Program B30 Segera Dimulai Januari 2019 Nanti

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Meski B20 baru saja rilis, rupanya pemerintah bakal segera menaikkan bahan bakar tersebut ke level yang lebih tinggi dengan program B30.

Advertisement

Yup… Biodiesel B20 adalah jenis bahan bakar diesel dengan campuran 20% minyak nabati…, maka itu kadang sampai ada yang menyebutnya dengan istilah Biodiesel Sawit.

…dan sekarang, campuran yang semula 20% tersebut akan dinaikkan menjadi 30%… ,padahal usia B20 itu sendiri masihlah sangat muda.

Pemerintah meresmikan bahan bakar B20 melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada 1 September 2018 lalu. …yang artinya hingga saat ini usia B20 barulah menginjak bulan ketiga,…

…lebih singkat dari umur jagung yang 6 bulan.

Alasannya adanya program B30 itu sendiri ialah lantaran B20 baru memenuhi standar Euro2. Maka itu pemerintah akan menaikkan kapasitasnya menjadi B30 agar dapat memenuhi standar Euro4.

Advertisement

Hingga saat ini, persiapan pengujian B30 dikabarkan telah mencapai 80%-90% dan siap di uji coba pada Januari 2019 mendatang. (Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika – Viva, 28/11/2018).

…dan untuk kendaraan yang akan di uji, saat ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) telah menawarkan diri untuk menjadi “kelinci percobaan” …dengan beberapa model mobilnya yang bermesin enam silinder dan empat silinder berteknologi common rail Euro4. (General Manager Marketing IAMI, Attias Asril (Mtb – Program B30).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *