yamaha aerox 155 vva 2019

Power Weight Ratio Aerox 155: Terbaik di Kelas Skutik 150-155cc

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Di kelas skutik 150-155cc, Mtb menciduk bahwa Power Weight Ratio Aerox 155 VVA punya angka paling tinggi Om… Dengan kata lain, skutik Maxi besutan Yamaha ini punya performa dan akselerasi paling baik dibanding skutik-skutik lain, baik yang sepabrik atau pun dari yang berbeda merk. Demikian menurut data di atas kertas yang Mtb ciduk dari data spesifikasi resmi 6 skutik berbeda.

Advertisement

Sekilas informasi untuk Om Bro yang belum faham, Power Weight Ratio adalah perbandingan antara power yang dikeluarkan oleh mesin dengan bobot total kendaraan. Artinya, sebuah motor yang punya power besar pun belum tentu akan responsif akselerasinya jika bobot kendaraannya terlalu berat. Sebaliknya, power mesin yang tidak terlalu besar, bisa membuat motor jadi responsif jika bobot motornya ringan.

Tapi… Bukan berarti bobot yang ringan pasti selalu lebih baik… Ada kalanya bobot motor yang berat, justru menguntungkan, utamanya dalam berkendara jarak jauh dengan kecepatan yang relatif tinggi. Karena bobot yang berat, membuat berkendara jadi lebih stabil dari goncangan permukaan jalan dan dari terpaan angin kencang.

Kembali ke Yamaha Aerox 155 VVA…

yamaha aerox 155 vva 2019

Dari hasil menelisik data spesifikasi 6 skutik berkapasitas mesin 150-155cc, Mtb menciduk bahwa Power to Weight Ratio untuk Yamaha Aerox 155 VVA punya angka yang paling bagus. Berikut ini perbandingannya:

Yamaha Aerox 155
. Power maksimum 11 kW
. Berat kendaraan 116 kg
. PWR 0,0948 kW/kg

Yamaha Nmax 155
. Power maksimum 11,1 kW
. Berat kendaraan 127 kg
. PWR 0,0874 kW/kg

Merk Lain I
. Power maksimum 9,7 kW
. Berat kendaraan 112 kg
. PWR 0,0866 kW/kg

Merk Lain II
. Power maksimum 10,8 kW
. Berat kendaraan 131 kg
. PWR 0,0824 kW/kg

Merk Lain III
. Power maksimum 10,7 kW
. Berat kendaraan 132 kg
. PWR 0,0810 kW/kg

Merk Lain IV
. Power maksimum 10,9 kW
. Berat kendaraan 136 kg
. PWR 0,0801 kW/kg

Note:
. Data di atas di ambil dari tipe standar masing-masing model
. Berat kendaraan adalah berat isi (curb weight)

Nah, gamblang kan ya Om… Dari data di atas, PWR (Power Weight Ratio) Yamaha Aerox 155 VVA memang paling unggul dibanding skutik-skutik lain yang sekelas.

yamaha aerox 155 vva 2019

Oke lah, untuk merk lain I sampai IV di atas, mungkin Om Bro akan mengatakan bahwa “kapasitas mesinnya memang lebih kecil,, yaitu hanya 150cc… Sedangkan Aerox itu 155cc,, jadi wajar kalau PWR-nya lebih tinggi”.

Advertisement

Hmm… Betul juga. Tapi… Nmax yang satu pabrikan dan yang kapasitas mesinnya sama pun PWR-nya kalah dari Aerox.

Artinya apa??

Artinya ialah bahwa Aerox 155 VVA memang di setting untuk punya performa akselerasi yang mumpuni. Sesuai dengan desain body-nya yang sporty…

Yup… Maxi Yamaha adalah salah satu kategori lini produk sepeda motor Yamaha yang menggabungkan berbagai keunggulan antara desain, performa dan fungsi praktis yang serba maksimal. Desainnya tampak elegan dan berkelas, performa dan handlingnya saat bermanuver pun lebih unggul dibanding skutik-skutik yang sekelas.

Aerox 155 VVA merupakan salah satu line up Maxi Yamaha yang berkapasitas 155cc. Di rilis pada tahun 2016 dengan desain berkarakter sporty serta dilengkapi banyak fungsi-fungsi praktis, diantaranya fitur charger, keyless, kapasitas bagasi luas, panelmeter digital dan lain-lain.

Intinya, Yamaha membuat Aerox 155 VVA, sesuai dengan perkembangan dunia persilatan roda dua terkini…

Aerox 155 VVA punya akselerasi cepat yang mempu memuaskan penggunanya… Baik dalam penggunaan sehari-hari, atau pun untuk touring dan sebagainya.

Aerox 155 VVA di juluki ‘High Performance Sports Scooter 155cc lantaran Power Weight Ratio (PWR)-nya paling tinggi di kelas 150-155cc. Nilai tersebut tentu menjadi bukti keunggulan mesin Blue Core 155cc LC4V yang disematkan pada unit Aerox 155 yang dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Iya Om… VVA… Yaitu teknologi pengkatupan yang membuat power dan torsi jadi merata di setiap putaran mesin.

Tak hanya itu… Aerox 155 VVA juga dibekali dengan Diasil Cylinder dan Forged Piston… Yaitu dua komponen mesin yang kuat dan ringan, sehingga performa mesin lebih maksimal. Begitulah hingga akhirnya Aerox 155 VVA punya power weight ratio (PWR) yang lebih mumpuni dibanding skutik-skutik lain yang sekelas… Namun tetap dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. (Yordan Satriadi, Deputi GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) – via press release, 14/10/2019).

Manfaat PWR tinggi pada motor akan sangat terasa ketika Om Bro hendak menyalip kendaraan lain dan ketika melalui jalanan menanjak. Yang pada akhirnya berpengaruh juga pada gapaian top speed si motor itu sendiri… (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *