Remote Control Motor Starter Karya Siswa SMK (Starter Montor Pinter)

Motorisblog.com – Remote control motor starter. Om Bro…!! Sebenarnya putra-putra Indonesia ini pintar-pintar. Kalau kita ikuti berbagai pemberitaan media, selama ini banyak hal-hal hebat yang ditemukan oleh orang Indonesia. Termasuk yang terbaru kali ini adalah Starter Montor Pinter (Wirelles Automatic Ignition), yakni sistem on/off starter motor melalui kontrol remote.

Beritanya Mtb dapatkan dari detikoto…

Starter Montor Pinter di ciptakan oleh 2 orang siswa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan, Kabupaten Semarang. Lebih tepatnya siswa kelas XII D Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Anjas Kumala (17) dan Andre Kristanto (18).

Starter Montor Pinter bekerja dengan menggunakan smartphone android yang silengkapi aplikasi Arduino Bluetooth. Cara kerjanya adalah dengan mematikan kelistrikan motor dari jarak jauh.

remote control motor starter

Untuk merangkai alat tersebut, kedua siswa di atas menghabiskan anggaran sekitar Rp200,000. Dan dijual seharga Rp300,000.

Posisi penyimpanan Starter Montor pinter berada di bawah jok.

Lantas, apakah tidak menimbulkan efek buruk pada baterai / aki motor?

Menurut keterangan yang Mtb baca, jika motor di gunakan setiap hari, maka aki tidak akan terpengaruh. Namun jika dalam waktu lima hari motor tidak digunakan, maka akan ada pengaruhnya pada akinya. Pasalnya, saat sepeda motor berhenti, alat ini tetap hidup. Dan selama alat ini hidup, maka jika motor di curi, maka si pelaku tidak akan bisa menghidupkan mesin karena kontrolnya ada pada aplikasi smartphone yang terhubung.

Starter Montor Pinter dapat bekerja dari jarak 50 meter jika tidak terhalang dinding. Namun jika ada dinding radius kerjanya hanya 20 meter saja.

Menurut keterangan dari guru di sekolah tersebut, hasil karya ini merupakan tugas dari sekolah. Tugasnya ialah membuat sebuah karya yang belum pernah ada sebelumnya.

Sejatinya, karya ini mungkin bukanlah temuan baru. Kemungkinan sudah ada yang serupa sebelumnya. Namun demikian, di sekolah tersebut, ini adalah yang pertama. (Mtb – Remote control motor starter).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: