Maka jikapun akan terbobol, kemungkinan yang bisa membobolnya adalah hacker yang sekaligus ahli kelistrikan. Tidak akan bisa terbobol oleh orang yang hanya jago kelistrikan tanpa keahlian hacking.

Begitu kira-kira.

Lantas bagaimana jika (misalnya) kedua remote hilang (atau rusak)?

Bisa. Om Bro derek motornya, bawa ke AHASS dengan membawa kode khusus yang Om Bro dapatkan pada saat pembelian unit motor. Kemudian nanti AHASS akan memberikan remote baru dengan program yang sesuai kode motor.

Batas Maksimal Penggantian Remote

Bagaimana jika remotenya hilang lagi dua-duanya?

Buset dah. Kebangetan amat, ilang mulu?

Tapi jikapun iya, Om Bro bisa membeli remote baru dengan kode yang sama hingga 4 kali, yang artinya hingga 8 remote. Lebih dari itu Om Bro harus mengganti perangkat tersebut satu set yang konon harganya bisa mencapai Rp5 jutaan full set.

Untuk harga remotenya saja, Mtb tidak mendapat informasi yang akurat. Hanya saja, ada sumber yang menyebutkan bahwa remote keyless Suzuki GSX-R150 harganya Rp700 ribuan. Mungkin remote Vario 150 juga pada kisaran itu. (Mtb).

43 tanggapan pada “Kunci Remote Vario 150 Hilang? Begini Cara Menanganinya”

  1. Jika remote vario 150 2018 hilang ,dan tidak ada barcode nya..
    Apakah masih mau ahas memberikan remote baru tampa di ketahui kode barcode nya..
    Atau beli remote satu set

    1. Sejauh yang saya tau, kalo ngga ada barcode maka bengkel ngga bisa kasih remote baru. Bukan ngga mau, tapi karena ngga tau programnya.

      Tanpa kode tersebut, bengkel ngga tau seperti apa program remote yang hilang. Kode itu yang mensinkronkan antara remote dengan ECU keyless.

      Ibarat belanja di minimarket/supermarket, kalo mau beli produk A ya barcode yang di scan harus produk A.

      Ketika yang di scan oleh kasir adalah produk B, maka data yang keluar pun akan beda dengan produk A. Ngga sinkron.

      Itu standar dasarnya. Untuk lebih jelasnya, coba tanyakan langsung ke AHASS.

      1. Sejauh yang sy tau,, kalo barcode ilang harus ganti satu set itu Sist… Untuk lebih pastinya ya tanyakan ke dealernya.

      2. Saya kehilangan remot vario 150 samo kode gimana solusinya dan perlu berp biaya jika kita bikin baru

    2. Bos, brsn smartkey Vario sy kan ilang, sy sdh berusaha blk ke tempat yg sy rasa ilang nya disitu, tanpa mematikan mesin, tp gak ketemu.. trz sy plg aja, toh sy msh pny smartkey cadangan di rumah.
      Yang jd pertanyaan sy, apakah bs kode smartkey cadangan sy dirubah, soalnya antisipasi aja, takutnya kalo smartkey sy yg hlg, ditemukan org yg kemungkinan nanti pny niat jahat.
      Terima kasih

      1. Sejauh yang saya tau, kode remote tidak bisa di ubah, kecuali ganti satu set. Tapi kalo ganti satu set harganya mahal banget. Bisa sampe 5 jutaan.

        Kalau soal resiko pencurian, saya rasa hilangnya remote sama dengan kunci kontak biasa yang hilang. Artinya, seseorang yang menemukan kunci kontak atau pun remote keyless itu tidak tahu unit motornya yang mana.

    3. Nah kalau sudah mematikan motor pakek remote biasanya kn suit sudah tidak bisa di putar,nah ini kok masih bisa di putar dan lampu menyala walaupun mesin tidak bisa nyala kalau tidak pakek remote

        1. Bang kalo kunci utamanya dua” hilang, tapi barcode nya masi ada.. Itu masi bisa ditukar? Dan berapa harganya om..

        2. bos mau tanya..motor saya dalam keadaan lampu menyala,tapi mesin sudah mati,,berlangsung selama 24jam,,skrg tidak bs nyala sama sekali motornya,,solusinya saya harus apa ya?? apa lgsg ke tempat penjualan aki atau ada cara sendiri

          1. Kalo kondisi kek gitu, belum tentu masalahnya ada di aki. Lebih baik ke bengkel aja Om… Logikanya kalo aki yang tekor kan lampu pun ngga akan bisa nyala dalam kondisi mesin mati.

            Jadi kalo mesin ngga bisa idup tapi lampu nyala, jelas masalahnya bukan aki.

        3. motor dalam keadaan menyala lampu tp mesin mati selama 24jam,, sekarang motor tidak bs menyala, solusi nya apa ada cara perbaiki sendiri??

        4. Boss, saya mau nanya, setiap pembelian vario 150 kan di remot dapet 2 barcode juga, nah kemaren saya liat, kok kodenya beda antara satu dan yang lain, itu emang begitu atau masing-masing kode punya fungsi sendiri yaa? Mohon penjelasannya boss, thank’s.

        5. Mas mau nanya kenapa remot tidak bisa mati koneksi ya walaupun sudah saya matikan menjadi lampu merah . coba saya pencet stater tetep bisa nyala padahal remot sudah saya matikan dan saya jauh kan . mohon pencerahanya

          1. Saya bantu jawab….itu kemungkinan kunci remote cadangan masih berwarna hijau dan didekat lokasi motor

            1. Itu untuk buka bagasi bro, pake manual.. kan ada dikasih dari honda nya buat pembuka jok bagasi yg warna itwm 2 pcs

            1. Coba pastikan ke dealer Honda… Apalah bisa dapat duplikat remote dengan kondisi seperti itu atau tidak.

          2. Mau tanya jika remotnya hilang satu itu ganti satu set apa gimana?
            Dan harganya sampai berapa jika mau beli 1 remot lagi buat cadangan
            Mohon penjelasannya

            1. Kalao beli remot nya ajaa cuma Rp 300.000
              Karna saya sudah pernah membelinya.
              Dan pada saat pembelian remotenya harus bawa barcode yg diberikan saat membeli motornya.

              1. Mb apa harus pake barcodenya misal kita bawanya remot satunya aja bisa ngga mba..
                Terus apa harus ke dealer honda yang awal kita beli motor atau bisa ke dealer honda lainnya?

                1. Bisa ke dealer Honda lainnya.
                  Seharusnya sih bawa barcode, tapi coba aja, siapa tau bisa pake remote satunya.

              2. Mau tanya ni Min…buat nambah remot baru socket apa itu yg diperlukan untuk menyambungkan ke Aki Plus(merah)
                nama socketnya apa?
                thanks

              3. Mau tanya pa,kalo hondra vario 150 cc,yg kuncinya hilang terus di masukin barcode nya,terus pas kita mau pake remote cadangan apakah kita harus masukin barcode yg kunci cadangan itu????

              4. Saya punya vario 150, baru6 bulan, remot yg biasa digunakan sering gak konek, kadang waktu mau matikan malah berbunyi seperti alarm tanpa henti, tapi warna lampu hijau merah diremotnya masih terang, kiranya.ini.gejala apa mas, apa batrenya lemot, atau.remotnya rusak, mohon ada balasan

              5. Rencana mau beli Vario 150 2018, tapi yg mau dibeli remotnya tinggal satu, dia GK tau barcode atau id tag itu apa. Barcode atau id tag itu nge ceknya dmn ya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *